Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 21:09 WIB | Selasa, 23 Mei 2023

Ukraina: Serangan di Wilayah Rusia oleh Pemberontak Yang tidak Puas pada Kremlin

Warga setempat menerima bantuan kemanusiaan dari seorang relawan di depan rumah doa Evangelical Christian Baptists yang hancur kemarin akibat serangan Rusia di Orihiv, Ukraina, pada Senin, 22 Mei 2023. (Foto: AP/Andriy Andriyenko)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Para pejabat Rusia menuduh bahwa penyabot militer Ukraina melancarkan serangan melintasi perbatasan pada hari Senin (22/5), melukai delapan orang di sebuah kota kecil. Namun pejabat Kiev membantah adanya hubungan dengan kelompok itu dan menyalahkan pertempuran itu sebagai pemberontakan oleh orang Rusia yang tidak puas terhadap Kremlin.

Tidak ada versi kejadian yang dapat diverifikasi secara independen di daerah yang telah menyaksikan limpahan serangan sporadis dari perang hampir 15 bulan di Ukraina.

Gubernur wilayah Belgorod Rusia, yang berbatasan dengan Ukraina, mengatakan bahwa kelompok sabotase Angkatan Bersenjata Ukraina memasuki kota Graivoron, sekitar lima kilometer (tiga mil) dari perbatasan. Kota itu juga diserang artileri Ukraina, katanya.

Gubernur Vyacheslav Gladkov mengatakan delapan orang terluka dan sebagian besar penduduk telah meninggalkan daerah itu, tetapi situasinya tetap "tegang".

Di dekat desa Zamostye, proyektil menghantam taman kanak-kanak dan menyebabkan kebakaran. Seorang perempuan terluka di tangannya, kata Gladkov. Dia juga melaporkan bahwa sistem anti pesawat Rusia menembak jatuh pesawat udara tak berawak di wilayah Belgorod.

Gladkov mengatakan operasi kontrateroris sedang berlangsung dan pihak berwenang memberlakukan kontrol khusus, termasuk pemeriksaan dokumen pribadi dan menghentikan pekerjaan perusahaan yang menggunakan "bahan peledak, radioaktif, bahan berbahaya secara kimia dan biologis."

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan Presiden Rusia, Vladimir Putin, diberitahu tentang dugaan serangan sabotase. Upaya untuk "mendorong mereka keluar dari wilayah Rusia dan melikuidasi mereka" sedang berlangsung, katanya.

Peskov menggambarkan tindakan itu sebagai upaya Ukraina untuk mengalihkan perhatian dari kota timur Bakhmut, yang diklaim Moskow telah direbut setelah pertempuran berbulan-bulan tetapi di mana Kiev mengatakan masih berperang.

Kelompok Yang Ingin Perubahan Rezim Rusia

Tetapi pejabat intelijen militer Ukraina tidak mengonfirmasi bahwa Kiev telah mengerahkan penyabot. Sebaliknya, mereka mengklaim bahwa warga Rusia yang mencari perubahan atas rezim di Moskow berada di belakang serangan Graivoron.

Perwakilan intelijen Ukraina, Andrii Cherniak, mengatakan warga Rusia yang tergabung dalam kelompok keruh yang menyebut diri mereka Korps Sukarelawan Rusia dan Legiun "Kebebasan Rusia" berada di balik serangan itu.

Penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, Mykhailo Podolyak, mengatakan di Twitter bahwa Ukraina "tidak ada hubungannya dengan itu". Dia menyarankan "gerakan gerilya bersenjata" berada di balik serangan itu.

Korps Sukarelawan Rusia mengklaim dalam sebuah posting Telegram telah melintasi perbatasan ke Rusia lagi, setelah mengklaim telah melanggar perbatasan pada awal Maret.

Korps Sukarelawan Rusia  (RVC) menggambarkan dirinya sebagai "formasi sukarelawan yang berjuang di pihak Ukraina". Sedikit yang diketahui tentang kelompok tersebut, dan tidak jelas apakah mereka memiliki hubungan dengan militer Ukraina. Hal yang sama berlaku untuk Legiun "Kebebasan Rusia".

RVC didirikan Agustus lalu dan dilaporkan sebagian besar terdiri dari ekstremis Rusia sayap kanan anti Putin yang memiliki hubungan dengan kelompok sayap kanan Ukraina.

Senin pagi, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia Ukraina, pembangkit listrik tenaga atom terbesar di Eropa, menghabiskan berjam-jam mengoperasikan generator diesel darurat setelah kehilangan pasokan daya eksternalnya untuk ketujuh kalinya sejak invasi besar-besaran Rusia ke tetangganya, kata kepala pengawas nuklir PBB.

"Situasi keamanan nuklir di pembangkit itu sangat rentan," kata Rafael Grossi, kepala Badan Energi Atom Internasional, dalam sebuah tweet. Beberapa jam kemudian, perusahaan energi nasional Ukrenergo mengatakan di Telegram bahwa mereka telah memulihkan saluran listrik yang mengaliri pembangkit tersebut.

Tapi bagi Grossi, itu adalah pengingat lain tentang apa yang dipertaruhkan di pabrik yang diduduki Rusia yang telah menyaksikan penembakan di dekatnya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home