Loading...
INDONESIA
Penulis: Francisca Christy Rosana 05:20 WIB | Selasa, 27 Oktober 2015

Yura Yunita: Pemuda Harus Bawa Energi Positif

Yura Yunita saat menyanyikan lagu Desaku di Auditorium Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Sabtu (26/9). (Foto: Dok. satuharapan.com/ Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Musikus asal Bandung, Yura Yunita, berpendapat pemuda harus bertanggung jawab membawa energi positif. Menurut dia, semangat persatuan kini muncul dengan semangat kedaerahan yang dibawa di atas panggung.

“Banyak anak muda yang semakin kreatif dan semakin mandiri. Musikus muda sekarang banyak bermunculan. Mereka mulai membawakan lagu-lagu daerah. Dengan hal-hal kecil seperti menyanyikan lagu daerah, ini membawa spirit kepemudaan,” ujar Yura kepada satuharapan.com di Auditorium Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, akhir September lalu.

Namun, lagu-lagu daerah yang dibawakan tak lantas mengotak-kotakkan musikus dalam isu-isu etnosentris yang sensitif. Lagu daerah justru menyatukan anak muda dari berbagai daerah untuk saling mencintai kekayaan daerahnya. Sudah bukan saatnya, semangat kedaerahan menciptakan atmosfer yang buruk.

Atmosfer kedaerahan lebur dalam semangat persatuan yang dijunjung dalam satu panggung. Semangat inilah, ujar Yura, yang harus terus menjadi tanggung jawab generasi muda untuk dipertahankan. 

“Pemuda harus bertanggung jawab membawa energi positif. Masa depan negara kita di mana lagi kala bukan di pundak para pemuda. Namun, ruang gerak energi positif pemuda juga harus difasilitasi negara. Pemerintah harus banyak buka ruang diskusi untuk anak muda,” ucap dia.

Generasi muda, patut diakui, memang menjadi pewaris. Semangat pemuda membangun bangsa di generasinya akan berpengaruh bagi pembangunan masif berbagai sektor di masa depan. Bung Karno, dalam pidatonya, mengatakan,” beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.”

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home