Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:42 WIB | Kamis, 08 Desember 2016

Gempa 5,9 SR Guncang Xinjiang, Tiongkok

BEIJING, SATUHARAPAN.COM -  Sebuah gempa berkekuatan 5,9 skala Richter terjadi di laut  di wilayah otonomi Xinjiang Uyghur di Tiongkok, hari Kamis (8/12).

Survei Geologi Amerika Serikat melaporkan bahwa pusat gempa berada  pada 104 kilometer barat dari ibu kota Xinjiang, Urumqi  pada kedalaman 13,7 kilometer. Sejauh ini t idak ada laporan tentang korban atau kerusakan.

Ledakan Tambang Batubara

Sementara itu,  ledakan terbaru pada tambang batubara di Provinsi Hubei telah memakan korban pekerja tambang sebanyak 11 jiwa. Dan jumlah pekerja untuk tewas dalam kecelakaan tersebut selama sepekan terakhir menjadi 64 orang.

Kantor berita negara, Xinhua, hari Kamis (8/12) melaporkan bahwa jenazah para penambang yang masih hilang sejak kecelakaan hari Senin itu ditemukan pada Rabu malam di Badong County, Provinsi Hubei. Ledakan itu terjadi saat 46 pekerja berada di bawah tanah.

Pekan lalu, setidaknya 21 pekerja tambang tewas menyusul ledakan di sebuah tambang batu bara di Provinsi Heilongjiang, dan 32 orang lain tewas dalam insiden serupa di Daerah Otonomi Mongolia.

Tambang batubara di Tiongkok adalah di antara yang paling berbahaya di dunia, karena peraturan yang longgar dan tidak ada prosedur operasi.

Dalam beberapa tahun terakhir, negara ini telah menghasilkan lebih dari sepertiga produksi batubara tahunan dunia, tetapi menyumbang lebih dari dua pertiga kematian tahunan di pertambangan secara global, menurut jurnal Teknologi Pertambangan.

Ledakan pada sebuah tambang batubara di Chongqing pada akhir Oktober membunuh 33 orang. Pada bulan Maret, 19 orang tewas setelah sebuah tambang batubara runtuh di Tiongkok utara sementara 129 pekerja bekerja terjebak di bawah tanah.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home