Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 19:22 WIB | Senin, 06 Juli 2015

Delegasi IAEA Bertolak ke Iran

Ilustrasi Badan Energi Atom Internasional (IAEA). (Foto: alarabiya.net)

TEHERAN, SATUHARAPAN.COM – Lima anggota delegasi dari Badan Energi Atom Internasional (IAEA) telah tiba di Teheran untuk melakukan pembicaraan dengan para pejabat Iran, kata juru bicara Organisasi Energi Atom Iran  (AEOI) Behrouz Kamalvandi.

Berbicara kepada IRIB News pada hari Senin (6/7), Kamalvandi mengatakan bahwa delegasi IAEA telah melakukan perjalanan ke Iran untuk membahas rincian dari pemahaman yang dicapai antara Iran dan badan nuklir PBB selama kunjungan yang dilakukan baru-baru ini oleh Kepala IAEA Yukiya Amano kepada negara tersebut.

Kamalvandi menambahkan bahwa, selama beberapa hari tinggal di Teheran, tim IAEA akan mengadakan pembicaraan dengan para pejabat dari AEOI dan Dewan Tertinggi Keamanan Nasional Iran (SNSC) .

Pejabat nuklir Iran mengatakan bahwa Wakil Direktur Umum dan Kepala Departemen Perlindungan IAEA Tero Varjoranta dan kepala koordinator di IAEA, Cornel Feruta, bersama dengan para delegasi mengunjungi Iran.

Tim IAEA akan meninggalkan Teheran Selasa (14/7) pagi, kata Kamalvandi.

Amano telah melakukan kunjungan ke Iran pada Kamis (2/7) dan mengadakan pembicaraan dengan Presiden Iran Hassan Rouhani dan Sekretaris SNSC Ali Shamkhani.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Jumat (3/7) setelah kunjungan, Amano mengatakan Iran dan IAEA memiliki "pemahaman yang lebih baik" di beberapa daerah tetapi dia menambahkan bahwa banyak pekerjaan yang diperlukan untuk penyelesaian isu yang beredar, termasuk yang disebut kemungkinan dimensi militer (PMD) .

Iran dan enam negara adidaya yang meliputi  AS, Inggris, Prancis, Rusia, Cina, dan Jerman sedang melakukan negosiasi untuk mencapai kesepakatan komprehensif atas program nuklir Iran. (presstv.ir)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home