Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:23 WIB | Kamis, 02 Juni 2016

Gempa 6,5 SR Guncang Padang Terasa Hingga Singapura

Ilustrasi lokasi gempa bumi yang berada pada kedalaman 72 kilometer pada koordinas 2,29 Lintang Selatan - 100.46 Bujur Timur atau 79 kilometer barat daya Pesisir Selatan, Sumatera Barat. (Foto: Antaranews)

PADANG, SATUHARAPAN.COM - Gempa berkekuatan 6,5 skala Richter mengguncang Kota Padang, Sumatera Barat, pada Kamis (2/6),  pukul 05.56 WIB, dengan getaran dirasakan cukup kuat di sejumlah daerah. Bahkan seorang pengguna Twitter dengan akun @CholinsM mem-posting bahwa getaran gempa dirasakan hingga Singapura. Tweet itu disertai dengan video yang menampakkan goyangan lampu gantung akibat getaran yang ditimbulkan oleh gempa.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, pusat gempat berada pada kedalaman 72 kilometer pada koordinas 2,29 Lintang Selatan - 100.46 Bujur Timur atau 79 kilometer barat daya Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Dilaporkan situs web Channel News Asia yang dikutip dari Kompas.com. Sejauh ini ada 7 laporan warga yang merasakan getaran gempa. Masing-masing di daerah Bukit Panjang, Siglap, Punggol, dan Toa Payoh. Getaran gempa juga terasa di Johor, Malaysia. "Getaran cukup kuat dan sampai beberapa menit," kata Anya Kothary, warga Siglap yang tinggal di lantai 13 apartemen.

Sementara itu, gempa bumi yang berpusat di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, kagetkan ratusan penghuni hotel yang ada di Kota Padang, yang terdampak getaran gempat tersebut.

"Saat itu saya sedang berada di kamar, tiba-tiba lutut rasanya goyang. Setelah dirasakan benar-benar, ternyata gempa," kata penghuni Hotel Kyriad Bumiminang Hotel Padang, yang berasal dari Malayasia Suhaidi Zakaria, di Padang, Kamis (2/6), seperti diberitakan Antara.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang, Sumatera Barat memastikan, gempa yang mengguncang Sumbar pada pukul 05.56 WIB dengan kekuatan 6,5 Skala Richter tidak berpotensi tsunami.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home