Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:35 WIB | Senin, 24 Februari 2020

Israel Serang Jihad Islam Palestina di Gaza dan Suriah

Serangan udara oleh Israel yang menargetkan fasilitas kelompok Jihad Islam di Damaskus selatan, Suriah. (Foto: dari Al Arabiya)

TEL AVIV, SATUHARAPAN.COM-Militer Israel (IDF) menyerang sejumlah sasaran milik kelompok Jihad Islam Palestina (PIJ) di Suriah dan di Jalur Gaza yang diklaim sebagai pembalasan atas tembakan roket ke Israel selatan, pada Minggu (23/2) malam.

Militer mengatakan bahwa jet-jet tempur Angkatan Udara Israel menyerang target PIJ di selatan ibu kota Suriah, Damaskus, termasuk kompleks yang "digunakan sebagai pusat aktivitas Jihad Islam di Suriah" serta puluhan target milik kelompok itu di Gaza.

Media pemerintah Suriah, mengungkapkan bahwa pertahanan udara negara itu membalas serangan oleh Israel yang datang dari arah Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berpusat di Inggris, yang memantau konflik Suriah, juga mengatakan ledakan itu oleh pemboman Israel terhadap orang-orang yang diduga milisi yang didukung Iran di sekitar bandar udara internasional Damaskus.

Kantor berita negara Suriah, SANA, mengatakan, "sebagian besar rudal musuh ditembak jatuh sebelum mencapai target mereka," menekankan bahwa "tidak ada bandara" yang tertembak.

Sejak dimulainya konflik Suriah pada tahun 2011, Israel telah melakukan ratusan serangan di Suriah, terutama menargetkan pasukan pemerintah serta pasukan sekutu Iran dan pejuang Hizbullah. Israel sering menyerang sasaran di dalam wilayah Suriah, tetapi sebagian besar tidak diungkapkan ke publik.

Iran adalah sekutu Damaskus dan mengirim milisi serta dukungan material untuk membantu pasukan pemerintah Presiden Bashar Assad dalam perang saudara sembilan tahun. Dan Israel menganggap Iran sebagai ancaman keamanan nasional dan mengatakan tidak akan mentolerir kehadiran Iran di perbatasannya.

Menurut IDF, serangan terhadap kompleks PIJ terjadi di daerah Al Adleyeh, selatan Damaskus, menargetkan sebuah situs di mana kelompok itu melakukan penelitian dan pengembangan senjata. PIJ memproduksi puluhan kilogram bahan bakar modern yang digunakan dalam roket yang juga berfungsi sebagai kamp pelatihan teknis untuk operasi teror dari Jalur Gaza.

IDF mengatakan bahwa lusinan target PIJ terkena serangan oleh jet tempur, termasuk infrastruktur bawah tanah dan kompleks di daerah Rafah di Jalur Gaza selatan yang digunakan untuk menyimpan bahan baku untuk memproduksi roket.

Di Khan Yunis, Israel menyerang markas Brigade Khan Yunis, termasuk kompleks pelatihan dengan rudal anti-tank serta peralatan militer yang digunakan oleh pasukan komando angkatan laut kelompok itu. Kompleks pelatihan militer PIJ di Beit Lahia juga jadi sasaran serangan.(AP/SANA/AFP/The Jerusalem Post)

Editor : Sabar Subekti

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home