Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 12:12 WIB | Senin, 15 Februari 2016

BAFTA 2016: Film The Revenant Dominasi Penghargaan

Leonardo DiCaprio dan sutradara Alejandro G Innaritu, dua tokoh penting di balik film "The Revenant". (Foto: digitalspy.com)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Film drama The Revenant yang dibintangi Leonardo DiCaprio mendominasi penghargaan film BAFTA 2016. Penghargaan BAFTA (British Academy of Film and Television Arts), diberikan badan independen itu untuk pelaku industri perfilman di Inggris, seperti Oscar di Amerika Serikat, dalam acara yang berlangsung di Royal Opera House, London, pada Minggu (14/2) malam. 

Film yang berlatar alam liar di pedalaman Amerika pada era 1820-an itu memperoleh predikat sebagai film terbaik, dibintangi aktor terbaik, diarahkan sutradara terbaik, dan memiliki sinematografi terbaik.

Saat menerima penghargaan sebagai aktor terbaik, DiCaprio, seperti dikutip dari bbc.com, mengaku merasa terhormat. Dengan rendah hati aktor Amerika itu memuji pengaruh sejumlah aktor Inggris dalam karier aktingnya. DiCaprio juga menggunakan kesempatan itu untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada ibunya.

Akting DiCaprio dalam film tersebut mendapat pujian dari Alejandro G Innaritu yang terpilih sebagai sutradara terbaik. Sutradara asal Meksiko itu mengatakan “talenta dan komitmen” DiCaprio untuk “proyek berisiko” membuat “film itu bernapas”.

Masih dalam kesempatan yang sama, pembuat sinematografi The Revenant, Emmanuel Lubezki, berharap dapat mengulangi kemenangannya dalam Piala Oscar dua pekan mendatang. Lubezki sebelumnya telah meraih tiga penghargaan BAFTA untuk sinematografi Birdman dan Gravity.

Selain The Revenant, ada film lain yang mendapat sederet penghargaan dari BAFTA. Film itu adalah Mad Max: Fury Road yangmeraih penghargaan untuk tata rias dan tata rambut terbaik, penyuntingan terbaik, kostum terbaik, serta rancangan produksi terbaik.

Penghargaan untuk aktris terbaik diserahkan kepada Brie Larson atas perannya dalam film Room.

Penghargaan aktor pembantu terbaik jatuh kepada Mark Rylance yang memerankan agen mata-mata Uni Soviet kelahiran Inggris dalam film Bridge of Spies. Sedangkan aktris pembantu terbaik diraih Kate Winslet dalam film Steve Jobs. Dalam film itu Winslet berperan sebagai Joanna Hoffman, asisten Jobs yang loyal.  

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home