Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 17:02 WIB | Jumat, 22 Desember 2023

Kelompok Kristen Kecam China Atas Penahanan Sejumlah Penatua “Gereja Rumah”

Ding Zhopngfu. (Foto: Gen Yunxia via AP)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-Ding Zhongfu terbangun karena ketukan keras di pintu rumahnya. Lima polisi menyambut Ding, seorang penatua di sebuah gereja di China.

Para petugas menempelkannya ke dinding pada hari Kamis pagi di bulan November dan menginterogasinya saat menggeledah apartemen yang ia tinggali bersama istrinya, Ge Yunxia, dan putri mereka yang berusia enam tahun.

Keluarga Ding sekarang memohon pembebasannya setelah dia dibawa dari rumahnya di Provinsi Anhui, China tengah karena dicurigai melakukan penipuan. Dalam komentar publik pertama mereka mengenai kasus ini, keluarga tersebut menyangkal bahwa Ding melakukan penipuan.

Sebaliknya, mereka mengatakan kepada Associated Press dalam sebuah wawancara bahwa ini adalah bagian dari tindakan keras yang lebih luas terhadap kebebasan beragama di China.

Empat orang lainnya ditahan, semuanya anggota senior gereja Ganquan, sebuah nama yang berarti “Musim Semi Manis,” menurut keluarga tersebut. Semuanya ditangkap karena dicurigai melakukan penipuan, menurut buletin dari kelompok doa Kristen.

“Di bawah tuduhan palsu ‘penipuan’, banyak orang Kristen menghadapi penganiayaan yang kejam,” kata Bob Fu, pendiri kelompok hak asasi Kristen yang berbasis di Amerika Serikat, ChinaAid, yang menganjurkan pembebasan Ding.

Polisi mulai menggunakan tuduhan penipuan dalam beberapa tahun terakhir terhadap para pemimpin gereja rumah, atau gereja informal yang tidak terdaftar pada pemerintah di China.

Meskipun China mengizinkan praktik agama Kristen, hal itu hanya dapat dilakukan secara legal di gereja-gereja yang terdaftar di negara tersebut. Banyak orang yang memilih beribadah di gereja rumah mengatakan bahwa bergabung dengan gereja negara berarti menyembah supremasi pemerintah dan Partai Komunis atas Tuhan, yang mereka tolak.

Beijing dalam beberapa tahun terakhir telah meningkatkan tekanan terhadap gereja rumah. Pada tahun 2018, pemimpin China, Xi Jinping, mengeluarkan rencana lima tahun untuk “mensinisasikan” semua agama yang secara resmi diperbolehkan di negara tersebut, mulai dari Islam, Kristen, hingga Budha, dengan menanamkan “karakteristik China” seperti kesetiaan kepada Partai Komunis pada agama-agama tersebut.

Mengindahkan seruan tersebut, pemerintah daerah mulai menutup gereja rumah melalui penggusuran, interogasi polisi, dan penangkapan.

Pada tahun 2022, pendeta Hao Zhiwei di Provinsi Hubei tengah dijatuhi hukuman delapan tahun penjara setelah dituduh melakukan penipuan, menurut Fu. Pada tahun yang sama, pengkhotbah Han Xiaodong dan Li Jie serta pekerja gereja Wang Qiang juga ditangkap karena dicurigai melakukan penipuan.

Pada tanggal 1 Desember, polisi memanggil istri Ding Zhongfu ke kantor polisi dan mengatakan bahwa suaminya ditahan secara kriminal karena dicurigai melakukan penipuan. Mereka menolak memberikan salinan dokumen apa pun yang mereka miliki dan tanda tangani yang menyatakan bahwa mereka sedang menyelidikinya.

Seorang petugas polisi di divisi kriminal cabang Shushan yang menjawab telepon pada hari Selasa menolak menjawab pertanyaan, dan mengatakan bahwa dia tidak dapat memverifikasi identitas panggilan jurnalis The Associated Press.

Keluarga tersebut telah bersiap untuk pindah ke Amerika Serikat pada bulan Desember untuk bergabung dengan putri Ding dari pernikahan sebelumnya.

“Saya belum tentu mendukung dia untuk pindah ke AS,” kata putrinya, Wanlin Ding, karena hal itu akan menjadi sebuah pencabutan drastis. “Baru pada peristiwa inilah saya menyadari betapa seriusnya hal itu.”

Dia ingin dia menjadi bagian dari pernikahannya di musim semi.

Gereja rumah Ganquan di Ding telah terpaksa pindah beberapa kali dalam satu dekade terakhir, kata Ge. Jemaat mengumpulkan uang untuk membeli properti agar bisa digunakan sebagai tempat ibadah. Karena gereja-gereja tersebut tidak diakui oleh pemerintah, akta tersebut dibuat atas nama Ding dan dua anggota gereja lainnya.

Namun, polisi melarang mereka menggunakan properti itu untuk beribadah, dan muncul sebelum kebaktian untuk melarang orang masuk.

Dalam beberapa tahun terakhir, kata istri Ding, gereja mengadakan pertemuan di lokasi yang lebih acak untuk menghindari polisi. Gereja ini memiliki sekitar 400-500 jamaah dari semua lapisan masyarakat.

Ding, selain mengelola keuangan gereja, juga menjabat sebagai penatua di masyarakat, seseorang yang bisa membantu mengatasi masalah mereka.

Seorang teman menyebut Ding sebagai orang yang “lembut” dalam kesaksian tulisan tangan untuk kasus pendeta tersebut sebagai bagian dari permohonan publik untuk pembebasannya: “Dia selalu secara proaktif membantu orang-orang di masyarakat yang membutuhkan bantuan.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home