Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:08 WIB | Rabu, 01 Maret 2023

Serangan Drone di Wilayah Rusia, Tuduhan Diarahkan ke Ukraina

Seorang penduduk setempat berdiri di dekat jendela saat asap mengepul dari gedung yang terbakar setelah penembakan Rusia di kota Chasiv Yar, tempat pertempuran terberat dengan pasukan Rusia, wilayah Donetsk, Ukraina, Senin, 27 Februari 2023. (Foto: AP/Yevhen Titov)

KIEV, SATUHARAPAN.COM - Drone yang dikatakan Kremlin diluncurkan oleh Ukraina terbang jauh di dalam wilayah Rusia, termasuk yang berada dalam jarak 100 kilometer (60 mil) dari Moskow, menandakan pelanggaran dalam pertahanan Rusia, dan Presiden Vladimir Putin memerintahkan peningkatan perlindungan di perbatasan.

Para pejabat mengatakan drone tidak menyebabkan cedera dan tidak menimbulkan kerusakan yang signifikan, tetapi serangan pada hari Senin (27/2) malam dan Selasa (28/2) pagi menimbulkan pertanyaan tentang kemampuan pertahanan Rusia lebih dari setahun setelah invasi besar-besaran negara tetangganya.

Moskow menyalahkan Kiev atas serangan itu. Pejabat Ukraina tidak segera mengklaim tanggung jawab, tetapi mereka juga menghindari mengakui tanggung jawab secara langsung atas serangan dan sabotase di masa lalu sambil menekankan hak Ukraina untuk menyerang target apa pun di Rusia.

Meskipun Putin tidak merujuk pada serangan spesifik apa pun dalam pidatonya di ibu kota Rusia, komentarnya muncul beberapa jam setelah drone menargetkan beberapa wilayah di Rusia selatan dan barat. Pihak berwenang menutup wilayah udara di atas St. Petersburg sebagai tanggapan atas apa yang dikatakan beberapa laporan sebagai drone.

Juga pada hari Selasa, beberapa stasiun televisi Rusia menyiarkan peringatan serangan rudal yang dituduhkan para pejabat atas serangan peretasan.

Serangan pesawat tak berawak menargetkan wilayah di dalam Rusia di sepanjang perbatasan dengan Ukraina dan lebih dalam ke negara itu, menurut otoritas Rusia setempat.

Sebuah drone jatuh di dekat desa Gubastovo, kurang dari 100 kilometer (60 mil) dari Moskow, Andrei Vorobyov, gubernur wilayah di sekitar ibu kota Rusia, mengatakan dalam sebuah pernyataan online.

Drone itu tidak menimbulkan kerusakan apa pun, kata Vorobyov, tetapi kemungkinan menargetkan "objek infrastruktur sipil".

Gambar drone menunjukkan itu adalah model kecil buatan Ukraina dengan jangkauan yang dilaporkan hingga 800 kilometer (hampir 500 mil) tetapi tidak memiliki kapasitas untuk membawa bahan peledak dalam jumlah besar. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home