Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 11:20 WIB | Senin, 28 Maret 2016

DPP KNPI Gelar Rakor Bidang Maritim Se-Indonesia

Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Bidang Maritim dan Pra Jambore Poros Maritim. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Bidang Maritim dan Pra Jambore Poros Maritim Pemuda bersama Bidang Maritim DPD KNPI Provinsi Se-Indonesia.

Rakor ini di hadiri juga Oleh Panitia Lokal yang akan menjadi Tuan rumah, DPD Kabupaten Bangka beserta Pemda Kabupaten Bangka.

Dalam sambutannya, Ketua Umum DPP KNPI Muhammad Rifai Darus mengatakan, bahwa acara akbar Jambore Poros Maritim Pemuda yang akan dilaksanakan di Pantai Matras Sungailiat Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 24 april sampai 28 April 2016 mendatang akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

"Acara ini akan dibuka oleh Presiden dan dihadiri oleh seribu peserta dari semua elemen pemuda seluruh Indonesia dan beberapa narasumber, seperti, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua DPD RI Irman Gusman,Menteri pemuda dan olahraga Imam Nachrowi dan Menko Maritim Rizal Ramli,” kata Rifai di Hotel Maxone, Salemba, Jakarta Pusat, hari Senin (28/3).

Selain itu, lanjut Rifai, ada juga Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti, Menteri Perhubungan Ignatius Jonan,Menteri Koperasi UKM AA Puspayoga, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu,KASAL TNI, Kepala Bakamla Arie Soedewo dan Ketua Umum PB. HIPMI, Bahlil Lahadalia.

Dia berpendapat, kegiatan ini juga adalah bentuk dari partisipasi Pemuda Indonesia dalam rangka mendukung program Nawacita pemerintah, lebih khusus program Presiden tentang Poros Maritim Dunia dan Tol Laut.

"Sebagai Pemuda Indonesia, kita harus mendukung program maritim pemerintah. Karena justru di lautlah kita jaya sebagaimana pidato Presiden Jokowi pada saat pelantikan Presiden 20 Oktober 2014 lalu, bahwa samudera, laut dan teluk adalah masa depan peradaban kita," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPP KNPI Bidang Maritim yang juga Ketua Panitia Nasional jambore Poros Maritim Pemuda, Baharudin Farawowan secara teknis menjelaskan pelaksanaan Jambore Poros Maritim Pemuda/KNPI Se-Indonesia ini. Dijelaskannya, selain acara semiloka kemaritiman, ada juga Deklarasi Satgas Maritim Pemuda yang nantinya satgas ini dibentuk di seluruh Indonesia sesuai struktur KNPI. Dengan tujuan, untuk membantu pemerintah dalam tiga hal utama, yaitu menjaga kelestarian sumber daya, Jambore Poros Maritim Pemuda ini akan melaksanakan beberapa agenda Yaitu Semiloka Kemaritiman, Perkemahan,Pameran Maritim Pemuda,Pagelaran Seni Budaya Maritim dan lain-lain.

Sementara itu, kata Ketua DPD KNPI Sulawesi Utara Jackson AW Kumaat sebagai provinsi kepulauan yang berbatasan langsung dengan Philipina selaku pemuda Indonesia yang ada di Sulawesi Utara selalu dihadapi dengan persoalan perbatasan dan illegal fishing. Maka Kehadiran kami dalam Rakor hari ini adalah bentuk keseriusan untuk menukseskan agenda Jambore poros maritim.

"Sebagai provinsi kepulauan yang berbatasan langsung dengan Philipina, kami selaku pemuda Indonesia yang ada di Sulawesi Utara selalu dihadapi dengan persoalan perbatasan dan illegal fishing. Maka Kehadiran kami dalam Rakor hari ini adalah bentuk keseriusan untuk menukseskan agenda Jambore poros maritim pemuda april bulan depan," kata Ketua DPD KNPI Sulawesi Utara Jackson AW Kumaat.

Sementara itu Ketua DPD KNPI Kabupaten bangka, Ujang Suprianto mengatakan, bahwa persiapan panitia lokal dan pemda kabupaten Bangka di lapangan sudah delapan puluh persen.Peserta Rakor Bidang Maritim dan Pra Jambore ini juga sangat antusias. Hal itu bisa dilihat dengan kehadiran dari setiap provinsi.

Rakor hari ini juga menghadirkan Pemateri dari Badan Keamanan Laut RI (Bakamla RI) tentang fungsi tugas dan wewenang Bakamla RI yang disampaikan oleh juru bicara Unit Penindakan Hukum PN Firman, MH‎. (PR)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home