Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 15:30 WIB | Selasa, 26 September 2023

Filipina Singkirkan Penghalang di Pulau Yang Disengketakan di Laut Cina Selatan

Kapal patroli penjaga pantai Filipina Gabriela Silang (Kiri) dan kapal penjaga pantai Amerika Serikat Stratton (kanan) ikut serta dalam latihan maritim dengan Jepang di Laut China Selatan di lepas pantai Mariveles, provinsi Bataan pada 6 Juni 2023. (Foto: dok. AFP)

MANILA, SATUHARAPAN.COM-Penjaga Pantai Filipina mengatakan pada hari Senin (25/9) bahwa pihaknya telah menghilangkan penghalang terapung di terumbu karang yang disengketakan yang diduga dipasang untuk menghentikan warga Filipina mengakses wilayah penangkapan ikan tradisional.

Pernyataan itu dikeluarkan beberapa jam setelah Penasihat Keamanan Nasional Filipina, Eduardo Ano, berjanji akan mengambil “semua tindakan yang tepat” untuk menghilangkan penghalang yang dipasang oleh penjaga pantai China di Scarborough Shoal di Laut Cina Selatan.

Sebuah penghalang terapung sepanjang 300 meter (328 yard) ditemukan di pintu masuk perairan dangkal tersebut pekan lalu selama misi pasokan rutin pemerintah kepada para nelayan Filipina yang melintasi perairan dekat terumbu karang yang dikuasai China.

Tidak jelas dalam pernyataan Filipina apakah seluruh penghalang telah disingkirkan dari air.

Sebuah video yang dirilis oleh Penjaga Pantai Filipina menunjukkan seorang pria yang mengenakan masker, snorkel, dan fin menggunakan pisau untuk memutuskan tali yang menempel pada pelampung putih.

Video lain menunjukkan sebuah jangkar ditarik dari air ke dalam perahu cadik kayu.

Penjaga pantai mengumumkan bahwa mereka “berhasil” menghilangkan penghalang tersebut “sesuai dengan instruksi presiden.”

“Pembatas ini membahayakan navigasi, dan jelas merupakan pelanggaran terhadap hukum internasional,” tambahnya.

China, yang merebut Scarborough Shoal dari Filipina pada tahun 2012, mengerahkan penjaga pantai dan kapal lain untuk berpatroli di wilayah penangkapan ikan.

Penghalang terapung ini mencegah kapal penangkap ikan memasuki perairan dangkal yang banyak ikannya.

Para pejabat Filipina sebelumnya menuduh penjaga pantai China memasang penghalang sesaat sebelum kapal Biro Perikanan dan Sumber Daya Perairan tiba di dangkalan tersebut pada Rabu lalu.

Beberapa media, termasuk AFP, berada di dalam BRP Datu Bankaw dan melihat penghalang tersebut.

“Kami akan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk menghilangkan penghalang dan melindungi hak-hak nelayan kami di wilayah tersebut,” kata Penasihat Keamanan Nasional, Eduardo Ano, dalam sebuah pernyataan pada hari Senin.

Ano mengatakan Filipina mengutuk pemasangan penghalang tersebut, dengan alasan tindakan tersebut “melanggar hak penangkapan ikan tradisional para nelayan kami yang haknya... telah ditegaskan oleh keputusan Arbitrase tahun 2016”.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin, membalas pada hari Senin, dengan mengatakan bahwa Scarborough Shoal adalah “bagian yang tidak terpisahkan dari China” dan China memiliki “kedaulatan yang tidak dapat disangkal atas wilayah tersebut dan perairan sekitarnya.”

Scarborough Shoal terletak 240 kilometer (150 mil) sebelah barat pulau utama Luzon di Filipina dan hampir 900 kilometer dari daratan utama China terdekat, Hainan.

Berdasarkan Konvensi PBB tentang Hukum Laut tahun 1982, yang dinegosiasikan oleh China, negara-negara mempunyai yurisdiksi atas sumber daya alam dalam wilayah sekitar 200 mil laut (370 kilometer) dari pantai mereka.

China mengklaim kedaulatan atas hampir seluruh Laut Cina Selatan, sementara beberapa negara lain, termasuk Filipina, memiliki klaim yang tumpang tindih atas sebagian wilayah tersebut.

Beijing telah mengabaikan keputusan pengadilan internasional tahun 2016 yang menyatakan klaim mereka tidak memiliki dasar hukum.

Kementerian Luar Negeri Filipina mengatakan pada hari Senin bahwa pihaknya akan “mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk melindungi kedaulatan negara kami dan penghidupan para nelayan kami,” tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Nelayan Filipina mengatakan bahwa tindakan China di Scarborough Shoal merampas sumber pendapatan utama mereka dan tempat berlindung yang aman saat terjadi badai. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home