Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 11:13 WIB | Selasa, 01 November 2016

UGM Gelar Kontes Mobil Hemat Energi 2016

Ilustrasi: Sejumlah mahasiswa Teknik Universitas Jember menunjukkan beberapa bagian mobil listrik Titen EV-2 yang meraih juara pertama dalam ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2015 kategori mobil urban di halaman Kantor Pusat Universitas Jember, Kamis (29/10/2015). Mobil tersebut mampu menempuh jarak 71,516 Km/kwH. (Foto: Antara Jatim/Zumrotun Solichah)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Kontes Mobil Hemat Energi 2016 mulai dilangsungkan pada tanggal 1 November. Kompetisi yang menjadi ajang untuk mengasah kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam membangun kendaraan yang hemat energi  serta ramah lingkungan itu dilaksanakan di kawasan Taman Wisata Candi Prambanan hingga tanggal 4 November mendatang.

Sebagai tuan rumah penyelenggaraan KMHE 2016,Universitas Gadjah Mada (UGM) telah mempersiapkan kompetisi ini untuk menjadi event yang tak terlupakan bagi pesertanya. “Pada penyelenggaraan tahun ini, Universitas Gadjah Mada bertindak sebagai tuan rumah. Kami menyiapkan event spektakuler dengan tema ‘Memayu Hayuning Bawono’, perpaduan antara unsur teknologi, pendidikan, serta kebudayaan,” ujar Ketua Pelaksana KMHE 2016, Dr Adhika Widyaparaga, dalam konferensi pers pra-acara yang berlangsung Senin (31/10) di Gedung Pusat UGM.

Dosen di Departemen Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik UGM itu menjelaskan penyelenggaraan KMHE yang berlangsung empat hari diisi berbagai kegiatan, mulai dari scrutinering dan trial run untuk menguji konsumsi bahan bakar, hingga berbagai atraksi yang disuguhkan pada acara pembukaan dan penutupan nantinya.

Dalam kompetisi tingkat nasional itu, seperti dikemukakan Wakil Ketua Pelaksana KMHE 2016, Akmal Irfan Majid Meng, terdapat dua kategori mobil yang diperlombakan, yaitu kategori prototype serta urban, dan empat kategori bahan bakar, yaitu gasoline, diesel, listrik, serta etanol. Sebanyak 60 tim dari 38 universitas se-Indonesia turut berlomba untuk menjadi juara dan menyabet titel mobil teririt atau best fuel efficiency.

Kompetisi itu menjadi salah satu wadah yang penting bagi riset dan pengembangan teknologi di bidang kendaraan hemat energi. Sektor transportasi memang berkontribusi penting terhadap konsumsi energi di Indonesia, sehingga riset dan teknologi pada bidang kendaraan hemat energi, termasuk oleh mahasiswa sebagai insan akademik, sangat bermanfaat bagi upaya efisiensi energi .

Sebagai tuan rumah KMHE 2016, UGM mengirimkan tiga mobil untuk berlaga dalam ajang ini. Ketiga mobil ini adalah rancangan Tim Semar UGM. Setelah melewati serangkaian pengembangan dan uji coba, tim yang menggunakan nama salah satu tokoh wayang ini pun siap berlaga  dalam KMHE 2016 dengan target merebut juara umum.

“Pada KMHE 2016, Tim Semar berpartisipasi dalam tiga kategori berbeda. Di antaranya, pada kategori urban concept melalui mobil Semar Urban Gasoline yang berkonsep city car empat roda dan berbahan bakar bensin, dan kategori prototype, UGM diwakili Semar Proto Diesel yang berbahan bakar diesel,” ujar Laksatya Wirawan, selaku chief engineer dari Tim Semar. (ugm.ac.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home