Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 17:16 WIB | Minggu, 31 Agustus 2014

Australia akan Bantu Pengiriman Senjata ke Kurdi Irak

Royal Australian Air Force C-17 Globemaster. (Foto: theguardian.com)
SYDNEY, SATUHARAPAN.COM - Australia mengatakan akan membantu Amerika Serikat dalam upaya internasional untuk mengirimkan senjata kepada pasukan Kurdi yang berjuang menghadapi militan Islamic State (ISIS) di Irak.

“Pemerintah Amerika Serikat meminta bantuan Australia untuk menyalurkan persediaan peralatan militer, meliputi senjata dan amunisi, sebagai bagian dari upaya multinasional,” kata Perdana Menteri Australia Tony Abbott dalam sebuah pernyataan Minggu (31/8).

“Pesawat C-130 Hercules dan C-17 Globemaster milik Angkatan Udara Australia akan bergabung dengan pesawat dari negara-negara seperti Kanada, Italia, Prancis, Inggris dan Amerika Serikat untuk melakukan misi penting ini.”

Pemerintah Australia tidak memberikan senjata tetapi hanya akan mengirimkan senjata dan amunisi yang disediakan negara-negara lain. 

Albania, Kroasia dan Denmark juga akan menyediakan senjata dan peralatan militer lain untuk pasukan Kurdi, menurut AS pada Rabu.

Abbott mengatakan terjadi “bencana kemanusiaan” di Irak, dan Australia sedang bekerja sama dengan negara-negara lain untuk meringankan hal tersebut dan “mengatasi ancaman yang ditimbulkan oleh ISIS.” (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home