Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:49 WIB | Senin, 29 April 2024

Deforestasi di Indonesia Meningkat Tajam Tahun Lalu, Meskipun Ada Tren Baik

Tahun 2023, Indonesia kehilangan 27% hutan primer, namun para analis sumber daya alam melihat adanya tren yang lebih baik secara keseluruhan.
Deforestasi di Indonesia Meningkat Tajam Tahun Lalu, Meskipun Ada Tren Baik
Bukit yang ditebangi pepohonannya untuk dijadikan perkebunan jagung terlihat di Polewali Mandar, Sulawesi Selatan, Indonesia, hari Sabtu, 20 April 2024. (Foto: dok. AP/Yusuf Wahil)
Deforestasi di Indonesia Meningkat Tajam Tahun Lalu, Meskipun Ada Tren Baik
Antara tahun 2002 dan 2023, negara ini kehilangan 11% hutan primernya – yaitu hutan alam dewasa yang belum tersentuh dalam beberapa tahun terakhir. (AP)
Deforestasi di Indonesia Meningkat Tajam Tahun Lalu, Meskipun Ada Tren Baik
Seorang pria menggunakan sepeda motor untuk mengangkut buah sawit di perkebunan di Polewali Mandar, Sulawesi Selatan, Indonesia, Minggu, 21 April 2024. (Foto: dok. AP/Yusuf Wahil)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Mulai dari penebangan pohon di taman nasional yang dilindungi hingga pembukaan hutan besar-besaran untuk perkebunan kelapa sawit dan kertas, Indonesia mengalami peningkatan kehilangan hutan primer sebesar 27% pada tahun 2023 dibandingkan tahun sebelumnya, menurut analisis data deforestasi World Resources Institute (WRI). Namun kerugian tersebut masih dianggap rendah dibandingkan tahun 2010-an, katanya.

“Deforestasi telah menurun sejak sekitar enam tahun yang lalu, ketika tingkat deforestasi mencapai puncaknya,” kata Rod Taylor, direktur global program kehutanan di WRI. “Ini kabar baik dan terpuji bagi Indonesia.”

Namun pihak lain melihat adanya kekhawatiran atas peningkatan tersebut, dan menghubungkan deforestasi yang baru-baru ini terjadi dengan selera dunia untuk menambang nikel dalam jumlah besar di Indonesia, yang sangat penting bagi transisi energi ramah lingkungan.

Data terbaru dari laboratorium Analisis dan Penemuan Tanah Global Universitas Maryland dibagikan di Global Forest Watch – sebuah platform yang dijalankan oleh WRI yang menyediakan data, teknologi, dan alat untuk memantau hutan dunia.

Sebagai negara kepulauan tropis luas yang membentang di garis khatulistiwa, Indonesia adalah rumah bagi hutan hujan terbesar ketiga di dunia, dengan beragam satwa liar dan tumbuhan yang terancam punah, termasuk orangutan, gajah, dan bunga hutan raksasa. Beberapa tidak tinggal dan ditemukan di tempat lain.

Sejak tahun 1950, lebih dari 74 juta hektare (285.715 mil persegi) hutan hujan Indonesia – yang luasnya dua kali luas Jerman – telah ditebang, dibakar atau terdegradasi untuk pengembangan perkebunan kelapa sawit, kertas dan karet, pertambangan nikel dan komoditas lainnya, menurut Pengawasan Hutan Global. Indonesia adalah produsen minyak sawit terbesar, salah satu eksportir batu bara terbesar, dan produsen utama pulp hingga kertas. Negara ini juga mengekspor minyak dan gas, karet, timah dan sumber daya lainnya.

Perluasan perkebunan industri terjadi di beberapa lokasi yang berdekatan dengan perkebunan kelapa sawit dan pulp dan kertas yang ada di pulau tropis Kalimantan dan Papua Barat, menurut analisis tersebut.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia mengatakan perluasan tersebut terjadi pada konsesi yang diberikan sebelum pemerintahan saat ini menjabat pada tahun 2014.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia tidak menanggapi pertanyaan dan permintaan komentar yang dikirim oleh The Associated Press.

Data Global Forest Watch mengenai hilangnya hutan primer di Indonesia – yang merupakan hutan tua yang biasanya memiliki simpanan karbon tinggi dan kaya akan keanekaragaman hayati – lebih tinggi dibandingkan statistik resmi Indonesia. Hal ini karena sebagian besar hilangnya hutan primer di Indonesia, menurut analisis tersebut, berada di kawasan yang diklasifikasikan Indonesia sebagai hutan sekunder – kawasan yang sebagian besar telah beregenerasi melalui proses alami setelah aktivitas manusia seperti pembukaan lahan pertanian atau pemanenan kayu. Hutan sekunder biasanya memiliki kapasitas penyimpanan karbon yang lebih rendah dibandingkan hutan primer.

Deforestasi yang terkait dengan industri pertambangan terjadi di Sumatra, Sulawesi, Maluku dan Kalimantan, menurut analisis tersebut.

Indonesia memiliki cadangan nikel terbesar di dunia – bahan penting untuk kendaraan listrik, panel surya, dan barang-barang lain yang diperlukan untuk transisi energi ramah lingkungan. Dan sebagian dari deforestasi ini dapat dikaitkan langsung dengan perluasan industri nikel di Indonesia, kata Timer Manurung, direktur Auriga Nusantara, sebuah organisasi konservasi non pemerintah yang berbasis di Indonesia.

Manurung mengatakan tidak jelas secara pasti berapa banyak deforestasi di Indonesia yang disebabkan oleh pertambangan. Namun dia menyebutnya sebagai “pendorong yang signifikan,” dan mengatakan bahwa pesatnya perkembangan industri pertambangan dan nikel di negara ini – termasuk lebih dari 20 pabrik peleburan baru untuk memproses bijih nikel – “mengulangi kesalahan yang dilakukan oleh kelapa sawit dan kayu pulp di Indonesia” yaitu meningkatnya deforestasi.

Namun Taylor mencatat bahwa deforestasi yang dilakukan dalam skala besar tampaknya semakin menyusut dibandingkan masa lalu.

Pada tahun 2010-an terjadi ekspansi besar-besaran kelapa sawit, kayu, dan perkebunan skala besar di seluruh Indonesia. Penelitian dalam jurnal Nature Climate Change menemukan bahwa laju deforestasi meningkat dua kali lipat menjadi sekitar dua juta hektare per tahun selama tahun 2004-2014.

Pada tahun 2023, hilangnya hutan primer pada petak-petak yang luasnya lebih dari 100 hektare hanya menyumbang 15% dari total kehilangan, menurut analisis tersebut.

Taylor mengaitkan kurangnya lahan deforestasi skala besar dengan risiko reputasi yang dihadapi perusahaan jika mereka diketahui melakukan penebangan pohon. Dalam beberapa dekade terakhir, organisasi non pemerintah, konsumen dan pemerintah – termasuk Uni Eropa – telah mendorong perusahaan untuk meninggalkan praktik deforestasi.

Pada tahun 2018, Presiden Indonesia, Joko Widodo, membekukan izin baru perkebunan kelapa sawit selama tiga tahun. Dan laju deforestasi melambat antara tahun 2021-2022, menurut data pemerintah.

Namun hilangnya hutan primer dalam skala kecil masih terjadi di seluruh negeri, termasuk di beberapa kawasan lindung seperti Taman Nasional Tesso Nilo dan Suaka Margasatwa Rawa Singkil di Pulau Sumatera. Kedua wilayah tersebut merupakan rumah bagi spesies yang terancam punah satwa liar seperti harimau dan gajah.

El Nino yang lebih basah dari biasanya – yang biasanya menyebabkan lebih sedikit curah hujan dan suhu lebih tinggi yang dapat menyebabkan penyebaran kebakaran dengan cepat untuk membuka lahan untuk pertanian – berkontribusi pada musim kebakaran yang lebih tenang dari perkiraan, kata Taylor. Begitu pula investasi yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam kemampuan pencegahan kebakaran, serta upaya pemadaman kebakaran oleh masyarakat lokal.

Selama El Nino terakhir di Indonesia pada tahun 2015-2016, kebakaran yang sengaja dilakukan untuk membuka lahan pertanian dengan cepat menyebar dan menimbulkan kabut asap di seluruh Asia Tenggara. Beberapa provinsi di Indonesia menyatakan keadaan darurat, penyakit pernafasan meningkat dan ribuan masyarakat Indonesia harus meninggalkan rumah mereka.

“Kabar baiknya di Indonesia adalah tindakan pencegahan kebakaran kini jauh lebih canggih dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” kata Taylor. “Ini benar-benar membuat perbedaan.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home