Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:06 WIB | Rabu, 03 Mei 2023

Warga Sudan Menyerbu Pelabuhan untuk Menyelamatakan diri ke Luar Negeri

Foto tangkapan layar dari video, orang Sudan dan orang asing tiba di Port Sudan, pelabuhan utama negara itu, saat mereka menunggu untuk dievakuasi dari Sudan, Sabtu 29 April 2023. Orang Sudan yang melarikan diri dari pertempuran antara jenderal saingan di ibu kota mereka membanjiri sebuah kota di Laut Merah yang sudah kewalahan dan perbatasan utara Sudan dengan Mesir, saat ledakan dan tembakan bergema pada hari Selasa di Khartoum. (Foto: AP/Smowal Abdalla)

KHARTOUM, SATUHARAPAN.COM-Orang-orang Sudan yang kelelahan dan orang asing bergabung dengan kerumunan yang semakin banyak di pelabuhan utama Sudan pada hari Selasa (2/5), menunggu untuk dievakuasi dari negara yang dilanda kekacauan itu. Setelah lebih dari dua pekan pertempuran, wilayah ibu kota Khartoum tampak semakin terbengkalai.

Pertempuran untuk menguasai Sudan meletus pada 15 April, setelah berbulan-bulan ketegangan meningkat antara militer, yang dipimpin oleh Jenderal Abdel-Fattah Burhan, dan kelompok paramiliter saingan yang disebut Pasukan Dukungan Cepat, yang dipimpin oleh Jenderal Mohamed Hamdan Dagalo.

Negara-negara lain telah mencoba meyakinkan kedua jenderal itu untuk menghentikan pertempuran dan datang ke meja perundingan. Pemerintah Sudan Selatan, yang secara resmi memisahkan diri dari Sudan pada 2011, mengatakan pada hari Selasa bahwa dua jenderal yang bersaing itu telah menyepakati "prinsip" gencatan senjata selama sepekan mulai Kamis, dan terlibat dalam pembicaraan damai. Pernyataan itu tidak merinci kemungkinan tempat atau waktu untuk pembicaraan.

Presiden Sudan Selatan, Salva Kiir, berbicara dengan Burhan dan Dagalo melalui telepon, kata pemerintah dalam sebuah pernyataan. Tidak ada komentar langsung baik dari tentara atau paramiliter.

Sementara itu, warga sipil mengemasi bus dan truk menuju perbatasan utara Sudan dengan Mesir. Banyak lainnya menuju ke Port Sudan, di pantai Laut Merah negara itu. Kota pelabuhan yang relatif tenang, tempat banyak pemerintah asing mengevakuasi warganya, tampaknya merupakan pilihan yang lebih aman.

“Sebagian besar ibu kota menjadi kosong,” kata Abdalla al-Fatih, seorang penduduk Khartoum yang melarikan diri bersama keluarganya ke Port Sudan pada hari Senin. Dia mengatakan mereka telah terjebak selama dua pekan, dan sekarang, semua orang di jalannya telah pergi.

Ketika mereka tiba di Port Sudan setelah menempuh perjalanan selama 20 jam, mereka menemukan ribuan orang, termasuk banyak perempuan dan anak-anak, sedang berkemah di luar area pelabuhan. Banyak yang berada di udara terbuka selama lebih dari sepekan, tanpa makanan atau layanan dasar di tengah panas terik. Yang lainnya memadati masjid atau hotel di dalam kota.

Tariq Abdel-Hameed adalah salah satu dari sekitar 2.000 warga Suriah di Port Sudan yang berharap bisa keluar melalui laut atau udara. Sekitar 200 warga Suriah telah dievakuasi sejak krisis dimulai, termasuk 35 orang pada hari Jumat di kapal menuju Jeddah, Arab Saudi. Penerbangan pertama tujuan Damaskus dijadwalkan lepas landas hari Selasa malam, kata Abdel-Hameed, dengan sekitar 200 penumpang, kebanyakan perempuan hamil dan orang sakit.

Di titik persimpangan yang padat dengan Mesir, ribuan keluarga telah menunggu berhari-hari di dalam bus atau mencari tempat berlindung sementara di kota perbatasan Wadi Halfa.

Yusuf Abdel-Rahman, seorang mahasiswa Sudan, mengatakan dia dan keluarganya memasuki Mesir melalui perbatasan Ashkit Senin malam. Mereka pertama-tama pergi ke titik penyeberangan lain, Arqin, tetapi mengatakan terlalu ramai untuk melakukan upaya itu. Keluarga dengan anak-anak dan orang sakit terdampar di lanskap gurun tanpa makanan dan air, menunggu visa yang wajib bagi pria Sudan untuk memasuki Mesir, kenangnya.

Di Khartoum, Abdel-Rahman mengatakan dia telah melihat kehancuran dan penjarahan yang meluas. Dia mengenal banyak orang yang rumahnya telah disita oleh pasukan paramiliter dan berpikir mereka beruntung telah pergi sebelum rumah mereka diserbu.

“Kita bisa berakhir dengan menjadi mayat,” katanya.

Pertempuran itu telah membuat sedikitnya 334.000 orang mengungsi di dalam Sudan, dan mengirim puluhan ribu lainnya ke negara-negara tetangga, Mesir, Chad, Sudan Selatan, Republik Afrika Tengah, dan Ethiopia, menurut badan-badan PBB. Pekerja bantuan semakin khawatir tentang kurangnya layanan dasar di daerah-daerah tersebut.

Antara 900 dan 1.000 orang tiba setiap hari di perbatasan dengan Ethiopia, Paul Dillon, juru bicara Organisasi Internasional untuk Migrasi, mengatakan pada jumpa pers hari Selasa di Jenewa. Sedikitnya 20.000 orang menyeberang ke Chad, yang berbatasan dengan kota Genena di Darfur tempat bentrokan pekan lalu menewaskan puluhan orang dan melukai ratusan lainnya.

Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi, Filippo Grandi, memperingatkan bahwa jumlah orang yang melarikan diri ke negara tetangga bisa melampaui 800.000.

Selasa pagi, suara ledakan dan tembakan bergema di banyak bagian Khartoum, dengan bentrokan sengit terjadi di sekitar markas militer, bandara internasional, dan Istana Republik, kata penduduk. Pesawat tempur terlihat terbang di atas kepala, kata mereka.

Pertempuran terus berlanjut meskipun ada perpanjangan gencatan senjata yang rapuh, yang dimaksudkan untuk memberikan koridor yang aman bagi petugas kesehatan dan lembaga bantuan yang bekerja di ibu kota.

“Perang tidak pernah berhenti,” kata Atiya Abdalla Atiya, Sekretaris Sind Dokter Sudan icate. Kamar mayat di seluruh ibu kota penuh dengan mayat dan orang-orang masih belum bisa mengumpulkan jenazah untuk dimakamkan, katanya.

Setidaknya 447 warga sipil tewas dan lebih dari 2.255 terluka sejak pertempuran dimulai, menurut angka yang diberikan hari Selasa oleh Sindikat Dokter, yang melacak korban sipil. Kementerian Kesehatan Sudan mengatakan, setidaknya 550 orang tewas, termasuk warga sipil dan pejuang, dengan lebih dari 4.900 orang terluka pada Senin.

Selain proposal Sudan Selatan, ada saran lain yang ditujukan untuk menghentikan kekerasan dan menghindari bencana kemanusiaan yang semakin parah. Kedua belah pihak sepakat untuk mengirim perwakilan untuk pembicaraan yang berpotensi diadakan di Arab Saudi, menurut utusan PBB di Sudan, Volker Perthes. Kerajaan telah bergabung dengan Amerika Serikat dalam mendesak gencatan senjata yang langgeng.

Proposal lain, yang diajukan oleh mantan Perdana Menteri Sudan, Abdallah Hamdok, yang pekan ini bertemu dengan para pemimpin regional dan diplomat Barat di ibu kota Kenya, Nairobi, mengajukan serangkaian lima langkah untuk membantu rekonsiliasi kedua belah pihak.

“Perang ini dapat menyebabkan keadaan darurat global kecuali segera dihentikan,” katanya.

Perebutan kekuasaan telah menggagalkan upaya Sudan untuk memulihkan transisi demokrasinya, yang terhenti pada Oktober 2021 ketika Burhan dan Dagalo, yang saat itu bersekutu, menggulingkan pemerintahan transisi Hamdok yang didukung Barat melalui kudeta. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home