Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 23:29 WIB | Rabu, 12 Februari 2014

Garuda Pindahkan Seluruh Layanan ke T2 Juanda Surabaya

Terminal 2 Bandara Juanda Surabaya. (Foto: juanda-airport.com)

SURABAYA, SATUHARAPAN.COM - Maskapai penerbangan pelat merah, Garuda Indonesia siap memindahkan seluruh layanan penerbangan ke Terminal Dua (T2) Bandara Internasional Juanda seiring peresmian infrastruktur baru itu pada hari Jumat (14/2).

"Seluruh pesawat yang tiba tanggal 13 Februari malam, langsung kami `towing` (pindahkan) ke T2," kata Station Manager Garuda Indonesia Taufik Husni usai jumpa pers di Surabaya, Rabu (12/2).

Akan tetapi, ungkap dia upaya pemindahan tersebut diwujudkan maskapai tersebut setelah menurunkan seluruh penumpang di Terminal Satu (T1) Bandara Internasional Juanda Surabaya.

"Sementara, pesawat terakhir yang mendarat di Juanda berasal dari Jakarta. Jadwal kedatangan armada itu pada hari Jumat dini hari atau tepatnya pukul 00.30 WIB," kata dia.

Di sisi lain, jelas dia, ketika T2 beroperasi pertama kali maka pesawat Garuda Indonesia yang beroperasi di sana memiliki nomor penerbangan GA-631. Pesawat tersebut memiliki rute penerbangan Surabaya - Makassar.

"Operasi perdana pesawat kami di T2 pada hari Jumat yakni pada pukul 05.25 WIB," kata dia.

Sementara itu, Vice President Corporate Communications PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Pujobroto mengatakan maskapai itu mulai tanggal 14 Februari 2014 akan mengalihkan operasional penerbangannya di Bandara Juanda Surabaya dari Terminal 1 ke Terminal 2.

"Dengan demikian, seluruh penerbangan domestik dan internasional dari dan menuju Surabaya akan dilaksanakan melalui Terminal 2," katanya.

Untuk mendukung kelancaran operasional di Terminal 2, kata dia, pihaknya bekerja sama dengan PT Angkasa Pura I telah menyiapkan berbagai fasilitas antara lain "check-in counter, lounge, sales counter, baggage handling," dan lainnya.

"Kami harap, pemindahan layanan operasional Garuda Indonesia di Bandara Juanda memberikan kenyamanan lebih para pengguna jasa ketika melakukan kegiatan pre-flight di bandara," kata dia.

Selama proses transisi kepindahan ini, lanjut dia, Garuda Indonesia juga menyiapkan "shutle bus" untuk para pengguna jasa dengan menghubungkan terminal 1 dan terminal 2 Bandara Juanda, Surabaya. Kini, melalui Bandara Internasional Juanda Surabaya, Garuda Indonesia melayani lebih dari 350 penerbangan setiap minggunya ke sembilan destinasi domestik dan satu destinasi internasional.

"Contoh Jakarta, Bandung, Makassar, Denpasar, Balikpapan, Lombok, Kupang, Semarang, Banjarmasin dan Singapura," katanya.

Dikutip dari situs resmi bandara Juanda dinyatakan bahwa terminal baru Bandara Internasional Surabaya (BIJ) atau Terminal 2 (T2) siap dioperasionalkan pada Jumat besok.

General Manager Bandara Juanda Trikora Harjo menjelaskan, bahwa T2 BIJ memiliki lahan seluas 49.500 meter persegi. Untuk jumlah penumpang, T2 diperkirakan akan menampung enam juta calon penumpang pertahunnya. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home