Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 07:05 WIB | Senin, 26 Oktober 2020

Bos Samsung, Lee Kun-hee, Meninggalkan Warisan Senilai Rp 306 Triliun

Chairman Samsung Electronics, Lee Kun-hee, ketika mendengarkan pertanyaan dari seorang reporter setelah berkeliling stan Samsung di International Consumer Electronics Show (CES) 2012 di Las Vegas, Nevada 12 Januari 2012. (Foto: dok. Reuters)

SEOUL, SATUHARAPAN.COM-Lee Kun-hee, orang terkaya Korea Selatan dan bos Samsung Electronics Co, meninggal pada hari Minggu (25/10), meninggalkan aset besar yang berpotensi diwarisi oleh keluarganya yang masih hidup serta pajak warisan.

Berikut adalah daftar kekayaan bersihnya, yang menurut Forbes berjumlah US$ 20,9 miliar (sekitar Rp 306 triliun).

SAHAM-Lee adalah pemilik saham terkaya di Korea Selatan, dan memiliki saham di empat perusahaan Samsung yang terdaftar senilai sekitar 18,2 triliun won (US$ 16,1 miliar) pada harga penutupan hari Jumat.

Kepemilikan sahamnya termasuk 4,18% saham biasa Samsung Electronics dan 0,08% saham preferen, senilai total sekitar 15 triliun won; 20,76% saham Samsung Life Insurance senilai sekitar 2,6 triliun won; 2.88% saham Samsung C&T senilai 564 miliar won; dan 0,01% saham Samsung SDS senilai sekitar 1,67 miliar won, menurut perhitungan Reuters berdasarkan data Fair Trade Commission.

PERUMAHAN-Dua rumahnya yang terkenal di pusat kota Seoul adalah rumah individu termahal di negara itu, dengan luas tanah masing-masing 1.245.1 dan 3.422,9 meter persegi. Harganya sekitar 40,9 miliar won dan 34,2 miliar won, menurut laporan kantor berita Yonhap awal tahun ini.

PAJAK Warisan HEFTY-Menurut aturan perpajakan Korea Selatan, sebelum menerapkan tarif pajak warisan 50% negara pada saham yang terdaftar, premi 20% ditambahkan ke nilai kepemilikan orang yang meninggal, yang akan didasarkan pada rata-rata empat bulan saham. harga penutupan pasar sebelum dan sesudah kematian.

Berdasarkan perkiraan saat ini, pajak warisan untuk saham-saham di atas saja diperkirakan sekitar 10,6 triliun won, menurut perhitungan Reuters.

KEKAYAAN ANAK-ANAK-Jay Y. Lee, pewaris de facto Lee yang lebih tua, memiliki saham senilai total sekitar 7,2 triliun won di enam afiliasi terdaftar Samsung Group pada penutupan hari Jumat, menurut perhitungan Reuters.

Lee yang lebih muda memiliki 0,7% saham di Samsung Electronics dan 17,3% saham di Samsung C&T, perusahaan induk de facto grup. Dia juga memiliki 9,2% saham di Samsung SDS, 1,5% di Samsung Engineering, dan masing-masing kurang dari 0,1% di Samsung Life Insurance dan Samsung Fire & Marine Insurance, menurut peraturan yang berlaku.

Putri Lee Boo-jin, CEO Hotel Shilla, dan Lee Seo-hyun, yang menjalankan Samsung Foundation, masing-masing memiliki saham di Samsung C&T dan Samsung SDS senilai sekitar 1,6 triliun won. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home