Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 13:13 WIB | Selasa, 28 November 2023

Ukraina Gunakan Koridor Baru Laut Hitam, Makin Banyak Ekspor Biji-bijian

Petani memuat gandum ke dalam truk di dekat wilayah pertempuran di Sumy, Ukraina, hari Jumat (24/11). (Foto: AP/Hanna Arhirova)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Biji-bijian bergemuruh dimasukan ke dalam gerbong dan truk yang melaju di sekitar fasilitas penyimpanan di Ukraina tengah, tempat yang menjadi tujuan semakin banyak perusahaan ketika mereka berjuang untuk mengekspor makanan mereka ke orang-orang yang menghadapi kelaparan di seluruh dunia.

Kini, semakin banyak biji-bijian yang diturunkan dari silo yang penuh sesak dan menuju ke pelabuhan di Laut Hitam, melintasi koridor pelayaran baru yang diluncurkan setelah Rusia menarik diri dari perjanjian yang ditengahi PBB pada musim panas ini yang memungkinkan makanan mengalir dengan aman dari Ukraina selama musim panas.

“Perjanjian tersebut sulit, namun kami terus bekerja… kami mencari cara untuk menerima setiap ton produk yang dibutuhkan oleh mitra kami,” kata direktur umum fasilitas tersebut, Roman Andreikiv, tentang berakhirnya kesepakatan gandum pada bulan Juli. Koridor baru Ukraina, yang dilindungi oleh militer, kini memungkinkannya “membebaskan ruang gudang dan meningkatkan aktivitas.”

Semakin banyak kapal yang berlayar menuju pelabuhan Laut Hitam Ukraina dan berangkat dengan muatan biji-bijian, logam, dan kargo lainnya meskipun ada ancaman serangan dan ranjau peledak yang mengapung. Hal ini memberikan dorongan bagi perekonomian Ukraina yang bergantung pada pertanian dan mengembalikan sumber utama gandum, jagung, jelai, minyak bunga matahari, dan produk pangan terjangkau lainnya untuk sebagian Afrika, Timur Tengah, dan Asia di mana harga lokal meningkat dan kerawanan pangan semakin meningkat. .

“Kami melihat kepercayaan baru di kalangan operator komersial yang ingin menerima kargo biji-bijian Ukraina,” kata Munro Anderson, kepala operasi Vessel Protect, yang menilai risiko perang di laut dan memberikan asuransi dengan dukungan dari Lloyd's, yang anggotanya merupakan perusahaan asuransi terbesar di pasar dunia.

Ihor Osmachko, direktur umum Agroprosperis Group, salah satu produsen dan eksportir pertanian terbesar di Ukraina, mengatakan dia merasa “lebih optimis dibandingkan dua bulan lalu.”

“Pada saat itu, sama sekali tidak jelas bagaimana cara bertahan hidup,” katanya.

Sejak kapal pertama perusahaan tersebut berangkat pada pertengahan September, perusahaan tersebut telah mengirimkan lebih dari 300.000 metrik ton biji-bijian ke Mesir, Spanyol, China, Bangladesh, Belanda, Tunisia, dan Turki.

Setelah mengakhiri perjanjian yang ditengahi oleh PBB dan Turki, Rusia telah menyerang pelabuhan Laut Hitam di Ukraina, yang merupakan penghubung penting dengan perdagangan global, dan infrastruktur biji-bijian, sehingga menghancurkan cukup makanan untuk memberi makan lebih dari satu juta orang selama setahun, kata pemerintah Inggris.

Risiko terhadap kapal merupakan hambatan utama bagi koridor pelayaran baru. Rusia, yang pejabatnya belum mengomentari koridor tersebut, memperingatkan pada musim panas ini bahwa kapal-kapal yang menuju pelabuhan Laut Hitam Ukraina dianggap membawa senjata.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengatakan bahwa sekutunya telah setuju untuk menyediakan kapal untuk membantu negaranya melindungi kapal komersial di Laut Hitam tetapi diperlukan lebih banyak sistem pertahanan udara.

“Pertahanan udara terbatas,” katanya kepada wartawan pada hari Sabtu (25/11) di pertemuan puncak keamanan pangan internasional di Kiev. “Tetapi yang penting adalah kami memiliki kesepakatan, kami mendapat sinyal positif dan koridor tersebut beroperasi.”

Meskipun serangan rudal mematikan di pelabuhan Odesa menghantam kapal komersial berbendera Liberia bulan ini, tidak lama kemudian, perusahaan asuransi, pialang, dan bank bekerja sama dengan pemerintah Ukraina mengumumkan cakupan yang terjangkau untuk pengiriman biji-bijian di Laut Hitam, sehingga memberikan ketenangan pikiran bagi pengirim barang.

Meskipun ada serangan semacam itu, Ukraina telah mengekspor lebih dari 5,6 juta metrik ton biji-bijian dan produk lainnya melalui koridor baru tersebut, demikian cuitan Duta Besar Amerika Serikat untuk Ukraina Bridget Brink pada hari Jumat. Sebelum perang, jumlahnya hampir dua kali lipat setiap bulannya, kata Wakil Menteri Ekonomi Ukraina, Taras Kachka.

“Cara transportasi mereka saat ini tentu jauh lebih mahal dan memakan waktu,” kata Kelly Goughary, analis riset senior di perusahaan data dan analisis pertanian Gro Intelligence. “Tetapi mereka mulai mengeluarkan produknya, dan hal ini lebih baik daripada yang saya perkirakan karena inisiatif biji-bijian akan segera berakhir,” katanya.

Para petani juga menghadapi rendahnya harga gandum mereka, sehingga pengiriman truk ke pelabuhan yang sering diserang di Odessa tidak sebanding dengan risiko yang dihadapi perusahaan pertanian yang berada di garis depan.

Sebaliknya, Slavhorod, yang bertani di dekat perbatasan dengan Rusia di provinsi Sumy yang menghadapi penembakan setiap hari, memilih untuk menyimpan kacang polong, gandum, kedelai, bunga matahari, dan jagung di gudang.

Ada risiko jika pertanian seluas 3.500 hektare (8.650 acre) tetap beroperasi: Tanda-tanda peringatan adanya ranjau yang meledak di dekat tempat para pekerja mengumpulkan jagung di ladang yang berjarak tiga kilometer dari Rusia.

Tapi “siapa, kalau bukan kita? Ini satu-satunya industri yang memberikan pendapatan bagi negara,” kata kepala ahli agronomi Slavhorod, Oleksandr Kubrakov, yang selamat dari kecelakaan di sebuah tambang tahun lalu.

Namun menjaga semangat kerja menjadi semakin sulit. “Tahun ini antusiasmenya berkurang karena harga gandum sedang rendah, produknya masih berada di dekat perbatasan dan sewaktu-waktu bisa dimusnahkan,” katanya. “Ini adalah risiko yang besar.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home