Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 08:52 WIB | Jumat, 12 Februari 2021

WHO Ingatkan Eropa Tentang “Rasa Aman Palsu”

Eropa menunjukkan catatan penurunan jumlah harian terinfeksi COVID-19 dan angka kematian.
Pemberian vaksin COVID-19 di Eropa. (Foto: dok Reuters)

COPENHAGEN, SATUHARAPAN.COM-Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan tentang "rasa aman palsu" di Eropa, dengan mengatakan bahwa sebagian besar negara di benua itu masih rentan meskipun jumlah kasus COVID-19 menurun.

Direktur WHO Eropa, Hans Kluge, mengatakan pada konferensi pers bahwa "penurunan kasus menyembunyikan peningkatan jumlah wabah dan penyebaran komunitas yang melibatkan varian yang menjadi perhatian."

Lebih dari satu juta kasus terdaftar setiap pekan di 53 negara anggota WHO di kawasan Eropa, sebuah badan PBB, yang mencakup beberapa negara di Asia Tengah.

Tetapi jumlah kasus yang dilaporkan telah menurun selama empat pekan terakhir dan kematian juga telah menurun selama dua dua terakhir. "Pada titik ini, sebagian besar negara Eropa tetap rentan," kata Kluge, menambahkan bahwa sampai sekarang ada "garis tipis antara harapan akan vaksin dan rasa aman yang palsu."

Jumlah dosis vaksin yang diberikan di Eropa saat ini mencapai 41 juta, lebih besar dari sekitar 36 juta kasus yang tercatat sejak dimulainya pandemi.

Menurut data dari 29 dari 37 negara yang telah memulai vaksinasi, 7,8 juta telah menerima kedua dosis vaksin tersebut, kata Kluge. Dia memperingatkan bahwa jumlah tersebut hanya menyumbang 1,5 persen dari populasi di negara-negara tersebut.

Keadilan Vaksin

“Vaksin itu penting, tapi sampai sekarang, vaksin itu tidak cukup untuk mengendalikan pandemi,” kata Kluge. Direktur regional WHO itu memperingatkan terhadap "keputusan gegabah" bagi negara-negara yang mempertimbangkan pelonggaran pembatasan.

“Berkali-kali kami melihat negara-negara dibuka kembali terlalu cepat dan kehilangan keuntungan yang diperoleh dengan susah payah,” kata Kluge.

Dengan munculnya varian baru, vaksinasi juga dapat dilemahkan jika virus dibiarkan beredar, berpotensi menyebabkan mutasi yang dapat mempengaruhi kemanjuran vaksin. “Kecuali kita menghentikan penularan sekarang, manfaat yang diharapkan dari vaksinasi dalam mengendalikan pandemi ini mungkin tidak terbukti,” kata Kluge.

Direktur WHO juga menegaskan kembali seruan untuk distribusi vaksin yang adil untuk menjangkau negara-negara miskin, keduanya menyebutnya sebagai “keharusan moral,” tetapi juga sebagai cara untuk mengurangi risiko.

“Akses yang tidak adil terhadap vaksin, bisa menjadi bumerang. Semakin lama virus bertahan, semakin besar risiko mutasi berbahaya,” kata Kluge.

Di seluruh kawasan WHO Eropa, 38 negara telah mencatat kasus terkait varian yang pertama kali ditemukan di Inggris dan 19 negara telah mencatat kasus dari varian yang ditemukan di Afrika Selatan. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home