Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 10:06 WIB | Kamis, 24 Februari 2022

WHO Bangun Pusat Pelatihan Pembuatan Vaksin COVID-19

Indonesia termasuk negara tambahan untuk menerima transfer pengetahuan pembuatan vaksin COVID-19 mRNA.
Vaksin COVID-19 mRNA. (Foto ilustrasi: dok. Ist)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membangun pusat pelatihan global untuk membantu negara-negara miskin membuat vaksin, antibodi, dan perawatan kanker menggunakan teknologi messenger RNA yang telah berhasil digunakan untuk membuat vaksin COVID-19.

Pada konferensi pers di Jenewa pada hari Rabu (23/2), Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan hub baru akan berada di Korea Selatan dan akan berbagi teknologi mRNA yang sedang dikembangkan oleh WHO dan mitra di Afrika Selatan, tempat para ilmuwan bekerja untuk menciptakan kembali vaksin COVID-19 yang dibuat oleh Moderna Inc. Upaya itu berlangsung tanpa bantuan Moderna.

“Vaksin telah membantu mengubah arah pandemi COVID-19 tetapi kemenangan ilmiah ini telah dirusak oleh ketidakadilan yang luas dalam akses ke alat-alat yang menyelamatkan jiwa ini,” kata Tedros.

Ini adalah pertama kalinya WHO mendukung upaya tidak lazim seperti itu untuk merekayasa balik vaksin yang dijual secara komersial, mengakhiri industri farmasi, yang sebagian besar memprioritaskan memasok negara-negara kaya ketimbang negara miskin dalam penjualan dan manufaktur.

Baik Moderna dan Pfizer-BioNTech, pembuat dua vaksin mRNA COVID-19 resmi, telah menolak untuk membagikan resep vaksin atau pengetahuan teknologi mereka dengan WHO dan mitranya.

WHO mengatakan teknologi bersama diharapkan tidak hanya menghasilkan vaksin virus corona, tetapi juga berguna dalam membuat antibodi, insulin, dan perawatan untuk penyakit termasuk malaria dan kanker.

Kepala ilmuwan WHO, Dr. Soumya Swaminathan, memperkirakan bahwa upaya untuk membuat ulang vaksin Moderna mungkin tidak akan menghasilkan suntikan yang dapat digunakan sampai akhir tahun depan atau bahkan 2024, tetapi mengatakan bahwa waktu dapat dipersingkat jika produsen setuju untuk membantu.

Kesenjangan global dalam akses ke vaksin COVID-19 sangat besar. Afrika saat ini hanya memproduksi 1% dari vaksin COVID-19 dunia dan hanya sekitar 11% dari populasinya yang diimunisasi. Sebaliknya, negara Eropa seperti Portugal telah memiliki 84% penduduknya yang divaksinasi lengkap, dan lebih dari 59% penduduknya juga telah mendapat suntikan vaksin.

Pekan lalu, WHO mengatakan enam negara Afrika, Mesir, Kenya, Nigeria, Senegal, Afrika Selatan, dan Tunisia, akan menerima pengetahuan dan pengetahuan teknologi untuk membuat vaksin mRNA COVID-19. Tedros mengatakan bahwa lima negara lagi sekarang akan menerima dukungan dari hub Afrika Selatan: Bangladesh, Indonesia, Pakistan, Serbia dan Vietnam.

Awal tahun ini, perusahaan Cape Town yang mencoba mereplikasi vaksin COVID-19 Moderna Inc. mengatakan telah berhasil membuat kandidat vaksin yang akan segera memulai pengujian laboratorium.

Para ilmuwan yang mencoba membuat vaksin Moderna mengatakan ada lebih banyak informasi tentang suntikan itu di domain publik dan diyakini sedikit lebih mudah dibuat daripada yang dibuat oleh Pfizer-BioNTech.

Zain Rizvi, direktur penelitian di kelompok advokasi Public Citizen, menyambut baik berita tersebut, dengan mengatakan bahwa upaya WHO akan mengatasi permintaan global yang sangat besar untuk vaksin mRNA, yang telah terbukti paling efektif dalam mengekang COVID-19.

“(WHO) sangat kontras dengan kegagalan Moderna dan Pfizer di dunia yang sebagian besar menimbun teknologi,” kata Rizvi. “WHO sedang memetakan jalur alternatif yang lebih terbuka dan transparan. Tapi itu masih membutuhkan bantuan.”

Rizvi meminta pemerintahan Amerika Serikat, Joe Biden, khususnya untuk menekan perusahaan farmasi internasional untuk membagikan resep dan pengetahuan vaksin COVID-19 mereka. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home