Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:08 WIB | Kamis, 26 Oktober 2023

Ukraina: Rusia Tidak Lagi Dapat Amankan Aset Armada Laut di Krimea

Makin banyak kapal Ukraina membawa biji-bijian melalui koridor ekspor Laut Hitam.
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy bercicara secara langsung melalui tautan video pada pertemuan Forum Bisnis Jerman Ukraina ke-6 di Berlin, Jerman pada hari Selasa (24/10). (Foto: Kay Nietfeld/dpa via AP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, pada hari Selasa (24/10) mengklaim bahwa serangan Ukraina baru-baru ini telah membuat armada Rusia tidak dapat mengamankan pangkalan dan mengamankan koridor maritim di bagian barat Laut Hitam, ketika pasukan Kiev berupaya menekan pasukan pendudukan Kremlin keluar dari wilayah Semenanjung Krimea.

Krimea memberikan dukungan belakang bagi upaya Moskow di medan perang di wilayah barat dan sering menjadi sasaran pasukan Ukraina selama perang sejak invasi Rusia ke Ukraina.

“Armada Rusia tidak lagi mampu beroperasi di bagian barat Laut Hitam dan secara bertahap mundur dari Krimea,” klaim Zelensky, tanpa memberikan bukti. “Ini adalah pencapaian bersejarah.”

Ukraina ingin menunjukkan bahwa senjata senilai miliaran dolar yang dipasok oleh sekutu Baratnya telah memungkinkan negara itu mencapai kemajuan dalam pertempuran tersebut, ketika konflik tersebut memasuki bulan ke-21 di tengah kebuntuan yang luas.

Dengan perang yang diperkirakan akan berlanjut hingga musim dingin berikutnya dan kemungkinan besar akan terjadi hingga tahun depan, Kiev mendorong sekutunya untuk menyediakan lebih banyak aset militer. Sementara itu, para pejabat Ukraina bersaing untuk mendapatkan perhatian dunia dengan perang Israel-Hamas.

Pasukan Ukraina belum mampu menyerang sasaran apa pun di Krimea dan perairannya, namun kemampuan tersebut semakin dekat, kata Zelenskyy pada pertemuan Platform Krimea, sebuah forum diplomatik, di Praha melalui tautan video. Dia tidak menjelaskan lebih lanjut.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pasukannya menyerang tiga drone laut Ukraina di Laut Hitam pada  hari Selasa (24/10) pagi.

Rusia mencaplok Krimea, di Ukraina timur, pada tahun 2014. Pada bulan Februari tahun lalu, Rusia melancarkan invasi besar-besaran yang juga bertujuan untuk mencaplok provinsi Donetsk, Kherson, Luhansk, dan Zaporizhzhia di Ukraina.

Sejak gagalnya perjanjian yang memungkinkan Ukraina mengekspor biji-bijian dengan aman meskipun terjadi perang pada Agustus lalu, kata Zelenskyy, koridor ekspor baru di Laut Hitam telah memungkinkan sekitar 50 kapal untuk berlayar, dengan lebih dari 50 kapal diperkirakan akan berangkat lagi. Dia tidak memberikan rinciannya.

Perkembangan Lain Perang Ukraina

  • Konglomerat pertahanan Jerman, Rheinmetall, dan Industri Pertahanan Ukraina telah membentuk usaha patungan, Perdana Menteri Ukraina, Denys Shmyhal, mengumumkan pada Forum Bisnis Jerman-Ukraina di Berlin. Ia menyebutnya sebagai “peristiwa penting yang meningkatkan kerja sama antar negara ke tingkat yang baru secara kualitatif.” Perusahaan patungan ini akan menyediakan layanan pemeliharaan dan perbaikan untuk peralatan yang dipasok ke Ukraina oleh mitranya.
  • Angkatan Udara Ukraina mengatakan pihaknya menembak jatuh enam drone Rusia di wilayah tengah dan selatan negara itu pada hari Senin (23/10) malam. Rusia meluncurkan drone tersebut dari Krimea, kata tentara Ukraina. Penembakan Rusia menewaskan dua warga sipil Ukraina di selatan negara itu dan melukai sedikitnya 20 lainnya di tenggara, kantor kepresidenan melaporkan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home