Loading...
FOTO
Penulis: Elvis Sendouw 13:48 WIB | Jumat, 31 Oktober 2014

BNPB akan Relokasi Pengungsi Korban Erupsi Sinabung

BNPB akan Relokasi Pengungsi Korban Erupsi Sinabung
Kepala Pusat Data Informasi DR. Sutopo Purwo Nugroho saat menjelaskan kronologi rencana relokasi erupsi Gunung Sinabung di kantor BNPB, Jakarta. (Foto-Foto: Elvis Sendouw)
BNPB akan Relokasi Pengungsi Korban Erupsi Sinabung
Data perbandingan peta kawasan rawan bencana Gunung Sinabung tahun 2010 dan 2013.
BNPB akan Relokasi Pengungsi Korban Erupsi Sinabung
Awak media yang antusias untuk meliput penanganan bencana erupsi Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Barat.
BNPB akan Relokasi Pengungsi Korban Erupsi Sinabung
Data 32 Desa dan 2 Dusun yang harus mengungsi.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pemda Kabupaten Karo dan BNPB berencana melakukan relokasi yang aman untuk warga dan mengganti lahan pertanian yang berada di tiga desa dalam radius tiga kilometer dari Gunung Sinabung.

Kepala Pusat Data Informasi Dr Sutopo Purwo Nugroho memberikan keterangan terkait penanganan relokasi dan pengungsi erupsi sinabung terkini di kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jalan Juanda, Jakarta Pusat, Jumat (31/10).

Sebanyak 1.212 jiwa dari 370 KK warga dan tiga desa yang berjarak radius kurang lebih tiga km segera harus direlokasi. Dalam pencarian relokasi lahan sudah dilakukan oleh Pemda Karo sejak Januari 2014. Mengingat lahan di area Gunung Sinabung yang sudah tidak memungkinkan untuk budi daya pertanian, maka pemda setempat mencarikan alternatif lahan di daerah yang cukup jauh dari area Gunung Sinabung.

Dalam kunjungan Presiden Jokowi beberapa hari lalu di Sinabung, Presiden memberikan empat poin arahan. Yaitu, memerintahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan agar segera mempercepat izin lahan relokasi dan akses jalan menuju hunian tetap. Pemda Karo segera mempercepat pembangunan jalan menuju tempat relokasi dengan melibatkan pasukan Zeni TNI. Percepat pembangunan untuk relokasi bagi warga Desa Bekerah, Desa Simacem dan Desa Sukameriah. Dan terakhir,untuk mengantisipasi ancaman erupsi Gunung Sinabung ke depan maka perlu disiapkan relokasi bagi empat Desa dan satu Dusun untuk jangka panjang yaitu, Desa Guru Kinayan, Desa Berastepu, Desa Gamber, Desa Kota Tonmggal, dan Dusun Sibintun.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home