Loading...
DUNIA
Penulis: Saut Martua Amperamen 14:29 WIB | Rabu, 14 Juni 2017

Anak-anak Lee Kuan Yew Bertikai Soal Warisan

Lee Hsien Yang, adik PM Singapura, yang mengatakan akan meninggalkan Singapura karena tidak lagi mempercayai kakaknya (Foto: Bloomberg)

SINGAPURA, SATUHARAPAN.COM - Perdana Menteri Singapura, Hsien Loong yang sangat populer di negaranya, digoyang oleh perselisihan keluarga menyangkut warisan orang tua mereka, PM Singapura yang pertama, Lee Kuan Yew.

Adik laki-laki Hsien Loong, Lee Hsien Yang, berkata pada hari Rabu bahwa dia merasa "dipaksa" untuk meninggalkan negara kota tersebut di tengah perselisihan keluarga sejak ayah mereka meninggal dua tahun lalu.

"Dengan hati yang sangat berat, saya akan meninggalkan Singapura untuk masa yang akan datang," Lee Hsien Yang menulis dalam sebuah pernyataan bersama enam halaman, yang dia buat dengan saudara perempuannya, Lee Wei Ling, yang dimuat di akun Facebook-nya. "Saya tidak punya keinginan untuk pergi. Hsien Loong adalah satu-satunya alasan kepergian saya," kata mereka, sebagaimana dilaporkan oleh Bloomberg.

"Kami tidak mempercayai Hsien Loong dan telah kehilangan kepercayaan pada dirinya," kata saudara-saudara Hsien Loong dalam pernyataan mereka. Pernyataan itu tidak menyebutkan kapan Lee Hsien Yang berencana untuk pindah.

Perdana Menteri Hsien Loong  mengeluarkan sebuah pernyataan yang membantah tuduhan yang diajukan oleh saudara-saudaranya dan mengatakan bahwa dia menyesalkan komentar publik mereka, yang meningkatkan perseteruan yang telah memanas sejak kematian ayah mereka yang Maret 2015.

Hanya saja ketegangan keluarga ini tidak mempengaruhi popularitas partai pemerintah, Partai Aksi Rakyat yang dipimpin oleh Lee Hsien Loong. Pangsa suara mereka dalam pemilihan terakhir pada bulan September 2015 menjadi hampir 70 perHsien Loosen - tertinggi sejak 2001 - dan mengamankan 83 dari 89 kursi untuk diperebutkan.

"Saya sangat kecewa karena saudara-saudara saya telah memilih untuk mengeluarkan sebuah pernyataan yang mempublikasikan urusan pribadi keluarga," Perdana Menteri Lee mengatakan dalam sebuah tanggapan yang dikirim melalui email pada hari Rabu (14/06). "Sementara saudara kandung mungkin memiliki perbedaan, saya percaya bahwa perbedaan semacam itu harus ada dalam keluarga."

Pernyataan Lee Hsien Yang dan Lee Wei Ling telah menodai peninggalan ayah mereka, kata perdana menteri. Dia menolak sebuah "klaim yang tidak masuk akal" yang menuduh dia menyimpan ambisi politik untuk anaknya. Lee, yang menjadi perdana menteri ketiga di Singapura pada tahun 2004, mengatakan bahwa dia akan mempertimbangkan masalah ini lebih jauh setelah kembali dari perjalanan ke luar negeri bersama keluarganya akhir bulan ini.

Lee Hsien Yang, yang merupakan ketua Otoritas Penerbangan Sipil Singapura dan penasihat khusus untuk perusahaan ekuitas swasta General Atlantic LLC, dan Lee Wei Ling mengatakan dalam pernyataannya bahwa mereka "terganggu oleh karakter" dan "agenda pribadi" Lee Hsien Loong. Mereka mengatakan bahwa pernyataan mereka "sama sekali bukan kritik terhadap pemerintah."

Enam bulan setelah Lee senior meninggal, adik-adik PM Singapura mengajukan tuntutan hukum terhadap pemerintah terkait kesepakatan atas hak dan penggunaan wawancara tertentu ayah mereka.

Rumah almarhum Lee, yang terletak di pinggiran sabuk belanja Orchard Road, juga menjadi subyek perselisihan. Lee senior pernah mengatakan bahwa dia ingin rumahnya dihancurkan setelah kematiannya. Ada seruan untuk mengubah rumah menjadi museum dan sebagai peringatan baginya. Pada bulan Desember 2015, Lee Hsien Loong mengatakan bahwa dia memutuskan untuk tidak terlibat dalam keputusan keputusan pemerintah atas rumah tersebut.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home