Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:24 WIB | Jumat, 13 Oktober 2017

WHO: Jumlah Anak dan Remaja Obesitas Naik 10 Kali Lipat

Ilustrasi penelitian Imperial College London dan WHO menunjukkan, jumlah anak-anak dan remaja yang mengalami obesitas meningkat sepuluh kali lipat di seluruh dunia hanya dalam waktu 40 tahun. (Foto: who.int)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM – Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Imperial College London dan  Badan Kesehatan Dunia  atau WHO, telah menunjukkan, jumlah anak-anak dan remaja yang mengalami obesitas meningkat sepuluh kali lipat di seluruh dunia hanya dalam waktu 40 tahun.

Penelitian ini dipublikasikan di The Lancet ini pada Rabu (11/10) yang dilansir situs who.int ini, menganalisis pengukuran berat dan tinggi dari hampir 130 juta orang berusia di atas lima tahun (31,5 juta orang berusia lima sampai 19 tahun, dan 97,4 juta berusia 20 dan lebih tua), menjadikannya jumlah partisipan terbesar yang pernah terlibat dalam studi epidemiologi. Lebih dari 1000 kontributor berpartisipasi dalam penelitian ini, yang melihat indeks massa tubuh (BMI) dan bagaimana obesitas telah berubah di seluruh dunia dari tahun 1975 sampai 2016.

Tingkat obesitas di anak-anak dan remaja di dunia, meningkat dari kurang dari 1 persen  (setara dengan lima juta anak perempuan dan enam juta anak laki-laki) pada tahun 1975, menjadi hampir 6 persen pada anak perempuan (50 juta) dan hampir 8 persen pada anak laki-laki (74 juta) pada tahun 2016.

Gabungan, jumlah anak gemuk berusia lima sampai 19 tahun, meningkat lebih dari sepuluh kali lipat secara global, dari 11 juta di tahun 1975 menjadi 124 juta pada tahun 2016. Tambahan 213 juta kelebihan berat badan pada tahun 2016 namun turun di bawah ambang batas obesitas.

Perubahan paling dramatis telah terjadi di negara-negara berpenghasilan menengah di kawasan seperti Asia Timur, Timur Tengah dan Afrika Utara, dan Amerika Latin. Penulis utama, Profesor Majid Ezzati dari Imperial College London terkejut dengan kecepatan perubahan itu.

"Tempat-tempat yang beberapa dekade lalu mungkin hanya ada sedikit kasus obesitas, dan cukup banyak jumlah anak dengan berat badan kurang jumlah anak-anak dengan berat badan yang memadai, tiba-tiba sudah hampir mengalami epidemi," katanya.

Di negara berpenghasilan lebih tinggi, tingkat obesitas anak-anak sudah tidak berubah, namun tetap tinggi. Dalam kelompok pendapatan tersebut, Amerika Serikat memiliki tingkat obesitas tertinggi.

Ia mengatakan, epidemi obesitas global adalah hasil dari pemasaran makanan dan pembuatan kebijakan yang buruk di seluruh dunia.

Obesitas adalah penyebab utama banyak penyakit di kemudian hari, termasuk penyakit jantung, stroke, diabetes dan beberapa jenis kanker. Tapi Ezzati mengatakan itu juga memiliki dampak besar di masa kanak-kanak.

"Ini terkait dengan stigma, jadi konsekuensi psiko-sosial untuk anak-anak. Ada beberapa bukti bahwa hal itu benar-benar mempengaruhi hasil pendidikan bagi anak-anak."

Penelitian ini juga melihat jumlah anak-anak dengan berat badan kurang, yang masih merupakan tantangan kesehatan utama di bagian paling miskin di dunia. India memiliki prevalensi tertinggi kaum muda dengan berat badan moderat dan sangat kurus selama empat dekade.

Ezzati mengatakan, bahwa jika tren pasca-2000 berlanjut, tingkat obesitas anak dan remaja di seluruh dunia akan melampaui jumlah kaum muda yang sedang dan sangat kurus, dari kelompok usia yang sama pada tahun 2022. Pada tahun 2016, jumlah anak perempuan dan anak laki-laki dengan berat badan sedang atau sangat kurus adalah Masing 75 juta dan 117 juta.

Meskipun demikian, sejumlah besar anak-anak dan remaja yang kurang gizi dan berat badan pada tahun 2016 (75 juta anak perempuan dan 117 juta anak laki-laki), masih merupakan tantangan kesehatan masyarakat yang utama, terutama di bagian paling miskin di dunia. Hal ini mencerminkan ancaman yang ditimbulkan oleh kekurangan gizi dalam segala bentuknya, dengan adanya anak-anak dengan berat badan berlebih dan kelebihan berat badan yang tinggal di komunitas yang sama.

"Kami benar-benar perlu menangani dua isu sekaligus. Jadi kita tidak bisa menunggu untuk mengatasi masalah kekurangan gizi, dan baru kemudian khawatir kelebihan berat badan dan obesitas. Transisi terjadi sangat cepat dan keduanya adalah bentuk malnutrisi yang berbeda," kata Ezzati.

Anak-anak dan remaja, telah beralih dengan cepat dari kebanyakan orang dengan berat badan kurang hingga yang kelebihan berat badan di banyak negara berpenghasilan menengah, termasuk di Asia Timur, Amerika Latin dan Karibia. Ia mengatakan, hal ini dapat mencerminkan peningkatan konsumsi makanan padat energi, terutama karbohidrat olahan tinggi, yang menyebabkan penambahan berat badan dan hasil kesehatan seumur hidup yang buruk.

Dr Fiona Bull, koordinator program untuk surveilans dan pencegahan penyakit nonkomunik (NCD) di WHO, mengatakan: "Data ini menyoroti, mengingatkan dan memperkuat bahwa kelebihan berat badan dan obesitas, adalah krisis kesehatan global saat ini, dan mengancam akan memburuk di tahun-tahun depan. kecuali jika kita mulai melakukan tindakan drastis. "

Sehubungan dengan dirilisnya perkiraan obesitas baru, WHO menerbitkan ringkasan Rencana Pelaksanaan Kegemukan Masa Depan (ECHO). Rencana tersebut memberi negara panduan yang jelas mengenai tindakan efektif untuk mengendalikan obesitas masa kecil dan remaja. WHO juga telah merilis panduan yang meminta petugas kesehatan garis depan untuk secara aktif mengidentifikasi dan mengelola anak-anak yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Dr Bull menambahkan, “WHO mendorong negara-negara untuk menerapkan upaya untuk mengatasi lingkungan yang saat ini meningkatkan kesempatan anak-anak kita terhadap obesitas. Negara harus bertujuan terutama untuk mengurangi konsumsi makanan padat, ultra olahan, padat kalori, makanan bergizi buruk. Mereka juga harus mengurangi waktu yang dihabiskan anak-anak di depan komputer dan aktivitas santai, dengan mempromosikan aktivitas fisik melalui rekreasi dan olahraga aktif. “ 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home