Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:06 WIB | Selasa, 22 Desember 2020

2020 Tahun Paling Mematikan bagi Amerika Serikat

Seorang pasien yang meninggal berbaring di dalam kantong mayat di dalam unit penyakit virus corona (COVID-19) di United Memorial Medical Center ketika Amerika Serikat mendekati angka 300.000 kematian karena COVID-19, di Houston, Texas, AS, 12 Desember 2020. (Foto: dok. Reuters)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Tahun 2020 adalah tahun paling mematikan dalam sejarah Amerika Serikat, dengan kematian diperkirakan mencapai tiga juta untuk pertama kalinya, dan terutama akibat pandemi virus corona.

Data kematian akhir untuk tahun ini tidak akan tersedia selama berbulan-bulan. Tetapi angka awal menunjukkan bahwa Amerika Serikat berada di jalur untuk melihat kenyataan lebih dari 3,2 juta kematian tahun ini, atau setidaknya 400.000 lebih banyak daripada kematian pada tahun 2019.

Kematian AS meningkat hampir setiap tahun, sehingga diperkirakan terjadi peningkatan kematian tahunan. Tetapi angka tahun 2020 meningkat sekitar 15 persen, dan bisa lebih tinggi setelah semua kematian dari bulan ini dihitung.

Itu akan menandai lompatan persentase satu tahun terbesar sejak 1918, ketika puluhan ribu tentara AS tewas dalam Perang Dunia I dan ratusan ribu orang Amerika tewas dalam pandemi flu. Jumlah kematian naik 46 persen tahun itu, dibandingkan dengan 1917.

COVID-19 telah menewaskan lebih dari 318.000 orang Amerika dan terus bertambah. Tingkat kematian keseluruhan negara turun sedikit pada 2019, karena penurunan penyakit jantung dan kematian akibat kanker. Dan harapan hidup naik tipis, beberapa pecan, untuk tahun kedua berturut-turut, menurut data sertifikat kematian yang dirilis pada hari Selasa (22/12) oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Tetapi usia harapan hidup untuk tahun 2020 bisa turun sebanyak tiga tahun penuh, kata Robert Anderson dari CDC. Pusat ini menghitung 2.854.838 kematian di AS tahun lalu, atau hampir 16.000 lebih banyak dari 2018. Itu berita yang cukup bagus: kematian biasanya meningkat sekitar 20.000 hingga 50.000 setiap tahun, terutama karena populasi negara yang menua dan terus bertambah.

Memang, tingkat kematian yang disesuaikan dengan usia turun sekitar satu persen pada 2019, dan harapan hidup naik sekitar enam pekan menjadi 78,8 tahun, menurut laporan CDC.

“Sebenarnya itu tahun yang cukup bagus, seiring berjalannya waktu,” kata Anderson, yang mengawasi statistik kematian CDC.

Pembunuh Nomor Satu

Epidemi virus korona AS telah menjadi pendorong utama kematian tahun ini, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Virus itu pertama kali diidentifikasi di China tahun lalu, dan kasus AS pertama dilaporkan tahun ini. Tapi itu telah menjadi penyebab kematian ketiga, di belakang adalah penyakit jantung dan kanker. Untuk periode tertentu tahun ini, COVID-19 adalah pembunuh nomor satu.

Tetapi beberapa jenis kematian lainnya juga mengalami peningkatan. Ledakan kasus pneumonia awal tahun ini mungkin merupakan kematian karena COVID-19 yang tidak dikenali di awal epidemi. Tapi ada juga jumlah kematian yang tak terduga dari beberapa jenis penyakit jantung dan peredaran darah, diabetes dan demensia, kata Anderson.

Kematian akibat bunuh diri turun pada 2019 dibandingkan dengan 2018, tetapi informasi awal menunjukkan angka itu tidak terus menurun tahun ini, kata Anderson dan yang lainnya. Namun kematian akibat overdosis obat, sementara itu, menjadi jauh lebih buruk. Bahkan sebelum virus corona tiba, AS berada di tengah-tengah epidemi overdosis obat paling mematikan dalam sejarahnya.

Data untuk tahun 2020 belum tersedia. Tetapi pekan lalu CDC melaporkan lebih dari 81.000 kematian akibat overdosis obat dalam 12 bulan yang berakhir pada Mei, menjadikannya jumlah tertinggi yang pernah tercatat dalam periode satu tahun.

Para ahli berpikir gangguan pandemi terhadap perawatan langsung dan layanan pemulihan mungkin menjadi faktornya. Orang-orang juga lebih cenderung menggunakan obat-obatan sendirian, tanpa bantuan teman atau anggota keluarga yang dapat menghubungi 911 atau memberikan obat pembalik overdosis.

Tetapi mungkin faktor yang lebih besar adalah obat itu sendiri: COVID-19 menyebabkan masalah pasokan bagi para pengedar, sehingga mereka semakin mencampurkan fentanil yang murah dan mematikan ke dalam heroin, kokain dan metamfetamin, kata para ahli.

“Saya tidak menduga ada banyak orang baru yang tiba-tiba mulai menggunakan narkoba karena COVID. Jika ada, saya pikir pasokan orang yang sudah menggunakan narkoba lebih terkontaminasi,” kata Shannon Monnat, seorang peneliti Syracuse University yang mempelajari tren overdosis obat. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home