Loading...
HAM
Penulis: Bayu Probo 11:16 WIB | Selasa, 10 Februari 2015

Bahrain Cabut Kewarganegaraan Para Pembela HAM

Pengunjuk rasa Bahrain ambil bagian dalam demonstrasi melawan penangkapan Sheikh Ali Salman, kepala gerakan oposisi Syiah al-Wefaq, pada 30 Januari 2015 di desa Bilad al Qadeem, di pinggiran ibu kota Manama. (Foto: Dok satuharapan.com/AFP /Mohammed al-Shaikh)

MANAMA, SATUHARAPAN.COM – Bahrain mencabut kewarganegaraan 72 orang rakyatnya di bawah undang-undang teror.  Alasannya, mereka merusak keamanan negara. Namun, salah satu korban berkisah lain.

Sayed Alwadei, salah satu aktivis organisasi hak asasi manusia (HAM) Bahrain, mengungkapkan bahwa kewarganegaraan mereka dicabut karena memperjuangkan demokrasi dan hak asasi manusia di Bahrain.

Dalam tulisannya di Guardian, Senin (9/2) Alwadei membandingkan dengan pembunuhan barbar Muadh al-Kasasbeh oleh NIIS. Pembunuhan itu akan menghantui kita, tulisnya, untuk waktu yang lama untuk datang sebagai contoh kekejaman hari ini teroris. Kasasbeh dibakar hidup-hidup di kandang sebulan lalu. Pembunuhan itu tersembunyi dari dunia saat Yordania menuntut sang pilot kembali dengan aman. Dan, kebenaran itu datang pekan lalu ketika video pembunuhannya muncul secara online.

Saat Yordania berduka untuk pahlawan mereka, kami di Bahrain, kata Alwadei, merasa takut dan jijik. Pemerintah Bahrain menuduh aktivis HAM, wartawan dan aktivis politik sebagai teroris. Dan, dengan berbuat demikian pemerintah menyamakan kita dengan pembunuh Kasasbeh itu. Prospek ini benar-benar menakutkan.

Pada awal bulan Kementerian Dalam Negeri Bahrain menerbitkan daftar 72 orang yang kewarganegaraan mereka harus dicabut. Tidak ada sidang, tidak ada banding, tidak ada proses hukum—jika nama Anda pada daftar itu, Anda tidak lagi warga negara Bahrain. Amendemen baru-baru ini dengan hukum kewarganegaraan memungkinkan negara untuk mencabut kewarganegaraan bagi mereka yang bersalah dalam tindak terorisme. Sekitar 50 orang, termasuk saya sendiri, adalah pembela hak asasi manusia, aktivis politik, jurnalis, dokter, ulama—aktivis damai. Sebagian besar dari kita sekarang tak punya kewarganegaraan (stateless). Di antara alasan yang diberikan untuk mencabut kewarganegaraan kami: “memfitnah citra rezim, menghasut melawan rezim dan menyebarkan berita palsu untuk menghambat aturan konstitusi” dan “merusak kesatuan negara”.

Nama-nama kami dicampur dengan nama 20 teroris yang sebenarnya. Mereka diketahui telah pergi untuk memperjuangkan NIIS di Irak dan Suriah, termasuk terkenal pengkhotbah jihad Bahrain, Turki Albinali. Pesannya tidak pernah jelas: pemerintah Bahrain memandang kita, yang menganjurkan demokrasi, hak asasi manusia dan perubahan di Bahrain, sama dengan pengikut NIIS. Kami, yang menyerukan reformasi parlemen dan mengakhiri penyiksaan, yang menyerukan para pelaku pembunuhan di luar hukum dibawa ke pengadilan, dan yang melaporkan peristiwa ini ke seluruh dunia—diletakkan setara dengan pembunuhan biadab Muadh al Kasasbeh.

Minggu depan akan menjadi ulang tahun pemberontakan yang mengguncang Bahrain. Ketika kami turun ke jalan pada 14 Februari 2011 dan menyerukan reformasi demokrasi, kami tidak pernah membayangkan represi yang akan mengikuti: penumpasan brutal terhadap protes dan pembentukan darurat militer. Banyak yang meninggal, ditembak oleh polisi, atau dipukuli sampai mati. Banyak lagi dipenjara dan dihukum atas tuduhan yang dibuat-buat. Dokter ditangkap dan disiksa karena mengobati pengunjuk rasa. Satu wartawan, Karim al-Fakhrawi, meninggal dalam tahanan polisi. Kita bertanya-tanya bagaimana dunia akan bereaksi jika pembunuhan itu difilmkan dan menyebar secara online, seperti pembunuhan oleh NIIS.

Namun, kita tidak bisa membayangkan bahwa 2015 akan lebih buruk. Meskipun kita belum melihat kekerasan ekstrem yang sama yang ditandai darurat militer empat tahun lalu, saat ini langkah-langkah represif telah menjadi institusi. Undang-undang anti-terorisme yang sekarang digunakan terhadap demonstran dan digunakan secara sistematis untuk mencegah orang-orang turun ke jalanan. Polisi terus memperlakukan demonstran dengan kekerasan yang berlebihan. Garis-garis merah telah disilangkan dengan penahanan tokoh-tokoh oposisi politik besar, yang tidak pernah disentuh bahkan selama hari-hari gelap darurat militer.

Pemerintah Bahrain tidak hanya berhasil mendefinisikan pekerjaan pembela hak asasi manusia, wartawan dan aktivis politik di bawah hukum terorisme, tetapi telah melakukannya dengan sedikit oposisi dari sekutunya —terutama Inggris. Itu aneh ketika, pada tanggal 20 Januari, menteri luar negeri Philip Hammond memuji catatan hak asasi manusia Bahrain dan menyebutnya “sebuah negara yang bepergian ke arah yang benar”. Pada hari yang sama, hanya beberapa jam kemudian, pengadilan bersidang untuk mendengar kasus Nabeel Rajab dan menghukum pembela hak asasi manusia penjara enam bulan.

Pembalasan terhadap para pembela hak asasi manusia, aktivis politik dan jurnalis yang telah saya jelaskan bukanlah daftar lengkap. Namun, mereka adalah gambaran utama HAM dari Bahrain pada 2015. Ketika pemerintah Bahrain menyamakan karya jurnalis dan pembela hak asasi manusia dengan pembunuhan paling brutal tak berdosa, saya harus bertanya: apakah ini yang dianggap Philip Hammond “arah yang benar”? 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home