Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 20:33 WIB | Selasa, 26 September 2023

Ukraina Desak Pemimpin Dunia untuk Cabut Hak Veto Rusia di DK PBB

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, berpidato di depan anggota Dewan Keamanan PBB di New York, Rabu (20/9). (Foto: AP/Craig Ruttle)

PBB, SATUHARAPAN.COM-Presiden Ukraina menuduh Rusia melancarkan “agresi kriminal dan tidak beralasan” yang meremehkan semua norma perang dan piagam PBB pada hari Rabu (20/9) di pertemuan Dewan Keamanan PBB. Volodomyr Zelenskyy juga mendesak para pemimpin dunia untuk mencabut hak veto Rusia.

Pemimpin Ukraina tersebut mengatakan kepada dewan bahwa usulannya untuk mengakhiri perang yang telah berlangsung selama 19 bulan dimulai dengan kepatuhan terhadap piagam yang menjamin kedaulatan dan integritas wilayah seluruh 193 negara anggota PBB. Dia menekankan bahwa pemulihan seluruh wilayah Ukraina adalah kunci perdamaian.

Sebelum pertemuan dimulai, terdapat spekulasi kuat mengenai apakah Zelenskyy dan diplomat top Rusia, Sergey Lavrov, akan bentrok, berbicara, atau sama sekali menghindari satu sama lain. Namun konfrontasi tidak terjadi karena Zelenskyy meninggalkan dewan segera setelah pidatonya.

Pertemuan diawali dengan perselisihan pidatonya. Sebelum Lavrov tiba, Duta Besar Rusia untuk PBB, Vassily Nebenzia, memprotes keputusan ketua dewan yang mengizinkan Zelenskyy berbicara di depan 15 anggota dewan.

Dia mengatakan Perdana Menteri Albania, Edi Rama, yang menjadi ketua dewan bulan ini, berusaha mengubah pertemuan tersebut menjadi “pertunjukan satu orang,” dan menambahkan bahwa pertemuan tersebut “tidak lebih dari sebuah tontonan”, sebuah penggalian terhadap masa lalu dewan dengan Zelenskyy sebagai seorang komedian.

Rama mengutip aturan dewan yang memperbolehkan non anggota untuk berbicara terlebih dahulu. Dia menambahkan bahwa “ini bukanlah operasi khusus yang dilakukan oleh kepresidenan Albania,” yang menimbulkan tawa dan sindiran tentang desakan Rusia yang menyebut serangannya terhadap Ukraina sebagai “operasi militer khusus.”

Setelah perdebatan sengit mengenai apakah Nebenzia menyebut Rama sebagai perdana menteri Albania dan anggota NATO, bukan sebagai presiden dewan, Rama menyatakan: “Saya perhatikan, dan kami akan melanjutkan sesi kami.”

Sekjen: Melanggar Piagam PBB dan Hukum Internasional

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, kemudian memberi pengarahan kepada dewan tersebut, dengan menegaskan kembali bahwa invasi Rusia ke Ukraina pada bulan Februari 2022 “jelas-jelas melanggar piagam PBB dan hukum internasional.”

Perang tersebut “memperburuk ketegangan dan perpecahan geopolitik, mengancam stabilitas regional, meningkatkan ancaman nuklir dan menciptakan perpecahan yang mendalam di dunia yang semakin multipolar,” Sekjen PBB memperingatkan.

Guterres kembali mengutuk perang tersebut dan mengulangi seruannya untuk “perdamaian yang adil dan berkelanjutan di Ukraina sejalan dengan piagam PBB dan hukum internasional, untuk Ukraina, untuk Rusia dan untuk dunia.”

Zelenskyy menjadi pembicara berikutnya, duduk di belakang plakat Ukraina di meja berbentuk tapal kuda Dewan Keamanan dan mengenakan seragam tradisionalnya.

Dia menyebut invasi tersebut sebagai “agresi kriminal dan tidak beralasan oleh Rusia” yang “ditujukan pada wilayah dan sumber daya Ukraina.”

“Tapi bukan hanya itu,” katanya. “Negara teroris bersedia, melalui agresinya, untuk melemahkan semua landasan norma-norma internasional yang dimaksudkan untuk melindungi dunia dari perang.”

Ukraina telah lama menuduh Rusia sebagai penerus ilegal Uni Soviet, yang runtuh pada awal tahun 1990-an, dan Zelenskyy kembali menyerang Rusia karena mengklaim kursi Dewan Keamanan Uni Soviet “melalui manipulasi di belakang panggung.”

Pemimpin Ukraina tersebut menuduh Rusia melakukan “kekejaman massal” terhadap hak asasi manusia dan mengatakan tindakan harus diambil untuk mencegah Moskow menggunakan hak vetonya di Dewan Keamanan. Badan PBB yang paling berkuasa ini bertugas menjamin perdamaian dan keamanan internasional, namun mereka dilarang mengambil tindakan apa pun terhadap Ukraina karena Rusia sudah mempunyai hak veto.

Zelensky menyerukan reformasi yang memungkinkan 193 anggota Majelis Umum PBB, yang tidak memiliki hak veto, untuk menangguhkan atau mencabut hak veto salah satu dari lima anggota tetap Dewan Keamanan karena pelanggaran berat terhadap piagam PBB.

Majelis tersebut mengutuk invasi Rusia dan menuntut penarikan pasukannya dan pembatalan aneksasi wilayah Ukraina, namun resolusinya tidak mengikat secara hukum.

Dua Poin Usulan Ukraina

Ukraina mendapat tekanan dari beberapa anggota dewan, termasuk China, untuk terlibat dalam perundingan guna mengakhiri perang, yang telah merenggut puluhan ribu nyawa di kedua belah pihak.

Zelenskyy memaparkan dua langkah konkrit utama untuk memastikan keamanan masa depan Ukraina: penarikan seluruh pasukan, tentara bayaran, serta “formasi” militer dan paramiliter Rusia, serta kapal-kapal, dari wilayah Ukraina yang diakui secara internasional dan perairan Laut Hitamnya. Langkah tersebut akan diikuti dengan “pemulihan penuh” kendali Ukraina “atas seluruh perbatasan negara dan zona ekonomi eksklusif.”

“Hanya penerapan dua poin ini yang akan menghasilkan penghentian permusuhan yang jujur, dapat diandalkan, dan menyeluruh,” katanya.

Dalam pidato penting hari Selasa di depan Majelis Umum pada pertemuan tahunan para pemimpin dunia, Presiden Ukraina menuduh Rusia menggunakan makanan, energi, dan bahkan anak-anak sebagai senjata dalam perang, dan ia memperingatkan para pemimpin lain bahwa “ketika kebencian digunakan untuk melawan satu negara, tidak pernah berhenti di situ.”

AS: Rusia Lakukan Kejahatan Perang

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, mengatakan kepada dewan bahwa Rusia “telah melanggar prinsip-prinsip utama piagam PBB, Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia dan hukum kemanusiaan internasional, dan mengabaikan resolusi Dewan Keamanan.”

Invasi tersebut melanggar “pilar utama” piagam tersebut untuk menghormati kedaulatan dan integritas wilayah setiap negara, katanya. “Rusia melakukan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan setiap hari.” dia berkata.

Blinken mengatakan Presiden Rusia, Vladimir Putin, menyatakan sejak awal bahwa tujuan Kremlin adalah menghapus Ukraina dari peta dan memulihkan kerajaan Rusia yang hilang.

Lavrov menyalahkan Barat atas “goncangnya stabilitas global serta memburuknya dan mengobarkan ketegangan baru.” Ia mengatakan “AS dan negara-negara satelitnya telah secara terang-terangan dan terang-terangan melakukan campur tangan dalam urusan dalam negeri Ukraina,” sehingga meningkatkan risiko konflik global.

Dia menegaskan bahwa Rusia telah “sepenuhnya” menghormati ketentuan piagam PBB “dengan cara yang saling berhubungan.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home