Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 19:27 WIB | Rabu, 25 Januari 2017

Dubes AS: Amerika-RI Tingkatkan Kemitraan Strategis

Ilustrasi. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima surat kepercayaan dari 18 Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBPP) dari negara sahabat baik yang berkedudukan di dalam (designate resident) maupun luar Indonesia (designate non resident) di ruang kredensial, Istana Merdeka, Jakarta, pada hari Selasa (4/10/2016). (Foto: BPMI)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima kunjungan kehormatan pertama dari Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan setelah surat kepercayaannya diserahkan kepada Presiden Joko Widodo pada 11 Januari 2017.

"Hari ini saya menyampaikan keinginan kuat Amerika Serikat untuk menjadi mitra yang baik bagi Indonesia dan bahwa komitmen kami sangat kuat untuk meningkatkan kemitraan strategis pada tahun-tahun yang akan datang," kata Dubes Donovan di Kantor Wapres, Jakarta, Rabu.

Usai menyampaikan rasa terima kasih atas kesediaan Wapres RI menerima kunjunganya, Dubes Donovan menyampaikan ketertarikan pengusaha Amerika untuk meningkatkan perdagangan dengan Indonesia, terutama di bidang penerbangan dan pembangkit listrik.

Selain itu, Amerika Serikat juga akan meningkatkan kerja sama di bdang kewirausahaan dengan menggandeng Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia sebagai mitra.

"Saya menyebutkan beberapa area investasi yang kami harapkan dapat ditingkatkan, dan kami juga membahas area yang telah menjadi prioritas Indonesia yang kami pikir penting untuk ditingkatkan," kata dia.

Menurut Deputi Sekretariat Wapres Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan, Dewi Fortuna Anwar, Wapres RI menyampaikan kepada Dubes AS bahwa pemerintah Indonesia saat ini memprioritaskan sektor infrastruktur, kemandirian pangan, dan manufaktur.

Indonesia dan Amerika telah memiliki hubungan bilateral pada tingkat "kemitraan strategis" sejak 2010, yang memungkinkan kedua negara bekerja sama secara menyeluruh di berbagai sektor.

Dubes Donovan hadir di Kantor Wapres didampingi Wakil Dubes AS Brian McFeeters, dan Direktur Jenderal Kerja Sama Amerika dan Eropa Muhammad Anshor sebagai wakil dari Kementerian Luar Negeri RI. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home