Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 15:15 WIB | Jumat, 08 November 2013

Menlu Iran: Kesepakatan Nuklir Mungkin Tercapai pada Jumat

Menlu AS, John Kerry, dan Menlu Iran, Mohammad Javad Zarif, dalam pertemuan untuk pertama kali di Washington dan keduanya membicarakan program nuklir Iran. (Foto: ist)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, pada Kamis (7/11) mengatakan bahwa pihaknya mungkin akan mencapai kesepakatan dengan negara-negara adidaya tentang program nuklir Teheran di akhir pembicaraan di Jenewa pada Jumat (8/11).

”Saya yakin akan mungkin untuk mencapai kesepahaman atau kesepakatan sebelum kami menutup perundingan tersebut besok malam,” kata Zarif kepada CNN setelah hari pertama pembicaraan antara Iran dan enam negara adidaya.

Ia menuturkan bahwa Teheran “siap untuk mengatasi masalah yang mendesak” tentang program nuklirnya namun bersikeras bahwa pihaknya tidak akan secara penuh menghentikan pengayaan tersebut.

“Tidak akan ada penghentian dari pengayaan kami secara keseluruhan namun kami dapat menangani berbagai isu dalam perundingan,” kata dia.

Dia mengatakan ada persetujuan dalam pembicaraan itu mengenai sebuah kerangka kesepakatan dan pada Jumat kemungkinan akan dilakukan penyusunan sebuah pernyataan bersama.

“Kini kita tahu hal apa yang dibutuhkan untuk mencapai itu... dan saya pikir kolega kami siap untuk mulai menyusun,” kata Zarif.

“Saya berharap bahwa besok pagi kami dapat mulai bekerja dengan serius untuk mempersiapkan semacam kesepakatan bersama,” pungkasnya. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home