Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 22:11 WIB | Rabu, 25 Maret 2015

Goodyear Luncurkan Ban Harga Ekonomis dan Awet Guna

Goodyear meluncurkan produk terbarunya yaitu Goodyear Assurance DuraPlus di Hong Kong Cafe Menteng Jakarta Pusat, Rabu (25/3). (Foto: Diah A.R)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Perusahaan produsen  ban PT Goodyear Indonesia, Tbk meluncurkan produk baru yaitu Goodyear Assurance Duraplus. Perusahaan ini mengklaim bahwa produk barunya tersebut mampu mengelilingi dunia dua setengah kali tanpa ganti ban. Pihak Goodyear ingin membuktikan bahwa tingkat keawetan ban tersebut memiliki nilai ekonomis dan keawetan yang dibutuhkan oleh konsumen.

“Sebagian besar pengemudi kendaraan roda empat akhir-akhir ini sering mengeluhkan kondisi jalan yang kebanyakan sudah tidak mulus lagi, baik itu di jalan protokol dan bahkan jalan bebas hambatan,” kata Consumer Product dan Trade Marketing Manager Arfianti Puspitarini dalam konferensi pers di Hong Kong Cafe Jakarta Pusat, Rabu (25/3).

“Benturan yang dirasakan ringan oleh penumpang di dalam kabin sesungguhnya beban berat bagi ban mobil sementara perhatian pada ban itu seringkali belum menjadi hal utama bagi pengemudi dan pemili mobil. Belum lagi kenyataan bahwa di tengah kondisi ekonomi saat ini, banyak pengguna ban lebih memprioritaskan harga murah dibandingkan kelebihan yang mampu ditawarkan oleh sebuah ban.”

Goodyear, ujar dia, sebagai produsen ban mengerti kondisi tersebut dan merasa tertantang untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang mencari ban bernilai ekonomis dan juga mampu digunakan hingga titik maksimal.

Dia menjelaskan bahwa produk baru tersebut telah dilengkapi dengan komponen DuPont Kevlar yang memberikan nilai lebih sehingga menambah kekuatan ban terhadap benturan.

Ban ini ditujukan untuk mobil keluarga ukuran kecil hingga menengah yang sudah merupakan ban dengan versi yang telah dikembangkan dari aplikasi TredLife Technology pada telapak yang adalah paten dari Goodyear itu sendiri.

Teknologi tersebut meningkatkan usia pakai telapak ban hingga kilometer yang lebih jauh sekitar 100.000 km di jalan aspal biasa.

Teknologi TredLife terdiri atas tiga elemen utama yaitu kompon ban yang menggunakan bahan dasar karbon dengan kandungan karbon yang lebih tinggi sehingga membuat telapak ban lebih awet dipakai.

Elemen yang kedua adalah desain telapak yang lebih besar karena bentuk lengkung pada sisi ban (optimized wide face cavity)dan jumlah karet lebih banyak pada bidang kontak ban dan jalan raya. Hal ini bertujuan untuk masa guna yang lebih panjang.

Kemudian elemen yang ketiga adalah kombinasi volume karet yang maksimal (maximized rubber volume) dan kedalaman telapak sehingga ban tidak cepat gundul.

Lapisan DuPont Kevlar juga ditambahkan agar meningkatkan daya pakai ban. Komponen ini banyak digunakan pada peralatan militer. Material yang ringan ini mampu mempertahankan kekuatan dan bentuk rangka bahkan di bawah temperatur ketika ban digunakan sehingga memberikan perlindungan ekstra kepada pengemudi terhadap kondisi jalan yang buruk.

Ukuran yang tersedia saat ini di pasaran Indonesia adalah 175/65 R14, 185/70 R14, 185/80 R14 dan 195/70 R14 untuk rim diameter ban 14 inci. Sedangkan di 15 inci tersedia ukuran 195/65 R15. Harga ban Assurance DuraPlus ini dapat dibeli dengan harga Rp 600.000 hingga Rp 800.000 tiap ban.

“Saat ini memang baru dua ukuran yang dikeluarkan, tapi di tahun ini akan ada tiga lagi,” kata General Manajer Corporate dan Marketing Communication Goodyear Wicaksono Soebroto.

Dia juga menambahkan bahwa produksi ban Goodyear di Indonesia tidak hanya untuk pasar domestik saja tapi juga ekspor. Untuk ban kelas konsumer, jumlah yang diekspor mencapai 70 persen sedangkan untuk pasar lokal hanya 20 persen dan sisanya 5 persen untuk pabrikan mobil di Indonesia.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home