Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 15:36 WIB | Jumat, 04 November 2016

GMKI: Indonesia Sudah Seharusnya Merayakan Perbedaan

Unjuk rasa 4 November berlangsung kondusif (Foto: Diah Anggraeni Retnaningrum)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Ribuan Mahasiswa yang tergabung dalam enam organisasi kemahasiswaan nasional melakukan Apel Kebangsaan Mahasiswa Indonesia yang digelar di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat pada hari Jumat (4/11).

Ketua Umum PP GMKI, Sahat Martin Philip Sinurat mengatakan bahwa masyarakat Indonesia sudah seharusnya merayakan perbedaan dengan kegembiraan.

“Saya melihat bahwa Sumpah Pemuda yang di deklarasi pada 28 Oktober 1928 menunjukkan kesatuan tanah air, bangsa dan bahasa sehingga masyarakat sudah harusnya mendapat rasa aman dan gembira dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari,” kata Sahat di Jakarta, hari Jumat (4/11).

Menurut dia, aksi unjuk rasa yang dilaksanakan pada Jumat (4/11) merupakan hak semua masyarakat tetapi aksi tersebut diharapkan berjalan dengan damai serta mejunjung tinggi perbedaan dengan rasa kegembiraan.

“Kami berharap agar aksi unjuk rasa besok dapat berjalan dengan damai serta tidak terjadi pergesekan di tengah-tengah masyarakat yang majemuk”  kata dia.

Dia juga mengingatkan bahwa masyarakat Indonesia memiliki kewajiban dalam menjaga keutuhan bangsa serta menjaga perbedaan dan tidak terprovokasi dengan isu suku, agama, dan antargolongan (SARA) yang dikeluarkan oleh kelompok yang tidak bertanggung jawab.

“Persatuan dan kesatuan bangsa yang kita warisi dari para pendiri negara harus kita wariskan juga dengan utuh kepada penerus kita,” kata dia.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home