Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 18:18 WIB | Minggu, 10 November 2013

AS: Iran Tidak Perlu Senjata Nuklir

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry. (Foto: dari alarabiya.net)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry pada Minggu (10/11) mengatakan Washington akan memastikan bahwa Iran tidak memerlukan senjata nuklir, setelah perundingan internasional mengenai program nuklir Iran gagal mencapai sebuah kesepakatan.

“Kami datang ke Jenewa bertekad untuk memastikan bahwa Iran tidak memerlukan senjata nuklir. Itu tetap menjadi tujuan utama kami,” kata Kerry kepada para reporter setelah upaya diplomatik yang intens dan berlangsung selama tiga hari gagal menghasilkan sebuah terobosan dalam pertikaian selama satu dekade itu.

Walaupun tidak ada kesepakatan yang dicapai, Kerry menegaskan bahwa para negosiator sudah “mengalami perkembangan yang signifikan” di Jenewa.

“Tidak ada keraguan bagi saya bahwa kami sekarang sudah lebih dekat (mencapai sebuah kesepakatan) saat kami meninggalkan Jenewa,” katanya.

Kerry, yang mempersingkat kunjungannya ke Timur Tengah untuk berkonsentrasi pada perundingan itu, menegaskan bahwa dia tidak akan meninggalkan pertemuan tersebut tanpa ada sebuah kesepakatan.

“Butuh waktu yang lama untuk membangun kepercayaan diri di antara negara-negara yang bertikai dalam waktu yang lama,” jelasnya, merujuk pada pertikaian yang terjadi antara Washington dan Teheran sejak revolusi Iran pada 1979. (AFP/Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home