Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 13:08 WIB | Selasa, 20 Januari 2015

Jepang Siap Bantu Pembangunan Infrastruktur Indonesia

Jepang Siap Bantu Pembangunan Infrastruktur Indonesia
Gubernur Japan Bank For International Cooperation Hiroshi Watanabe saat memberi pemaparan kepada para pewarta, Selasa (20/1). (Foto-foto: Prasasta Widiadi).
Jepang Siap Bantu Pembangunan Infrastruktur Indonesia
Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gubernur Japan Bank for International Cooperation (JBIC) Hiroshi Watanabe mengatakan pemerintah Jepang siap membantu pembangunan infrastruktur di Indonesia. 

"Kami siap meningkatkan kerja sama antara Indonesia dan JBIC di bidang pengembangan infrastruktur, makroprudensial, manajemen risiko, dan sektor energi," kata Gubernur JBIC Hiroshi Watanabe seusai menggelar pertemuan dengan Menteri Keuangan dan memaparkannya di hadapan para pewarta di Gedung Djuanda I, Kompleks Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (20/1).

Watanabe mengemukakan dalam pengembangan infrastruktur pihaknya juga akan mengambangkan dialog dengan kementerian lain yang terkait dengan kondisi infrastruktur guna mengetahui investor atau perusahaan yang tepat untuk membangun kerja sama secara kemitraan pemerintah dan swasta.

Sementara Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro memaparkan kondisi ekonomi Indonesia mengalami perlambatan pertumbuhan dari 5,8 persen menjadi 5,1 persen pada 2014. Namun kondisi ini tidak membuat Jepang menarik diri berinvestasi di Indonesia, karena Indonesia masih merupakan mitra strategis investasi.

Bambang juga mengungkapkan bahwa pemerintah Indonesia dalam rangka memperbaiki pertumbuhan ekonomi telah melakukan salah satu langkah yakni pelebaran ruang fiskal dari pencabutan subsidi bahan bakar minyak yang akan dialokasikan ke sektor kesejahteraan rakyat, dan infrastruktur.

Watanabe menuturkan bahwa JBIC mendorong diversifikasi sumber energi dalam hal pembangunan pembangkit listrik. Apalagi Indonesia kaya akan sumber daya alam seperti gas, minyak, batu bara, dan panas bumi.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home