Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 08:37 WIB | Selasa, 22 Desember 2020

Yang Perlu Diketahui tentang Varian Baru COVID-19

(Foto ilustrasi: dok Reuters.)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Varian baru dari pandemi virus corona SARS-CoV-2 menyebar dengan cepat di Inggris dan memicu keprihatinan tingkat tinggi di antara negara-negara tetangganya di Eropa, beberapa di antara mereka telah memutus jalur transportasi.

Strain, yang oleh beberapa ahli disebut sebagai garis keturunan B.1.1.7, bukanlah varian baru pertama dari virus pandemi yang muncul, namun dikatakan hingga 70 persen lebih mudah menular daripada strain yang sebelumnya dan dominan di Inggris.

Apakah Kekhawatiran Itu Dapat Dibenarkan?

Kebanyakan ilmuwan mengatakan ya. Varian baru dengan cepat menjadi jenis yang dominan dalam kasus COVID-19 di beberapa bagian selatan Inggris, dan telah dikaitkan dengan peningkatan tingkat rawat inap, terutama di London dan di daerah tetangganya, Kent.

Meskipun pertama kali ditemukan di Inggris pada bulan September, pada hari Minggu (9/12) di London, 62 persen kasus COVID-19 disebabkan oleh varian baru. Itu dibandingkan dengan 28 persen kasus tiga pekan sebelumnya.

Pemerintah Australia, Italia, dan Belanda mengatakan mereka mendeteksi kasus strain baru. Itu diidentifikasi di Belanda pada awal Desember.

Beberapa kasus COVID-19 dengan varian baru juga telah dilaporkan ke ECDC, badan pemantau penyakit menular Eropa, oleh Islandia dan Denmark. Laporan media di Belgia mengatakan kasus serupa juga telah terdeteksi di sana.

"Benar untuk menganggapnya serius," kata Peter Openshaw, seorang profesor kedokteran eksperimental di Imperial College London. Shaun Fitzgerald, seorang profesor tamu di Universitas Cambridge, mengatakan situasinya "sangat memprihatinkan."

Mengapa Demikian?

Kekhawatiran utama adalah bahwa varian secara signifikan lebih dapat ditularkan daripada strain aslinya. Ia memiliki 23 mutasi dalam kode genetiknya, jumlah perubahan yang relatif tinggi, dan beberapa di antara itu memengaruhi kemampuannya untuk menyebar.

Para ilmuwan mengatakan itu sekitar 40 persen hingga 70 persen lebih mudah ditularkan. Pemerintah Inggris pada hari Sabtu (19/12) mengatakan dapat meningkatkan tingkat reproduksi "R" sebesar 0,4.

Ini berarti penyebarannya lebih cepat di Inggris, membuat pandemi di sana lebih sulit dikendalikan dan meningkatkan risiko juga akan menyebar dengan cepat di negara lain.

"B.1.1.7 baru... tampaknya masih terkait semua kematian manusia seperti aslinya, tetapi dengan peningkatan kemampuan untuk menularkan," kata Martin Hibberd, profesor penyakit menular yang muncul di London School of Hygiene & Tropical Obat.

Akankah Vaksin COVID-19 Melindungi dari Varian Ini?

Para ilmuwan mengatakan tidak ada bukti bahwa vaksin yang saat ini sedang digunakan di Inggris, dibuat oleh Pfizer dan BioNtech, atau suntikan COVID-19 lainnya yang sedang dikembangkan tidak akan melindungi varian ini.

"Ini tidak mungkin memiliki efek yang lebih kecil, jika ada efektivitas vaksin," kata Adam Finn, spesialis vaksin dan profesor pediatri di Universitas Bristol. Dan Kepala penasihat ilmiah Inggris, Patrick Vallance, juga mengatakan vaksin COVID-19 tampaknya memadai dalam menghasilkan respons kekebalan terhadap varian virus corona.

"Kami tidak melihat... perubahan besar dalam protein lonjakan yang akan mengurangi efektivitas vaksin sejauh ini," kata Julian Tang, profesor dan ahli virologi klinis di Universitas Leicester.

Apakah Varian Baru Memengaruhi Pengujian?

Untuk beberapa hal, ya. Salah satu mutasi pada varian baru memengaruhi salah satu dari tiga target genom yang digunakan dalam beberapa tes PCR. Ini berarti bahwa dalam pengujian tersebut, area target, atau "saluran", akan menjadi negatif.

"Ini telah memengaruhi kemampuan beberapa tes untuk mendeteksi virus," kata Robert Shorten, pakar mikrobiologi di Association for Clinical Biochemistry & Laboratory Medicine.

Karena tes PCR umumnya mendeteksi lebih dari satu target gen, bagaimanapun, mutasi pada protein spike hanya mempengaruhi tes sebagian, mengurangi risiko adanya hasil negatif palsu.

Apakah Ada Varian SARS-CoV-2 Lainnya?

Ya. Strain virus penyebab COVID-19 telah muncul dalam beberapa bulan terakhir di Afrika Selatan, Spanyol, Denmark, dan negara-negara lain yang juga menimbulkan kekhawatiran. Namun sejauh ini, tidak ada yang ditemukan yang mengandung mutasi yang membuatnya lebih mematikan, atau lebih mungkin untuk menghindari vaksin atau pengobatan.

Apakah Varian Baru Ini Berasal dari Inggris?

Vallance mengatakan pada hari Sabtu (19/12) bahwa dia mengira varian baru mungkin telah dimulai di Inggris. Beberapa ilmuwan di Eropa memuji keahlian Inggris dalam pengawasan genom untuk mengidentifikasi mutasi.

"Inggris memiliki salah satu program surveilans genetik paling komprehensif di dunia, lima persen sampai 10 persen semua sampel virus diuji secara genetik. Beberapa negara lebih baik," kata Steven van Gucht, kepala penyakit virus di Institut Kesehatan Belgia, pada konferensi pers pada hari Senin (21/12). (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home