Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 19:41 WIB | Selasa, 29 September 2015

Iran Tidak Izinkan Arab Saudi Makamkan Jemaahnya di Mekkah

Unjuk rasa rakyat Iran menuntut tanggung jawab Arab Saudi atas Tragedi Mina (Foto: livemint.com)

TEHERAN, SATUHARAPAN.COM – Wakil Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir-Abdollahian, menegaskan Iran belum memberikan izin kepada Arab Saudi untuk menguburkan jemaah haji negara itu yang meninggal dalam Tragedi Mina, Kamis (24/9) lalu.

"Tidak ada izin telah diberikan ke Arab Saudi untuk mengubur jemaah Iran," kata Hossein Amir-Abdollahian, sebagaimana dilansir oleh Tehran Times.

Pada hari Senin (28/9),  menteri dalam negeri Iran mengatakan jumlah jemaah Iran yang meninggal di Mina, jauh lebih besar dari angka yang diumumkan oleh para pejabat Saudi. Sebuah televisi Iran menyebutkan pada hari Selasa (28/'9) jumlah jemaah Iran yang meninggal 228 orang dan yang hilang 248 orang.

Amir-Abdollahian juga mengatakan, "Tidak ada keputusan yang dibuat untuk mengubur jemaah Iran yang tewas dalam insiden Mina di Mekkah."

Amir-Abdollahian menambahkan keluarga para jemaah itu sedang menunggu untuk menerima jenazah orang tercinta dan bertekad untuk menemukan mereka yang hilang.

Sementara itu, Presiden Iran, Hassan Rouhani, memperpendek kunjungannya di AS, termasuk dengan membatalkan acaranya di New York yang sedianya dilangsungkan pada hari Selasa (29/9). Rouhani kembali ke Tehran untuk menghadiri pemakaman jenazah para jemaah yang meninggal dalam tragedi Mina setelah dibawa ke Iran dari Arab Saudi.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home