Loading...
FOTO
Penulis: Reporter Satuharapan 09:38 WIB | Jumat, 13 Januari 2017

2.500 Kendaraan Perang AS Tiba di Polandia

2.500 Kendaraan Perang AS Tiba di Polandia
Konvoi kedua sebanyak 20 kendaraan tiba di Polandia dari Jerman hari Kamis (12/1). (Foto: European Pressphoto Agency)
2.500 Kendaraan Perang AS Tiba di Polandia
Tentara AS dan tank lapis baja di pelabuhan Bremerhaven, Jerman utara, hari Sabtu (7/1). Lebih dari 2.500 tank, truk dan kendaraan militer AS sedang diturunkan dari kapal kargo. (Foto: European Pressphoto Agency/David Hecker)
2.500 Kendaraan Perang AS Tiba di Polandia
Dua tentara AS berjalan dan kendaraan lapis baja di pelabuhan Bremerhaven, Jerman, hari Minggu (8/1). (Foto: Stars and Stripes/Michael Abrams)
2.500 Kendaraan Perang AS Tiba di Polandia
Upacara menyambut kedatangan pasukan AS di Zagan, Polandia barat, hari Kamis (12/1). NATO berjanji mengerahkan ribuan pasukan di seluruh Eropa Timur, namun muncul ketidakpastian atas menjabatnya Presiden terpilih Donald J. Trump. (Foto: European Pressphoto Agency/Lech Muszynski)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM - Kremlin mengatakan peningkatan kehadiran militer Amerika Serikat di Polandia sebagai bagian dari perluasan operasi NATO adalah ancaman bagi keamanan Rusia yang mengganggu stabilitas Eropa.

Dmitry Peskov, juru bicara Presiden Rusia Vladimir Putin, mengatakan kedatangan pasukan dan peralatan militer AS di Polandia adalah yang terbesar sejak berakhirnya Perang Dingin dan menjadi mengancam "kepentingan dan keamanan kami."

Pasukan AS tiba di Polandia pada hari Senin (9/1) setelah tiga hari perjalanan dari Jerman. Unjuk kekuatan militer itu berada di bawah Operasi Atlantic Resolve NATO, dirancang untuk menunjukkan komitmen AS sebagai sekutu Eropa dalam menghadapi apa yang NATO lihat sebagai agresi Rusia.

Seperti diberitakan United Press International (UPI), pada hari Kamis (12/1), pasukan AS akan melakukan latihan perang di Polandia selama satu bulan. Setelah itu pindah ke Jerman dan Rumania menggelar latihan tambahan.

Pasukan juga akan melakukan latihan di Bulgaria, Estonia, Hongaria, Latvia, Lithuania, Polandia, dan Slovakia dalam sembilan bulan ke depan. Latihan regional tersebut  juga dirancang untuk menguji kekuatan AS merespon jika muncul konflik dengan Rusia.

Pasukan akan mulai melakukan latihan di Polandia pada 20 Januari.

Pada hari Jumat (6/1) sebanyak 2.500 unit kendaraan perang seperti tank, truk dan kendaraan militer beserta 3.500 pasukan AS, mulai mendarat di Eropa melalui pelabuhan Bremerhaven, Jerman utara. Pasukan tiba untuk menanggapi agresi Rusia di kawasan itu setelah aneksasi Crimea pada tahun 2014.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home