Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 12:22 WIB | Selasa, 14 Mei 2024

Warga Swiss Rayakan Kemenangan Nemo di Euroviso, Dia Bawakan Lagu “The Code”

Penyanyi asal Swiss, Nemo, pemenang Eurovision ke-68 tiba di kota Zurich, Swiss, Hari Minggu (12/5). (Foto: Walter Bieri/Keystobe via AP)

ZURICH, SATUHARAPAN.COM-Penggemar Eurovision Swiss pada hari Minggu memberikan sambutan bak pahlawan kepada penyanyi Nemo, yang memenangkan Kontes Lagu Eurovision ke-68 dengan lagunya “The Code,” sebuah syair pop-rap opera untuk perjalanan penyanyi tersebut menuju identitas non jender.

Penyanyi tersebut, yang merupakan warga negara Swiss namun saat ini tinggal di Berlin, mendarat di Zurich pada hari Minggu (12/5) malam, kata stasiun penyiaran nasional SRF.

Kontestan Swiss mengalahkan rocker Kroasia, Baby Lasagna, untuk meraih gelar juara dengan meraih poin terbanyak dari kombinasi juri nasional dan penonton di seluruh dunia.

Nemo, 24 tahun, adalah pemenang non biner pertama dari kontes yang telah lama dianggap sebagai tempat berlindung yang aman oleh komunitas LGBTQ. Nemo juga merupakan pemenang Swiss pertama sejak 1988, ketika penyanyi Kanada, Celine Dion, berkompetisi di bawah bendera Swiss.

Pada konferensi pers pasca kemenangan, Nemo mengungkapkan kebanggaannya menerima piala tersebut untuk “orang-orang yang berani menjadi diri sendiri dan orang-orang yang perlu didengarkan dan perlu dipahami. Kita membutuhkan lebih banyak belas kasih, kita membutuhkan lebih banyak empati.”

Kampung halaman Nemo di Biel mengucapkan selamat kepada bintang yang baru dinobatkan secara online dan mengatakan warga siap merayakannya.

"Selamat! Kota Biel sangat bangga dan mengucapkan: Bravo dan Merci Nemo atas lagu dan penampilan fantastisnya dan juga membawa warna Biel ke dunia!,” kata kota tersebut di situsnya. “Kota Anda akan merayakan dan menyambut Anda.”

Biel, dengan populasi sekitar 60.000 jiwa, terletak sekitar 100 kilometer (60 mil) barat daya Basel di Danau Biel. Kota ini menguasai dua bahasa, Jerman dan Prancis, dan dianggap sebagai ibu kota pembuatan jam di Swis

“Nemo menciptakan dan bergerak bebas antara budaya klasik, alternatif, dan populer,” kata pejabat kebudayaan kota, Glenda Gonzalez Bassi. “Contoh luar biasa dari budaya dinamis dan inklusif yang kami banggakan di Biel.”

Nemo - nama lengkap Nemo Mettler - finalis terbaik dari 24 negara lain, yang semuanya tampil di depan ribuan penonton langsung dan diperkirakan 180 juta penonton di seluruh dunia. Setiap kontestan memiliki waktu tiga menit untuk memadukan lagu-lagu yang menarik dan tontonan yang memukau menjadi pertunjukan yang mampu memenangkan hati penonton. Gaya musik berkisar dari rock, disko, techno, dan rap — terkadang merupakan gabungan lebih dari satu.

Di seluruh Swiss, masyarakat sudah mulai memikirkan tahun depan, saat negara tersebut akan menjadi tuan rumah kontes Eurovision berikutnya. Biasanya daerah pemenang menjadi tuan rumah kompetisi musik pada tahun berikutnya.

Kota Jenewa, Basel dan St. Gallen telah memposisikan diri untuk bersaing sebagai tuan rumah pada kontes berikutnya, SRF melaporkan.

“Ini adalah kesempatan seni dan wisata yang luar biasa untuk menunjukkan kepada dunia tentang Swiss, dan sekarang terserah pada kita untuk menghadapi tantangan ini bersama-sama,” Gilles Marchand, Direktur Jenderal perusahaan media SRG, sebuah asosiasi dari banyak perusahaan media berbeda. Organisasi media Swiss.

Mengenai Berlin – kampung halaman kedua mereka – Nemo mengatakan kepada kantor berita Jerman dpa sebelum kontes Eurovision bahwa “Saya sangat mencintai Berlin karena ini adalah kota kreatif yang terus berubah. Ini kota yang menyenangkan.”

Kegembiraan di Kroasia

Di ibu kota Kroasia, Zagreb, ribuan orang berkumpul di alun-alun utama untuk menyambut Baby Lasagna yang menempati posisi kedua sekembalinya ke rumah. Sambil meneriakkan “We love you,” penonton bersorak saat penyanyi tersebut membawakan lagu rock “Rim Tim Tagi Dim” yang mengangkat isu anak muda Kroasia meninggalkan negaranya untuk mencari kehidupan yang lebih baik.

Warga Kroasia mengharapkan kemenangan dan Baby Lasagna menangis ketika dia naik ke panggung, mengatakan bahwa dia tidak mengharapkan sambutan sebesar itu. “Kami melakukan yang terbaik, saya harap Anda bahagia,” katanya.

Perdana Menteri Kroasia, Andrej Plenkovic, juga hadir di antara hadirin dan mengatakan, “Kami bangga mendapatkan hasil seperti itu, yang merupakan hasil terbaik sejak Kroasia merdeka” dari bekas Yugoslavia pada tahun 1991. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home