Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:37 WIB | Rabu, 06 April 2022

Zelenskyy tentang Invasi Rusia: PBB Harus Bertindak Segera, atau Bubarkan Saja

Zelenskyy tentang Invasi Rusia: PBB Harus Bertindak Segera, atau Bubarkan Saja
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, berpidato di depan Dewan Keamanan PBB melalui tautan video pada 5 April 2022 di New York City. (Foto-foto: AFP)
Zelenskyy tentang Invasi Rusia: PBB Harus Bertindak Segera, atau Bubarkan Saja
Mayat terlihat di kuburan massal di Bucha, barat laut ibukota Ukraina Kiev pada 4 April 2022.

PBB, SATUHARAPAN.COM-Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, menantang Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk "bertindak segera" atau "membubarkan diri sama sekali" selama pidato pedas di mana ia menunjukkan video mengerikan mayat-mayat, termasuk anak-anak, yang katanya adalah korban kekejaman Rusia.

Menyamakan tindakan Rusia di kota-kota Ukraina seperti Bucha dengan kekerasan yang dilakukan oleh “teroris” seperti ISIS, Zelenskyy meminta Dewan Keamanan PBB yang beranggotakan 15 orang, yang bertujuan untuk memastikan perdamaian dan keamanan internasional, untuk mengusir Rusia “sehingga tidak dapat menghalangi keputusan tentang tindakan agresinya sendiri, perangnya sendiri.”

Rusia, sebagai salah satu dari lima anggota tetap Dewan Keamanan, memiliki hak veto, yang telah berulang kali digunakan untuk memblokir resolusi dan negosiasi di panggung global.

“Jika tidak ada alternatif dan tidak ada pilihan, maka opsi selanjutnya akan membubarkan diri Anda sama sekali,” lanjut Zelenskyy.

Perserikatan Bangsa-bangsa bisa "ditutup begitu saja," katanya. “Tuan-tuan dan nyonya-nyonya, apakah Anda siap untuk menutup PBB? Dan waktu hukum internasional hilang? Jika jawaban Anda tidak, maka Anda harus segera bertindak.”

Membiarkan jenggotnya tumbuh dan mengenakan kaus hijau militer yang sekarang menjadi ciri khasnya, Zelensyky memberikan gambaran mengerikan tentang kekejaman yang katanya dilakukan oleh pasukan Rusia terhadap warga sipil di Bucha, sebuah kota di luar ibu kota Ukraina, Kiev, dan menayangkan video grafis yang menunjukkan mayat , termasuk beberapa anak.

“Mereka dibunuh di apartemen, rumah, meledakkan granat, warga sipil dihancurkan oleh tank sambil duduk di mobil mereka di tengah jalan, hanya untuk kesenangan mereka. Mereka memotong anggota badan... menggorok leher mereka,” katanya.

“Perempuan diperkosa dan dibunuh di depan anak-anak mereka, lidah mereka dicabut hanya karena para penyerang tidak mendengar apa yang ingin mereka dengar dari mereka.”

“Jadi ini tidak berbeda dengan teroris lain seperti (ISIS) yang menduduki beberapa wilayah, dan di sini dilakukan oleh anggota Dewan Keamanan PBB,” katanya.

“Akuntabilitas harusnya tak terelakkan,” katanya, seraya menambahkan bahwa “ratusan ribu” warga Ukraina juga telah dideportasi ke Rusia.

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, membuka pertemuan dengan memperingatkan dampak global dari konflik, dengan melonjaknya harga makanan, energi dan pupuk yang mempengaruhi hingga 1,2 miliar orang di 74 negara.

"Perang di Ukraina harus berhenti, sekarang," kata Guterres kepada Dewan, setelah menyebutnya "salah satu tantangan terbesar yang pernah ada bagi tatanan internasional."

“Kami membutuhkan negosiasi serius untuk perdamaian, berdasarkan prinsip-prinsip Piagam PBB,” katanya.

Kepala Badan kemanusiaan PBB, Martin Griffiths, juga akan memperbarui informasi badan tersebut setelah kunjungannya baru-baru ini ke Moskow. Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari, memicu kemarahan di seluruh dunia dan menggusur jutaan warga Ukraina. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home