Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:18 WIB | Kamis, 25 April 2024

Kepala Intelijen Israel Mundur, Gagal Cegah Serangan Hamas pada 7 Oktober

Kendaraan terbakar akibat serangan roket Hamas dari Jalur Gaza di wilayah Ashkelon, Israel, hari Sabtu (7/10/2023). (Foto: dok. AP/Ohad Zwigenberg)

TEL AVIV, SATUHARAPAN.COM-Kepala intelijen militer Israel mengundurkan diri pada hari Senin (22/4) karena serangan Hamas pada 7 Oktober. Dia menjadi tokoh senior pertama yang mengundurkan diri atas perannya dalam kegagalan dalam mengantisipasi atau merespons dengan cepat serangan paling mematikan dalam sejarah Israel.

Keputusan Mayor Jenderal Aharon Haliva dapat memicu lebih banyak pengunduran diri di kalangan pejabat tinggi keamanan Israel. Militan Hamas menyerang pertahanan perbatasan Israel pada 7 Oktober, mengamuk di komunitas tanpa tantangan selama berjam-jam dan menewaskan 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, dan menyandera sekitar 250 orang di Gaza.

Serangan itu memicu perang Israel melawan Hamas di Gaza, yang kini memasuki bulan ketujuh.

“Direktorat intelijen di bawah komando saya tidak menjalankan tugas yang diberikan kepada kami. Aku membawa hari kelam itu bersamaku sejak saat itu, hari demi hari, malam demi malam. Saya akan menanggung rasa sakit akibat perang selamanya,” tulis Haliva dalam surat pengunduran dirinya, yang disediakan oleh militer.

Haliva mengatakan, dia akan tetap menjabat sampai ditemukan penggantinya. Dia mengatakan bahwa dia bermaksud untuk segera mengundurkan diri setelah tanggal 7 Oktober, namun tetap bertahan hingga awal perang dan mengundurkan diri ketika penyelidikan internal tentara semakin cepat.

Pengumumannya disampaikan pada awal perayaan Paskah, hari libur besar Yahudi, dan ketika operasi militer di Gaza melambat dalam beberapa pekan terakhir menjelang kemungkinan serangan terhadap kota Rafah di selatan.

Penentuan waktu pengunduran diri para pejabat keamanan dan militer diperumit oleh perang yang sedang berlangsung di Gaza dan pertempuran dengan kelompok militan Lebanon, Hizbullah, di sepanjang perbatasan utara Israel. Ketegangan dengan Iran juga meningkat menyusul serangan antara kedua musuh tersebut.

Beberapa pakar militer mengatakan pengunduran diri pada saat Israel terlibat dalam berbagai bidang adalah tindakan yang tidak bertanggung jawab dan dapat ditafsirkan sebagai tanda kelemahan.

Tak lama setelah serangan tersebut, Haliva dan rekan-rekannya secara terbuka mengatakan bahwa merekalah yang harus disalahkan karena tidak mencegah serangan tanggal 7 Oktober tersebut.

Para pemimpin lain juga melakukan hal yang sama, terutama Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Ia mengatakan ia akan menjawab pertanyaan-pertanyaan sulit mengenai perannya namun belum mengakui tanggung jawab langsung atas terjadinya serangan tersebut.

Dia juga menolak untuk mundur, bahkan ketika gerakan protes yang menuntut pemilihan umum dini semakin meningkat.

Pemimpin oposisi Israel, Yair Lapid, menyambut baik pengunduran diri Haliva, dengan mengatakan bahwa hal itu “dapat dibenarkan dan bermartabat.”

“Sebaiknya Perdana Menteri Netanyahu melakukan hal yang sama,” tulisnya di platform media sosial X.

Serangan Hamas, yang terjadi pada hari libur Yahudi, membuat Israel dan lembaga keamanan kebanggaannya sepenuhnya lengah. Rasa percaya masyarakat Israel terhadap militer mereka – yang dipandang oleh sebagian besar orang Yahudi sebagai salah satu institusi paling tepercaya di negara itu – hancur ketika menghadapi serangan Hamas. Pengunduran diri ini dapat membantu memulihkan sebagian kepercayaan tersebut.

Pengunduran diri itu terjadi ketika orang-orang Yahudi di seluruh dunia bersiap merayakan Paskah, hari libur selama sepekan yang dimulai Senin malam dan menandai eksodus orang-orang Yahudi dari perbudakan di Mesir. Dengan sekitar 130 orang masih disandera di Gaza, perayaan Paskah tahun ini pasti akan lebih suram: bagi sebagian besar warga Israel, sulit membayangkan perayaan kebebasan ketika puluhan orang masih disandera.

“Saat kami berkumpul di meja Seder untuk memperingati dan merayakan perjalanan kami dari perbudakan menuju kebebasan, hati kami sedih dengan penderitaan 133 warga Israel yang masih disandera,” tulis Netanyahu di X. “Tekad kami tetap pantang menyerah untuk melihat semua sandera kembali bersama keluarga mereka.”

Ratusan warga Israel, termasuk keluarga para sandera, mengadakan protes Seder, atau pesta Paskah, di luar rumah pribadi Netanyahu di kota pesisir Kaisarea. Mereka menyalahkan pemerintahnya karena gagal memulangkan para sandera.

Serangan Hamas memicu perang dahsyat yang telah menewaskan lebih dari 34.000 warga Palestina di Gaza, menurut kementerian kesehatan setempat. Penghitungan yang dilakukan kementerian tidak membedakan antara kombatan dan non-kombatan, namun disebutkan setidaknya dua pertiga korban tewas adalah anak-anak dan perempuan.

Pertempuran tersebut telah menghancurkan dua kota terbesar di Gaza dan mendorong 80% penduduknya mengungsi ke wilayah lain di wilayah pesisir yang terkepung. Perang tersebut telah memicu krisis kemanusiaan yang menimbulkan peringatan akan terjadinya kelaparan.

Pada hari Senin, Hizbullah menembakkan puluhan roket ke Israel utara, yang memicu serangan balasan. Militer Israel mengatakan 35 proyektil diluncurkan ke salah satu pangkalannya, tanpa menimbulkan korban jiwa. Dikatakan bahwa serangan itu mengenai sumber tembakan roket.

Hizbullah mengatakan serangannya merupakan respons terhadap serangan Israel baru-baru ini terhadap kota-kota dan desa-desa di Lebanon selatan.

Kedua belah pihak hampir setiap hari saling baku tembak di sepanjang perbatasan sejak dimulainya perang di Gaza.

Juga pada hari Senin, polisi Israel mengatakan bahwa sebuah mobil menabrak pejalan kaki di Yerusalem, melukai ringan tiga orang. Video kamera keamanan menunjukkan dua pria keluar dari mobil dengan membawa senapan sebelum melarikan diri dari lokasi kejadian. Polisi kemudian mengatakan mereka menangkap kedua pria tersebut. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home