Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 14:06 WIB | Senin, 12 Desember 2022

Ukraina Awasai Gereja Ortodoks, Diduga Ada Yang Pro Rusia

Para pendeta menyampaikan kebaktian di dalam Katedral Transfigurasi Yesus Ortodoks selama pemadaman listrik yang disebabkan oleh serangan roket Rusia baru-baru ini, di Kiev, Ukraina, Sabtu, 3 Desember 2022. Seorang pendeta Ortodoks terkemuka di ibu kota Ukraina mengatakan dia mendukung upaya pemerintah Presiden Volodymyr Zelenskyy dan badan kontra-intelijen untuk mengakhiri mata-mata Rusia dan campur tangan dalam politik Ukraina melalui gereja yang berafiliasi dengan Moskow. (Foto: AP/Efrem Lukatsky)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Setelah menggeledah tempat-tempat suci milik gereja Ortodoks yang bersejarah di Ukraina, badan keamanan negara itu memposting foto-foto bukti yang ditemukannya, ini  termasuk uang rubel, paspor Rusia, dan selebaran dengan pesan dari patriark gereja Ortodok di Moskow.

Pendukung dan pencela gereja memperdebatkan apakah barang-barang semacam itu tidak berbahaya, atau meningkatkan kecurigaan bahwa gereja adalah sarang propaganda pro Rusia dan pengumpulan intelijen.

Apa yang tidak ambigu adalah foto-foto lain yang dibagikan oleh agensi, yang dikenal sebagai SBU, diposting baru-baru ini pada hari Rabu, beberapa menunjukkan seorang perwira bersenjata Ukraina berdiri di luar gedung gereja, yang lain menunjukkan petugas berkamuflase yang menginterogasi pendeta dengan janggut panjang dan jubah.

Mereka menggambarkan tekanan yang meningkat yang diberikan pemerintah Ukraina terhadap Gereja Ortodoks Ukraina, dengan ikatannya yang telah berlangsung berabad-abad dengan Moskow, ketika invasi Rusia yang brutal memasuki bulan ke-10 perang yang memiliki dimensi agama sejak awal.

Pengawasan pada Gereja

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, pada hari Jumat (9/12) mengumumkan langkah-langkah yang terutama menargetkan Gereja Ortodoks Ukraina (UOC), yang merupakan salah satu dari dua gereja Ortodoks utama di Ukraina setelah perpecahan tahun 2019.

Meskipun UOC mendeklarasikan kemerdekaan dari Moskow pada bulan Mei, deklarasi semacam itu lebih mudah diucapkan daripada dicapai di tengah kompleksitas Kekristenan Ortodoks Timur. Selain itu, banyak orang Ukraina tidak percaya itu benar-benar bebas dari Moskow.

Zelenskyy menyerukan undang-undang yang akan melarang "organisasi keagamaan yang berafiliasi dengan pusat pengaruh di Federasi Rusia untuk beroperasi di Ukraina."

Dia juga menginginkan tinjauan tentang hubungan "kanonik" antara UOC dan Patriarkat Moskow, pusat Gereja Ortodoks Rusia, dan status biara Pechersk-Lavra berusia ribuan tahun yang dihormati di Kiev, sekarang milik pemerintah tetapi sebagian besar digunakan oleh Gereja Ortodoks Ukraina.

Pemerintah juga memberikan sanksi kepada kepala biaranya, seorang pendeta kaya lainnya dan beberapa uskup di Rusia atau bagian Ukraina yang dikuasai Rusia.

“Kami akan memastikan, khususnya, kemandirian spiritual,” kata Zelenskyy. "Kami tidak akan pernah membiarkan siapa pun membangun kerajaan di dalam jiwa orang Ukraina."

Masalahnya sedang menguji apakah republik muda ini dapat bertahan dari serangan Rusia, dan sebagai negara pluralistik yang menghormati kebebasan hati nurani. Ini juga meningkatkan pertaruhan karena dua gereja Ortodoks bersaing untuk loyalitas mayoritas penduduk Ortodoks pada bangsa dan gereja.

Pro Kontra di Internal UOC

Para pemimpin terkemuka Gereja Ortodoks Ukraina mengatakan mereka dengan setia mendukung Ukraina sejak awal perang dan bahwa tindakan keras pemerintah hanya akan memberikan kudeta propaganda kepada Rusia, yang mengaku membela Ortodoks Ukraina dari penganiayaan.

“Ini adalah bunuh diri nasional ketika mereka memfitnah dan mencoba untuk 'melarang' bagian dari bangsanya sendiri,” kata Pendeta Mykolay Danylevich, yang sering menjabat sebagai juru bicara Gereja Ortodoks Ukraina.

Tetapi seorang uskup di Gereja Ortodoks Ukraina, gereja saingan dengan nama yang sama, yang tidak memiliki hubungan dengan Moskow, mendukung tindakan Zelensky.

“Mungkin sulit secara psikologis bahwa ini terjadi sekarang di biara dan kuil,” kata Metropolitan Oleksandr dari Katedral Transfigurasi Yesus Ortodoks di Kiev. Dia berbicara kepada The Associated Press dengan cahaya lilin saat potret para penatua gereja terlihat, di tengah pemadaman listrik yang terkendali.

“Tapi saya pikir lebih baik ada pencarian pada beberapa orang yang membantu mengarahkan misil musuh.”

Pemerintahan Biden mengatakan mendukung pembelaan diri Ukraina sambil mengharapkannya mematuhi hukum internasional tentang perlindungan kebebasan beragama.

Perpecahan Gereja Ortodoks Rusia dan Ukraina

Gereja Ortodoks Ukraina telah setia kepada patriark Moskow sejak abad ke-17.

Pada tahun 2019, saingannya Gereja Ortodoks Ukraina menerima pengakuan dari Patriark Ekumenis Konstantinopel. Tetapi patriark Moskow dan kebanyakan patriark Ortodoks lainnya menolak untuk menerima penunjukan itu.

Invasi Rusia pada Februari menggarisbawahi aliansi antara Presiden Vladimir Putin dan Patriarch Kirill di Moskow, yang mengatakan Rusia membela Ukraina dari liberalisme Barat dan "parade gay"-nya.

Sejak awal, Gereja Ortodoks Ukraina (UOC) mengecam invasi dan pembenaran semacam itu, dan mendukung Ukraina. Pada bulan Mei, gereja mendeklarasikan “swasembada dan kemandirian” dari Moskow.

Meskipun kedengarannya pasti, gereja tidak menyatakan dirinya "autocephalous", standar emas kemerdekaan Ortodoks. Itu sebagian untuk mempertahankan hubungan dengan gereja Ortodoks negara lain yang tidak menyetujui status seperti itu.

UOC benar-benar memberi Moskow sikap dingin dalam liturgi dengan membatalkan Kirill sebagai pemimpinnya dalam ibadah umum dan memberkati minyak sakramentalnya sendiri daripada menggunakan pasokan dari Moskow.

Tindakan ini mewakili "sebuah langkah besar" di dunia Gereja Ortodoks, bahkan jika mereka tampak misterius, kata Elizabeth Prodromou, seorang rekan untuk Pusat Eurasia Dewan Atlantik.

Meski begitu, beberapa orang melihat Gereja Ortodoks Ukraina masih selaras dengan Moskow dan konsep “dunia Rusia” tentang kesatuan politik dan spiritual Rusia, Ukraina, dan Belarusia.

“Apa yang orang-orang inginkan adalah gereja memperjelas siapa mereka, untuk siapa mereka,” kata Archimandrite Cyril Hovorun, penduduk asli Ukraina dan profesor eklesiologi, hubungan internasional dan ekumenisme di Sankt Ignatios College, University College Stockholm.

Materi Pro Rusia di Gereja

Layanan kontra intelijen Ukraina, yang dikenal sebagai SBU, menggeledah kompleks Pechersk Lavra bulan lalu, mengutip sebuah insiden di mana "lagu-lagu yang memuji 'dunia Rusia' dinyanyikan."

SBU mengatakan pihaknya mencari 350 situs keagamaan di seluruh Ukraina bulan lalu dan lebih banyak lagi pekan ini. Itu menuduh pencarian menghasilkan materi pro Rusia, dan menuduh seorang uskup mengirim pesan pro Rusia. Pada hari Rabu, dilaporkan bahwa seorang pendeta UOC dari Lysychansk dijatuhi hukuman 12 tahun karena memberi tahu penjajah Rusia tentang posisi pasukan Ukraina.

Sementara bukti menunjukkan beberapa di dalam UOC tetap pro Moskow, gereja juga secara terbuka tidak setuju dengan posisi Kirill, kata Prodromou.

Setiap tindakan penegakan harus transparan dan menghormati kebebasan beragama yang dijamin dalam konstitusi Ukraina, kata Prodromou, mantan wakil ketua Komisi AS untuk Kebebasan Beragama Internasional.

Bahkan jika ada elemen pro Rusia di gereja, “masih menimbulkan pertanyaan tentang apa yang harus dilakukan dan apakah ini merupakan langkah bijaksana oleh pemerintah Ukraina,” katanya, mencatat bahwa di Ukraina yang majemuk, pengurangan kebebasan beragama untuk satu kelompok akan mengkhawatirkan orang lain.

“Ini bukan hanya pertanyaan Ortodoks. Komunitas lain akan menonton: Protestan, Katolik Yunani, Yahudi, Muslim” serta OCU.

UOC diperebutkan oleh semua pihak, mulai dari orang Rusia yang mengklaim gereja tersebut sebagai milik mereka hingga orang Ukraina yang melihat OCU sebagai gereja sejati Ukraina, kata John Burgess, seorang profesor Seminari Teologi Pittsburgh dan penulis “Holy Rus': The Rebirth of Orthodoxy in Rusia Baru.”

Zelenskyy, juga, berada dalam posisi yang sulit, Burgess berkata: "Ada sentimen anti Rusia yang sedemikian rupa sehingga (dengan) apa pun yang dapat dinodai sebagai pro Rusia, dia mendapat banyak tekanan untuk melakukan sesuatu tentang hal itu."

Tetapi Prodromou mengatakan memperlakukan seluruh UOC sebagai tidak setia “akan menjadi kesalahan berdasarkan bukti empiris dan juga tidak hati-hati karena akan merusak kemungkinan rekonsiliasi penuh” antara kedua gereja Ortodoks. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home