Loading...
EKONOMI
Penulis: Reporter Satuharapan 14:00 WIB | Selasa, 30 Juli 2013

Hingga Lebaran Harga Elpiji 12 Kg Tidak Naik

Foto: setkab.go.id

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik menegaskan, bahwa harga gas elpiji 12 kg tidak akan mengalami kenaikan harga menjelang Lebaran. Harga gas elpiji 12 kg yang saat ini Rp.70.200 per tabung ke agen masih dipertahankan oleh pemerintah.

"Memang saat ini tidak akan ada kenaikan harga elpiji," kata Karen Agustiawana, Dirut Pertamina yang pada kesempatan sebelumnya sempat mengungkapkan penyesuaian harga elpiji. Pertamina sempat berencana untuk menailkkan harga elpiji sebesar 10-15 persen. Hal itu dilakukan untuk menutupi kerugian subsidi elpiji sebesar Rp 5 triliun per tahun.

Ketika disinggung apakah akan menaikkan harga setelah lebaran, Karen tidak banyak berkomentar. "Kalau itu saya tidak tahu, pak Jero sampaikan tidak ada kenaikan harga elpiji. Saya tidak mau bilang (kenaikan elpiji) mau tahun ini, tahun depan, apa kapan, kan kalimatnya begitu," kata Karen.

Sedangkan untuk pasokan BBM menghadapi hari raya Idul Fitri, pemerintah mengaku telah siap untuk menambah pasokan untuk disetiap SPBU yang ada. Jika memang ada penumpukan antrian pengisian bahan bakar yang panjang, pemerintah akan menyediakan sebanyak 40 mobile SPBU.

"Jadi 40 SPBU kantong itu akan tersebar di dekat-dekat SPBU, nanti kalau SPBU yang habis isinya maka tangki pertamina tidak kena macet, karena ada kantong-kantong yang sudah transit di tengah-tengah," ucap Jero.

Jero juga menjelaskan bahwa khusus di Jawa Tengah, pemerintah akan memperbanyak stok BBM karena bagi para pemudik yang akan ke Jawa Timur, titik krisisnya ada di Jawa Tengah. (setkab.go.id)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home