Loading...
MEDIA
Penulis: Martha Lusiana 17:27 WIB | Minggu, 28 Juni 2015

iPhone Luncurkan Aplikasi Kesehatan LGBT

Sebuah aplikasi ResearchKit baru akan survei LGBT tentang masalah kesehatan seperti HIV

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM - Sebuah penelitian meluncurkan studi terbaru dengan bantuan aplikasi iPhone untuk mengetahui masalah kesehatan dan kesejahteraan kelompok LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender).

Aplikasi baru bernama "ResearchKit" yang dikembangkan University of California di San Francisco (UCSF), Amerika Serikat akan mensurvei kelompok LGBT terkait masalah kesehatan, seperti HIV/AIDS, merokok, kanker, obesitas, masalah mental dan depresi, seperti dikutip indiatime.com, Minggu (28/6).

Diluncurkan Maret lalu saat acara "SpringForward", kerangka ResearchKit telah digunakan untuk mengembangkan aplikasi guna melakukan penelitian tentang diabetes, kanker payudara, asma, penyakit jantung dan penyakit parkinson dengan mengumpulkan informasi melalui sensor iPhone dan survei pengguna.

CEO tim penggodok Apple menyebut ResearchKit sebagai "upaya perubahan paling dalam dan berdampak positif" yang dilakukan ponsel pintar iPhone bagi kesehatan manusia

Penelitian tersebut dinamakan "PRIDE Study", dimaksudkan untuk memberi penjelasan mengenai kebutuhan kesehatan yang unik untuk orang-orang LGBT.

"Pertanyaan paling penting ialah, apa hubungan antara menjadi anggota LGBT, atau lebih luasnya jenis orientasi seksual orang-orang minoritas - dan kesehatan, baik mental maupun fisik," ujar  Wakil Direktur "PRIDE Study" di UCSF, Mitchell Lunn.

Lunn berharap, penelitian ini berguna untuk mengatasi masalah kesehatan transgender dan biseksual, segmen studi kelompok sosial LGBT.

Pendukung kesehatan LGBT optimis tentang potensi besar memanfaatkan basis pengguna besar iPhone untuk mengumpulkan informasi penting ini.

Menemukan orang untuk bergabung dalam studi medis ini dan mengajak mereka datang ke klinik dinilai menjadi tantangan yang sangat sulit. Untuk itulah, kini mereka dapat dengan mudah mengirimkan informasi melalui ponsel iPhone mereka dari tempat mereka pula.

Penelitian ini juga meminta masyarakat  untuk merekomendasikan topik kesehatan yang paling berkaitan dengan komunitas LGBT untuk diatasi dan nantinya para peneliti UCSF tersebut akan merangkumnya sebagai hasil survei akhir. 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home