Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 14:18 WIB | Selasa, 01 Juli 2014

Wisatawan ke Beijing Turun 10 Persen Akibat Polusi Udara

Polusi udara di Beijing. (Foto: Ist)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM - Jumlah wisatawan asing yang mengunjungi ibu kota Tiongkok, Beijing, turun 10 persen tahun lalu dibandingkan dengan 2012. Demikian dilaporkan media pemerintah, dan polusi udara di negara itu dinilai sebagai penyebabnya.

Jumlah wisatawan asing tiba di Beijing selama 2013 adalah 4,5 juta, kantor berita resmi  Xinhua mengatakan Senin (30/6) malam, mengutip statistik resmi dari pemerintah.

China Daily melaporkan tahun lalu bahwa wisatawan telah menurun selama paruh pertama tahun 2013. Penurunan tersebut pertama ibu kota – di mana terdapat pemandangan kelas dunia seperti Kota Terlarang dan Tembok Besar, dan penurunan  telah terlihat sejak 2008.

"Cuaca berkabut" memberikan kontribusi terhadap penurunan wisatawan seiring dengan ekonomi global yang lesu, kata Xinhua mengutip  Asosiasi Pariwisata Beijing.

Penurunan terjadi meski kebijakan baru yang memungkinkan wisatawan dari 45 negara untuk perjalanan di kota selama 72 jam bebas visa, yang diperkenalkan tahun lalu.

Beijing secara teratur menghadapi polusi udara yang berbahaya, dan tingkat  pencemaran partikel meningkat menjadi hampir 40 kali menurut standar  Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)selama tahun lalu yang polusinya paling berat dan telah mengundang perhatian dunia. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home