Loading...
EKONOMI
Penulis: Reporter Satuharapan 18:25 WIB | Selasa, 07 Februari 2017

189 Negara Hadiri Pertemuan IMF-WB di Bali

ilustrasi, Kantor IMF (Foto Dok Satuharapan.com)

NUSA DUA, BALI, SATUHARAPAN.COM - Sebanyak 189 negara dijadwalkan menghadiri pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia yang rencananya digelar pada Oktober 2018 di Nusa Dua, Bali.

"Pertemuan ini diperkirakan dihadiri lebih dari 13 ribu peserta," kata Ketua Satuan Tugas Bank Indonesia untuk pertemuan IMF-World Bank 2018 Peter Jacobs saat menghadiri rapat persiapan di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Selasa.

Menurut dia, belasan ribu perserta tersebut terdiri dari delegasi, staf dari berbagai lembaga nasional dan internasional, instansi swasta, institusi pemerintah, akademisi dan instansi terkait lainnya termasuk organisasi kepemudaan.

Pertemuan tersebut menjadi salah satu pertemuan terbesar di Indonesia yang akan dihiasi sekitar 600 pertemuan selama berlangsungnya agenda internasional tersebut.

Pertunjukkan budaya khas Bali juga tidak ketinggalan menjamu para delegasi.

Peter lebih lanjut menjelaskan tema yang akan dibahas masih tentative dengan mempertimbangkan perkembangan terkini.

Namun pembahasan tidak akan jauh dari risiko perkembangan kondisi ekonomi global seperti kebijakan fiskal dan keuangan, perkembangan ekonomi negara berkembang dan bertumbuh, pemenuhan lapangan pekerjaan, kesetaraan gender, perubahan iklim.

Peter mengatakan terpilihnya Bali sebagai tuan rumah karena Pulau Dewata telah berpengalaman menjadi tempat berlangsung pertemuan internasional berskala besar dengan didukung infrastruktur yang memadai.

Indonesia, lanjut dia, sebelumnya mengajukan proposal menjadi tuan rumah bersaing dengan sejumlah negara lainnya di dunia hingga akhirnya terpilih Bali sebagai tempat pelaksanaan ajang bergengsi para ekonom dunia tersebut.

"Mereka telah datang ke Bali untuk meninjau lokasi dan mereka sangat terkesan," ucapnya.(Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home