Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 18:17 WIB | Sabtu, 07 Januari 2023

Warga Yunani Rayakan Jumat Epiphani dengan Berebut Mengambil Salib

Warga Yunani Rayakan Jumat Epiphani dengan Berebut Mengambil Salib
Seorang peziarah memegang salib setelah dilemparkan oleh seorang pastor Gereja Ortodoks ke dalam air, selama upacara Epiphani untuk memberkati laut, di pinggiran kota di pelabuhan Piraeus, dekat Athena, Yunani, Jumat, 6 Januari 2023. (Foto-foto: AP/Thanassis Stavrakis)
Warga Yunani Rayakan Jumat Epiphani dengan Berebut Mengambil Salib
Peziarah mencoba untuk menangkap salib setelah dilemparkan oleh seorang pendeta Ortodoks ke dalam air, selama upacara Epiphani untuk memberkati laut, di pinggiran kota di pelabuhan Piraeus, dekat Athena, Yunani, Jumat, 6 Januari 2023.

ATHENA, SATUHARAPAN.COM - Orang Yunani merayakan Jumat Epiphani dengan upacara pemberkatan perairan di seluruh negeri, pada hari Jumat (6/1).

Hari raya ini dikenal sebagai Hari Tiga Raja bagi umat Katolik dan Pembaptisan Kristus bagi umat Ortodoks. Yunani didominasi warga  penganut Kristen Ortodoks.

Cuaca hangat di luar musimnya membantu menarik kerumunan orang untuk perayaan di luar ruangan, dengan para perenang bersaing satu sama lain untuk menangkap salib apung yang dilemparkan oleh para pastor ke laut, sungai, atau danau.

Berhasil mengambil kembali salib diyakini akan memberikan berkah khusus bagi orang yang mengambilnya.

Pada tahun 2021, perayaan sangat dipengaruhi oleh pembatasan yang diberlakukan sebagai akibat dari pandemi virus corona. Tahun lalu, perayaan dibatalkan atau dikurangi di banyak bagian Yunani karena negara itu berjuang dengan lonjakan besar infeksi COVID-19.

Di pelabuhan Piraeus, sebuah salib secara tradisional dilemparkan tiga kali, untuk menampung kerumunan perenang yang sangat banyak.

Di Thessaloniki, kota terbesar kedua di Yunani, pria yang mengambil kembali salib tersebut mengatakan kepada media bahwa dia telah berusaha melakukannya sejak tahun 1996, dan hanya absen dua kali. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home