Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 11:34 WIB | Sabtu, 06 Januari 2024

Umat Kristen di Berbagai Negara Hari Ini Merayakan Epifani

Seorang pria mengambil salib sambil mandi di danau selama perayaan tradisional Epifani di Omsk, kota Siberia di Rusia, pada air dengan suhu di bawah minus 24 derajat C. (Foto: dok. AP)

SATUHARAPAN.COM-Umat ​​Kristen di seluruh dunia merayakan Epiphany pada tanggal 6 Januari dengan serangkaian perayaan mulai dari parade dan pemberian hadiah untuk anak-anak hingga pemberkatan air.

Hari raya ini disebut juga Hari Raya Epiphany, Hari Tiga Raja dan Theophany.

Mengapa dikenal dengan nama berbeda?

Beberapa gereja Kristen Barat mengenal hari raya itu sebagai Hari Tiga Raja. Ini mengingatkan kita pada kunjungan tiga orang Majus, atau orang bijak, kepada bayi Yesus, dan rasa takjub mereka atas pertemuan tersebut. Ini adalah hari ke-12 setelah Natal dan menutup musim Natal.

Tradisi-tradisi Timur menyebutnya sebagai Teofani dan berfokus pada baptisan Yesus oleh Yohanes Pembaptis. Umat ​​Kristen Ortodoks juga mengenalnya sebagai Pembaptisan Kristus.

Apa yang dimaksud dengan Epifani?

Kata Yunani “epiphaneia” berarti “penampakan” atau “manifestasi,” dan mengacu pada manifestasi Yesus kepada dunia, menurut Encyclopedia Britannica.

Bagaimana mereka merayakannya?

Hari ini sering dirayakan oleh umat Katolik di Spanyol dengan parade yang mencakup kendaraan hias yang membawa orang-orang berpakaian seperti raja dalam Alkitab yang membawa hadiah untuk bayi Yesus. Anak-anak di Spanyol dan di beberapa bagian Amerika Latin secara tradisional membuka bungkus kado liburan yang diberikan oleh Sinterklas di tempat lain di dunia pada Hari Natal.

Orang Yunani merayakan Epiphany dengan upacara pemberkatan air di seluruh negeri, yang sebagian besar adalah umat Gereja Ortodoks.

Di Bulgaria, beberapa pengamat terjun ke sungai dan danau untuk mengambil salib, dalam sebuah ritual kuno yang menandai hari raya Epiphany, yang juga dikenal sebagai Penampakan Kristus.

Secara tradisi, salib dilemparkan ke dalam air danau atau sungai. Dipercaya bahwa orang yang mengambilnya akan terbebas dari roh jahat dan akan sehat sepanjang tahun. Setelah salib diambil, pendeta memercikkan air kepada umat dengan menggunakan seikat kemangi.

Kapan ini dirayakan?

Gereja-gereja Kristen Ortodoks di Bulgaria, Yunani dan Rumania merayakan hari raya tersebut pada tanggal 6 Januari. Namun bagi Gereja-gereja Ortodoks di Rusia, Serbia dan Ukraina yang mengikuti kalender Julian, Epifani dirayakan pada tanggal 19 Januari, sementara Malam Natal mereka jatuh pada tanggal 6 Januari.

Apa asal-usul Epifani?

Perayaan ini berasal dari gereja Timur dan awalnya mencakup perayaan kelahiran Yesus, menurut Encyclopedia Britannica, yang dalam entrinya mengatakan bahwa pada abad keempat, gereja di Roma mulai merayakan Epifani secara terpisah pada tanggal 6 Januari. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home