Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 21:26 WIB | Minggu, 12 April 2015

ISIS Serang Kilang Minyak Terbesar Irak

Kilang minyak Baiji di Irak utara adalah yang terbesar di negara ini. (Foto: Reuters)

KIRKUK, SATUHARAPAN.COM - Militan Islamic State (ISIS) pada Sabtu (11/4) melancarkan serangan bom bunuh diri di kilang minyak Baiji terbesar di Irak, kata seorang perwira militer senior Irak.

ISIS mengklaim pihaknya berhasil menerobos masuk, tapi militer Irak mengatakan tempat tersebut, yang menjadi ajang pertempuran sengit sejak ISIS merebut sejumlah wilayah tahun lalu, masih berada di bawah kendalinya.

“Saat ini Daesh (sebutan ISIS dalam bahasa Arab) melancarkan serangan ke kilang minyak Baiji,” ucap seorang mayor jenderal dari provinsi Salaheddin, tempat Baiji berada.

Dia menggambarkan serangan di kilang minyak itu, yang terletak sekitar 200 kilometer dari Baghdad, merupakan yang “terbesar sejak kami mengakhiri pengepungan beberapa bulan lalu.”

Petugas itu dan narasumber militer lainnya mengungkapkan serangan tersebut dilancarkan sekitar pukul 07.00 (pagi waktu setempat) dan menyebabkan bentrokan.

Dia mengatakan militan ISIS menyerang kompleks kilang minyak dari tiga arah yaitu desa Al-Bujwari ke selatan, dari kompleks perumahan bagi pegawai kilang minyak ke barat dan dari salah satu kilang kecil yang memproduksi turunan minyak ke timur.

“Tiga pengebom bunuh diri berhasil mencapai pintu masuk kilang. Dua tewas, tapi satu orang lagi berhasil meledakkan dirinya sendiri,” ucap perwira tentara itu.

Dia mengatakan pasukan Irak yang melindungi kilang itu berhasil mengamankan pintu masuk dan bahwa seluruh kilang saat ini di bawah kendali pemerintah. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home