Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:47 WIB | Rabu, 03 Mei 2023

Warga Sudan Berduyun-duyun Mengungsi ke Negara Tetangga

Foto dari Kementerian Pertahanan Inggris, pada Rabu, 26 April 2023 Warga negara Inggris di dalam pesawat RAF di Akrotiri, Siprus, setelah dievakuasi dari Sudan. Dengan pesawat dan kapal perang, kekuatan dunia mengevakuasi lebih banyak orang dari Sudan pada hari Rabu dalam operasi internasional yang kompleks yang dipicu oleh meletusnya pertempuran yang telah menyebabkan ribuan orang asing, dan lebih banyak lagi orang Sudan melarikan diri demi keselamatan. (Foto: Aaron Hoare/Kementerian Pertahanan Inggris via AP)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM-Keluarga-keluarga Sudan pada Rabu (26/4) berkumpul di perbatasan untuk melintasi Mesir dan di kota pelabuhan di Laut Merah. Mereka mati-matian berusaha melarikan diri dari kekerasan negara mereka dan terkadang menunggu berhari-hari dengan sedikit makanan atau tempat berlindung, kata para saksi.

Di ibu kota, Khartoum, intensitas pertempuran mereda pada hari kedua gencatan senjata tiga hari, dan militer mengatakan "awalnya menerima" inisiatif diplomatik untuk memperpanjang gencatan senjata saat ini selama tiga hari lagi setelah berakhir Kamis.

Prakarsa tersebut, yang ditengahi oleh blok perdagangan delapan negara Afrika Timur yang dikenal sebagai Otoritas Pembangunan Antarpemerintah, atau IGAD, juga akan mencakup negosiasi langsung antara militer dan Pasukan Pendukung Cepat (RSF), kelompok paramiliter yang telah diperangi sejak 15 April.

Tidak ada komentar langsung dari RSF mengenai prakarsa tersebut, yang, jika diterima oleh kedua belah pihak, akan menandai terobosan besar dalam lebih dari satu pekan diplomasi internasional yang intens. Kedua saingan itu, panglima militer Jenderal Abdel Fattah Burhan dan komandan RSF Jenderal Mohammed Hamdan Dagalo, sampai sekarang tampaknya bertekad untuk mengalahkan yang lain.

Memanfaatkan ketenangan yang relatif, banyak penduduk di Khartoum dan kota tetangga Omdurman keluar dari rumah mereka untuk mencari makanan dan air, berbaris di toko roti atau toko bahan makanan, setelah berhari-hari terjebak di dalam pertempuran antara tentara dan paramiliter saingan. Beberapa toko atau rumah diperiksa yang telah dihancurkan atau dijarah.

“Ada rasa tenang di daerah dan lingkungan saya,” kata Mahasen Ali, penjual teh yang tinggal di lingkungan selatan Khartoum di bulan Mei. "Tapi semua takut akan apa yang akan terjadi selanjutnya."

Tetap saja, tembakan dan ledakan terdengar di kota itu, meskipun penduduk mengatakan bentrokan terjadi di wilayah yang lebih terbatas, terutama di sekitar markas militer dan Istana Republik di Khartoum tengah dan di sekitar pangkalan di Omdurman di seberang Sungai Nil.

Dengan masa depan gencatan senjata yang tidak pasti, banyak yang mengambil kesempatan untuk bergabung dengan puluhan ribu orang yang telah keluar dari ibu kota dalam beberapa hari terakhir, mencoba keluar dari baku tembak antara pasukan dua jenderal tertinggi Sudan.

Makanan semakin sulit didapat, dan listrik terputus di sebagian besar ibu kota dan kota-kota lain. Berbagai lembaga bantuan harus menangguhkan operasinya, sebuah pukulan telak di negara di mana sepertiga dari populasi 46 juta orang bergantung pada bantuan kemanusiaan.

Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan mengatakan hanya satu dari empat rumah sakit di ibu kota yang berfungsi penuh, dan pertempuran tersebut telah mengganggu bantuan untuk 50.000 anak yang kekurangan gizi akut.

Banyak orang Sudan khawatir kedua belah pihak akan meningkatkan pertempuran mereka setelah evakuasi internasional orang asing yang dimulai hari Minggu selesai. Pemerintah Inggris, yang pengangkutan udaranya adalah salah satu yang terakhir masih berlangsung, mengatakan telah mengevakuasi sekitar 300 orang dengan penerbangan keluar dan merencanakan empat lagi pada hari Rabu, berjanji untuk terus berjalan selama mungkin.

Sementara itu, sejumlah besar orang telah melakukan perjalanan sepanjang hari yang melelahkan melintasi padang pasir untuk mengakses titik-titik keluar negeri, ke kota Port Sudan di pantai Laut Merah timur dan ke penyeberangan Arqin ke Mesir di perbatasan utara.

Kerumunan orang Sudan dan orang asing juga menunggu di Port Sudan, mencoba mendaftar feri ke Arab Saudi. Dallia Abdelmoniem, seorang komentator politik Sudan, mengatakan dia dan keluarganya tiba Senin dan berusaha mendapatkan tempat. “Prioritas diberikan kepada warga negara asing,” katanya kepada The Associated Press.

Dia dan beberapa keluarga besarnya, kebanyakan perempuan dan anak-anak, menempuh perjalanan bus selama 26 jam untuk mencapai pelabuhan, di mana mereka melewati pos pemeriksaan militer. “Orang-orang ini memiliki sangat sedikit, tetapi mereka menawarkan sesuatu kepada setiap penumpang di semua bus dan truk ini untuk membuat perjalanan mereka lebih baik,” katanya.

Di penyeberangan Arqin, keluarga menghabiskan malam mereka di luar di padang pasir, menunggu untuk diizinkan masuk ke Mesir. Bus berbaris di persimpangan. “Ini berantakan, antrean panjang orang tua, pasien, perempuan dan anak-anak menunggu dalam kondisi yang menyedihkan,” kata Moaz al-Ser, seorang guru Sudan yang tiba bersama istri dan tiga anaknya di perbatasan sehari sebelumnya.

Puluhan ribu penduduk Khartoum juga telah melarikan diri ke provinsi tetangga atau bahkan ke kamp pengungsian dan pengungsian yang sudah ada di Sudan yang menampung korban konflik masa lalu.

Sedikitnya 512 orang, termasuk warga sipil dan pejuang, telah tewas sejak pertempuran meletus pada 15 April, dengan 4.200 lainnya terluka, kata Kementerian Kesehatan Sudan. Sindikat Dokter, yang melacak korban sipil, mengatakan sedikitnya 295 warga sipil tewas dan 1.790 terluka.

Burhan dan Dagalo naik ke tampuk kekuasaan setelah pemberontakan populer pada 2019 mendorong para jenderal untuk menyingkirkan penguasa otokratis lama Sudan Omar al-Bashir. Orang Sudan sejak itu mencoba melakukan transisi ke pemerintahan demokratis, tetapi pada 2021 Burhan dan Dagalo bergabung dalam kudeta yang membersihkan para pemimpin sipil. Mereka berselisih bulan ini karena rencana kasar baru untuk memperkenalkan kembali pemerintahan sipil.

Baik militer maupun RSF memiliki sejarah panjang dalam melakukan tindakan brutal terhadap aktivis dan pengunjuk rasa serta pelanggaran hak lainnya.

Juga pada hari Rabu, militer mengatakan al-Bashir ditahan di rumah sakit yang dikelola militer, memberikan pernyataan resmi pertamanya di lokasinya sejak pertempuran meletus. Serangan di penjara tempat al-Bashir dan banyak mantan pejabatnya ditahan menimbulkan pertanyaan tentang keberadaannya.

Dalam sebuah pernyataan, militer mengatakan al-Bashir dan mantan pejabat lainnya telah dipindahkan ke rumah sakit Aliyaa yang dikelola militer sebelum bentrokan pecah di seluruh negeri. Al-Bashir dicari oleh Pengadilan Kriminal Internasional atas tuduhan genosida, kejahatan terhadap kemanusiaan dan kejahatan perang terkait konflik Darfur pada tahun 2000-an. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home