Loading...
SAINS
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 18:20 WIB | Selasa, 11 Juni 2013

Apple Siap Rilis iOS 7

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Apple akan meluncurkan tampilan baru antarmuka bagi pengguna perangkat pintar yang menggunakan sistem operasi iOS. Jony Ive kepala devisi design mengatakan, tujuan diluncurkan iOS baru ini adalah untuk membuat sistem terlihat lebih bersih dan membantu memperjelas tampilan konten bagi pengguna.

Ini merupakan pergeseran dari konsep skeuomorphism ke tampilan aplikasi warna baru yang lebih natural seperti tampilan bahan kulit, kayu dan lainnya yang bertekstur alami. Perubahan serupa juga telah dibuat untuk sistem OS X untuk komputer Mac.

Apple juga mengumumkan iRadio, sebuah layanan streaming musik menawarkan akses ke tema stasiun atau lagu dari band-band tertentu yang mereka mungkin belum miliki.

Apple menganggap iRadio adalah cara bagi pengguna untuk "menemukan lagu baru," dan lalu mendorong pembelian lagu-lagu melalui streaming di iTunes Store.

Fitur iRadio dapat berjalan melalui aplikasi musik di iOS 7 dan iRadio akan menjadi penantang untuk lastfm, Pandora, Spotify dan produk radio streaming sejenis lainnya.

Layanan iRadio muncul satu bulan setelah Google meluncurkan Play Musik All Access, fasilitas serupa yang terpasang di perangkat Android. Tapi aplikasi iRadio tidak berbayar seperti Play Musik All Access milik Google, Apple membuat iRadio dapat diakses tanpa biaya jika pengguna bersedia mendengarkan iklan, atau tersedia juga pilihan bebas iklan bagi pengguna yang bersedia membayar langganan iTunes Match.

Appel berharap layanan aplikasi iRadio dapat merangsang para pengguna untuk lalu membeli lagu setelah mereka mendengarkannya melalui streaming gratis.

Fitur baru lainnya yang akan muncul dalam IOS 7 adalah update otomatis aplikasi. Kemudian ada sebuah fitur baru Control Center untuk mengendalikan aplikasi-aplikasi standart tanpa harus menuju ke aplikasi itu sendiri. Control Center tampil di home dan di situ ada tambahan fungsi aktifasi seperti untuk wi-fi, bluetooth juga menyalakan lampu senter.

Sepertinya Apple merombak total iOS 6 sebelumnya, karena selain itu ada beberapa aplikasi yang diperbarui seperti Notification Center, Multitasking, Photos, Air Drop, iTunes Radio, Camera, Safari, E-mail, Messages, dan Weather.

Sekitar 37,4 juta iPhone dikapalkan di seluruh dunia pada kuartal Januari hingga Maret tahun ini, menurut perusahaan intelijen pasar IDC, iPhone merupakan sumber terbesar pendapatan Apple.

Meskipun adalah kenaikan dibanding periode yang sama tahun 2012, penelitian menunjukkan pangsa pasar smartphone Apple merosot 17,3% sementara Android naik menjadi 75%, sebagian besar berkat keberhasilan Samsung. Hal ini juga kecenderungan yang sama di sektor tablet (iPad).

Produk Apple yang ada sekarang ini mungkin masih terus menguntungkan, namun IDC menyarankan supaya Apple melakukan refresh produknya.

"Orang-orang menjadi sedikit bosan dengan desain lama sehingga Apple membutuhkan perubahan yang signifikan," kata Francisco Jeronimo, Direktur riset perangkat mobile IDC.

Apple mengumumkan, iOS 7 akan dirilis ke publik pada musim gugur ini atau mulai sekitar bulan September 2013. Bagi pemilik iDevice, selamat menunggu.

(berbagai sumber)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home