Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 08:03 WIB | Sabtu, 03 Juni 2023

Warga Hong Kong Peringati Pembantaian Tiananmen Secara Pribadi

Warga Hong Kong Peringati Pembantaian Tiananmen Secara Pribadi
Richard Tsoi, mantan pemimpin Aliansi Hong Kong yang sekarang telah dibubarkan untuk Mendukung Gerakan Demokrasi Patriotik China, berpose untuk foto di samping lapangan tertutup di Victoria Park di Hong Kong, Senin, 29 Mei 2023. Sebagai peringatan 34 tahun Tiananmen China Tindakan keras mendekati hari Minggu, 4 Juni, banyak orang di Hong Kong mencoba memperingati hari itu dengan cara mereka sendiri di bawah bayang-bayang undang-undang yang memenjarakan banyak aktivis terkemuka dalam gerakan pro-demokrasi kota. (Foto: AP/Louise Delmotte)
Warga Hong Kong Peringati Pembantaian Tiananmen Secara Pribadi
Seorang pelanggan melihat drama "35 Mei" karya Chong Mui Ngam di sebuah toko buku independen di Hong Kong, Jumat, 2 Juni 2023. (Foto: AP/Louise Delmotte)
Warga Hong Kong Peringati Pembantaian Tiananmen Secara Pribadi
Lit Ming-wai, ketua kelompok seni yang sekarang telah dibubarkan, yang biasa mementaskan pertunjukan drama terkait penumpasan di Hong Kong, berbicara saat wawancara dengan The AP di Taipei, Taiwan, Kamis, 1 Juni 2023. (Foto: AP/Chiang Ying-ying)

HONG KONG, SATUHARAPAN.COM-Menjelang peringatan 34 tahun penumpasan di  Lapangan Tiananmen China pada hari Minggu (4/6), banyak orang di Hong Kong mencoba memperingati hari itu secara pribadi di bawah bayang-bayang undang-undang yang memenjarakan para aktivis terkemuka dalam gerakan pro demokrasi kota itu.

Selama beberapa dekade, Hong Kong adalah satu-satunya tempat di China di mana orang mengadakan peringatan besar-besaran tentang penumpasan tahun 1989 terhadap pengunjuk rasa pro demokrasi di mana tank meluncur ke jantung Beijing dan ratusan, dan mungkin ribuan orang terbunuh.

Orang-orang berkumpul di Taman Victoria, Hong Kong, setiap tahun untuk peringatan 4 Juni dengan menyalakan lilin. Pada tahun 2020, ribuan orang menentang larangan polisi untuk mengadakan acara tersebut.

Pekan ini, Taman Victoria akan ditempati oleh karnaval yang diselenggarakan oleh kelompok pro Beijing untuk merayakan penyerahan Hong Kong ke pemerintahan China pada tahun 1997. Penyelenggara mengatakan akan menampilkan bazaar dengan makanan dari seluruh China.

Ketika pemerintah menangkap aktivis, penerbit, dan politisi oposisi di bawah Undang-undang Keamanan Nasional 2020, pertunjukan oposisi di depan umum sebagian besar telah lenyap. Saat pihak berwenang menghapus peringatan pembantaian tersebut, beberapa warga Hong Kong berjuang untuk menjaga kenangan tetap hidup dengan membagikan lilin LED, menulis tentang tindakan keras, atau membeli buku tentangnya.

Di tahun-tahun sebelumnya, Richard Tsoi, mantan penyelenggara vigili, akan menjalani pekan yang sibuk, mempersiapkan acara dan berkoordinasi dengan polisi. Tahun ini, pria berusia 55 tahun itu mengatakan dia belum memutuskan apa yang akan dia lakukan pada hari Minggu.

“Selama sekitar 30 tahun, kami melanjutkan pekerjaan kami dalam perjuangan ingatan melawan lupa,” kata Tsoi, yang mengenakan kaos hitam dengan slogan “Rakyat tidak akan pernah lupa.” “Sekarang, mungkin kita harus memikirkan bagaimana agar pesan ini tidak tenggelam di Hong Kong.”

Ditanya apakah sah meratapi tindakan keras di depan umum sebagai individu, pemimpin Hong Kong, John Lee, mengatakan bahwa jika ada yang melanggar hukum, "tentu saja polisi harus mengambil tindakan."

Kelompok yang sebelumnya mengorganisir Victoria Park vigil dibubarkan pada tahun 2021, setelah polisi memberi tahu bahwa mereka sedang diselidiki karena bekerja atas nama kelompok asing, sebuah tuduhan yang dibantah oleh kelompok tersebut, dan tiga pemimpinnya didakwa melakukan subversi.

Patung dan Buku Juga Disingkirkan

Penumpasan lapangan Tiananmen meninggalkan jejak yang dalam pada generasi orang China yang berpikiran liberal. Tsoi, yang kuliah selama gerakan demokrasi 1989, mengatakan protes tersebut memberinya harapan untuk masa depan China. Ketika dia mendengar suara tembakan di TV, katanya, itu menyedihkan dan menyebalkan.

“Setelah penumpasan, saya bertanya-tanya apa yang masih bisa kami lakukan di Hong Kong,” katanya. “Saya hanya bisa bersumpah pada diri saya sendiri: mengabdikan seluruh hidup saya untuk demokrasi China.”

Sejak pemberlakuan Undang-undang Keamanan Nasional, patung-patung terkait Tiananmen telah disingkirkan dari universitas dan buku-buku tentang peristiwa tersebut telah ditarik dari rak perpustakaan umum. Kolumnis surat kabar, Johnny Lau, yang meliput penumpasan tahun 1989 secara langsung sebagai reporter, menulis bahwa 4 Juni telah menjadi begitu tabu sehingga memaksa orang untuk lebih memikirkannya.

Beberapa bisnis, tulisnya, merayakan ulang tahun ke-64 sebuah surat kabar dengan membeli iklan yang berharap perjalanan mulus ke 65, sebuah langkah yang menghindari mencetak angka sensitif 6 dan 4,  seperti pada 4 Juni (64) secara bersamaan.

Saat buku-buku itu ditarik, seorang pegawai negeri bernama Yau merasa dia harus membeli buku baru berjudul "35 Mei" yang judulnya secara tidak langsung mengacu pada 4 Juni. Dia berencana menghabiskan hari Minggu membaca buku atau menonton film dokumenter tentang tindakan keras, dan memiikirkan secara mendalam tentang sejarah, kata perempuan berusia 20-an, yang meminta untuk diidentifikasi hanya dengan nama belakangnya karena takut akan pembalasan pemerintah.

Dia bilang dia berencana untuk mengingat Tiananman, dan Hong Kong di mana Tiananmen dapat diperingati dengan bebas.

Beberapa usaha kecil juga berpartisipasi. Derek Chu, pemilik platform pembelian grup AsOne, mengatakan dia berencana untuk membagikan lilin LED di tokonya hari Minggu (4/6), meskipun ada pertemuan baru-baru ini dengan otoritas keamanan nasional. Dia dilarang memberikan rincian pertemuan itu, katanya.

Chu mengatakan tidak ada undang-undang yang melarang memperingati penumpasan, dan orang-orang memiliki tanggung jawab untuk mengingat mereka yang berkorban untuk demokrasi dan kebebasan. Namun dia mengatakan itu masih merupakan langkah yang berisiko.

Bisnis kecil lainnya menulis di Facebook bahwa petugas dari berbagai departemen pemerintah datang untuk memeriksa toko tersebut setelah mengumumkan akan mendistribusikan lilin LED pekan lalu.

Sabtu lalu, Chan Kim-kam meletakkan sekotak lilin LED di kios tempat dia menjual barang-barang kering seperti dupa dan alat tulis. Dia mengatakan itu adalah pengingat akan tindakan keras, dan cara bagi orang-orang yang percaya pada demokrasi, kebebasan, dan kemanusiaan untuk “bertemu satu sama lain.”

Namun, Chan mengatakan dia harus melepas lilin pada hari Kamis (1/6) karena "keputusan yang tidak ingin dia buat." Dia bilang dia tidak bisa mengatakan lebih banyak.

Peringatan di Luar Negeri

Di luar negeri, anggota diaspora Hong Kong masih merencanakan acara. Setidaknya sekitar 20 acara peringatan direncanakan di negara-negara demokrasi besar pada hari Minggu, termasuk Inggris, di mana 113.500 warga Hong Kong beremigrasi menggunakan visa khusus yang memungkinkan mereka untuk tinggal dan bekerja di negara tersebut dan mengajukan permohonan kewarganegaraan Inggris setelah enam tahun.

Lit Ming-wai, mantan pemimpin kelompok seni yang sekarang dibubarkan di belakang “35 Mei,” yang awalnya adalah sebuah drama, pindah ke Inggris pada tahun 2021. Dia mengatur pemutaran drama tersebut di luar negeri, dan bulan lalu menerbitkan buku tersebut di Taiwan. Grup drama Taiwan juga mementaskan drama dari hari Jumat hingga Minggu.

Meskipun tampaknya drama itu tidak lagi dapat dilakukan di Hong Kong, katanya, mempertahankannya di tempat lain adalah bentuk perlawanan terhadap kelupaan dan pemerintahan otoriter China. “Beli buku, dengarkan lagu, nyalakan lampu atau pakai baju,” katanya. “Itu tidak berarti, karena kamu akan menyadari bahwa kamu tidak kesepian saat melakukannya.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home